Tuesday, December 27, 2016

Ganti oli mesin dan gardan honda matik yang benar

Cara ganti oli mesin dan oli gardan ini berlku untuk semua honda matik, seperti, beat all series, beat pop, vario remote, spacy, scoopy. Dengan kapasitas 110 injeksi dan injeksi ESP, hanya dibutuhkan oli 7000 cc. Dan oli gardan 120 cc.

Pengisian oli mesin dilakukan bukan satu botol penuh. Hanya 700 ml sehingga akan bersisa 100 ml dimana memang setiap oli dipasaran berisi 800 ml.  Dengan pengisian satu botol penuh maka akan terasa tenaga berkurang pada putaran mesin menengah ke atas.

Oli untuk motor beat atau vario atau scoopy dengan kapasitas mesin 110 cc berlaku yang sama dengan oli yang diijinkan berjaso MB.  Jaso MB artinya oli ini tidak memiliki zat anti selip kopling basah. Jadi cocok digunakan untuk matik.
Selain berjaso MB juga harus dipenuhi keenceran yang baik dengan ukuran 10w-30. Dengan keenceran ini akan menghasilkan tenaga yang maksimal dan besin yang irit. Jika digunakan keenceran 10w-40 maka tenaga kurang maksimal dengan konsumsi bensin yang lebih boros.

Sebelum mengurung niat untuk mengganti oli mesin lebih baik dipastikan dengan pengecekan terlebih dahulu agar hati nyaman dan tentunya mesin aman.video di bawah ini guys.



Kualitas oli harus pula mumpuni yaitu API servis SJ. Akan lebih baik lagi jika digunakan kulatis API servis yang lebih tinggi.  API servis merupakan kualitas sebuah oli yang direkomendasikan perusahaan amerika. Dengan naiknya huruf setelah S maka semakin tinggi pula kualitas oli tersebut.
.Kapasitas Oli Mesin Vario 150


Oli mesin kadang berkurang sehingga harus sering dihitung sisa oli untuk sebagai patokan jadwal penggantian oli meain selanjutnya. dan sangat penting pula dilakukan pembersihan filter oli agar kotoran yang berputar dimesin tidak menghbat laju oli.
berikuy link video pengecekan kotoran oli di filter yang bsa membuat oli tidak ancar jika gilewatkan pembersihannya.
https://youtu.be/zXPmxOSJlY0

Oli gardan sebenarnya sangat mirip dengan oli mesin. Dimana dibutuhkan oli tanpa anti selip kopling. Apabila oli mesin yang biasa digunakan bersisa setelah dua kali pengisian bisa digunakan untuk mengganti oli gardan. Oli gardan berukuran 120 cc dimasukkan semua hingga tak bersisa. Oli gardan ini dikatakan jelek apabila terdapat bram atau potongan potongan lembut yang bercampur dengan oli. Bila dilihat di bawah sinar matahari maka akan terlihat kilauan bram yang membiaskan sinar.

Permasalahan yang sering dihadapi oleh motor matik pada gardan ini adalah masuknya air ke dalam gardan. permasalahan ini disebabkan oleh rusaknya selang pernapasan gardan. air yang masuk ke gardan pasti akan mengakibatkan keausan yang signifikan pada laher dan gear di gardan. Oleh karena itu, selang pernapasan gardan matic ini harus diperhatikan dengan seksama.

bagaimana kondisi selang gardan yang bisa memperpendek umur gardan motor matic ini bisa cek videonya di bawah ini.



Bersihkan dengan baik baut baut sebelum dipasang karena ring alumunium yang digunakan baik di baut tap oli maupun baut oli gardan sebenarnya hanya sekali pakai. Seharusnya diganti setiap pembukaan maka harus dibersihkan dengan baik dan jangan sampai kebalik. Begitu pula dengan colok oli harus dibersihkan dengan teliti. 

semoga artikel ganti oli mesin dan gardan matic ini bermanfaat
  • Team bongkar dulu pasang kemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post