Tuesday, November 5, 2019

Hasil Riset Vario 125 Brebet di RPM Bawah

Vario 125 lama yaitu keluaran seri vario 125 pertama dengan lampu depan yang masih lampu biasa banyak menerima keluhan dari pengguna yaitu ngempos pada putaran mesin bawah. Permasalahan ini menjadi trending untuk vario 125, sebagai bahasa teknik sering digunakan kata speed delay. Yaitu kondisi awalan gas yang seperti kurang minyak, sehingga gas terasa tenagane kosong kemudian mengisi kembali dengan cara yang mengagetkan.

langkah pertama pasti ya reset ECM, altitude dan TP untuk memastikan injeksi tidak ada kendala pada sensor. berikut ini cara reset dan beda hasil dari reset ECM, latitude dan TP pada Honda Vario 125.



Speed delay atau gas telat terjadi karena suplay bensin kurang. Penyebabnya bisa karen pompa bensing kurang bertekanan, injektoenya kotor, atau sensor yang membaca bukaan gas tidai akurat. Tekanan pompa bisa dicek menggunakan pressure fuel gauge atau ditakar dengan debitnya. Injektor kotor dibersihkan dengan infus injeksi. Kedua hal tersebut memakan biaya tentunya. Kali ini kita akan meriset masalah keluhan brebet rpm bawah pada honda vario 125 pasa bagian sensor TPS atau Throttle Positikn System.

Permasalahan TPS sering dirasakan pada kondisi putaran mesin stasioner tidak bisa stabil cenderung naik turun. Bukaan awalan gas sering telat naik putaran mesinnya. Dan yang paling bisa diketahui adalah kondisi dari setelan angin tidak bisa didapat 2 seperempat putaran. Untuk mendapatkan putaran mesin yang masuk standar 1600 s.d. 1800 rpm harus dikeluarkan setelan angin.

Indikasi diatas bisa bisa diambil benang merah terdapat masalah pada sensor TPD. Pembongkaran, pembersihan atau penggantian mungkin akan menyulitkan. Dengan trik video di bawah ini, sensor TPS akan terasa tidak ada masalah. 



Gunakan plat seperti bekas botol minuman ringan atau penetran sebagai bahan ganjelnya. Penggunaan disarankan selapis demi selapis sesuai dengan kondisi stasioner 2 seperempat putaran maksimal sudah bisa langsam dengan stabil dan tentunya lebih dari 1600rpm.

Syarat utama trik ini adalah reset terlebih dahulu baru diganjel. Dengan cara yang kebalikan hasil tidak maksimal. Selanjutnya apabila digunakan terjadi ngegas sendiri maka ganjelan terlalu tebal.

Apabila sobat berkali kali melakukan riset vario 125 ini tapi masih kendala, siapin saja uang 150 buat beli sensor TPS. Memang tetap bawaan lahir brebetnya masoh ada tetapi beda sekali hasil penggunaan sensor TPS yang baru. Jangan sebut ori kalo bisa beli ketengan, sensor TPS ini dibandrol 450 satu set sama Throttle Bodynya.

Berikut review part Sensor TPS non ori buat vario 125 lawas.



Hasil risetnya memang tidak mengecewakan tetapi juga tidak maksinal speed delay atau ngempos atau brebet ini hilang. Masih 20 persen terasa brebet dan mungkin memang bawaan lahir kali ya...

Ada pula injeksi honda pada vario 125 old yang MIL nya mati ketika direset. hal ini normal memang ada beberapa type varian Vario 125 old yang MIL mati ketika dijumper DLC nya atau ketika mereset ECM. berikut pantauan videonya.



Semoga artikel  Hasil Riset Vario 125 Brebet di RPM Bawah ini bermanfaat.
Salam bongkar dulu pasang kemudian.

1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Popular Post