Saturday, November 30, 2019

Sebab Mesin Motor Ngelitik Diservis Gak Sembuh-Sembuh

Selamat beraktifitas guys! Sibuk terus saja ya, alhamdulillah banyak job, capek harus tetap disyukuri. Mantap!
Pada kesempatan kali ini, saya berkesempatan untuk membantu sobat semua yang punya masalah dengan ngelitik. Biasanya sudah servis sana sini barulah ketemu artikel ini. Nah, saya coba untuk membagikan pengalaman saya selama menanggapi keluhan ngelitik dari pelanggan di sini pasa artikel Sebab Mesin Motor Ngelitik Diservis Gak Sembuh-Sembuh.

Pembahasan ngelitik kita coba urai dari masalah yang paling ringan,yaitu: klep, rantai kamrat, seher, stang seher. Dan beberapa masalah yang sering dijumpai ngelitik adalah dari suara klep. Bunyi yang ditimbulkan klep itu sepeti bunyi tik tik hingga thik thik. Dalam teknisnya diasebut bunyi mengelitik atau gemeretek. Bunyi klep selalu sama jarak antara suara dan pula selalu runtut.

Setelan klep yang terlalu lebar menjadi penyebab masalah timbulnya suara ini. Sebagai tindakan pertama asalah penyetelan klep sesuai standar. Selanjutnya pasti suara mesin akan lebih halus kecuali jika ada masalah lain padan baut setelan klep yang njambul atau pada noken as yang bermasalah.

Pada kesempatan sebelumnya saya sudah memposting cara mengatasi setelan klep yang rusak dengan cara pengamplasan pada setelan klep dan klepnya jika diperlukan. Mungkin sebagai sokusi utama harus melakukan penggantian agar ketahanan lenih baik. Dalam pengecekannya dilakukan dengan cara visual pada ujung setelan klep yang tidak normal pasti luka.

Masalah pada noken as akan lebih rumit. Terdapat noken as yang sudah luka pada bagian yang bersentuhan  dengan templar. Sebagai efeknya, templar mengenai niken as hinggabtimbul bunyi ngelitik. Suara yang dihasilkan lebih ngebas dibandjngkan dengan suara klep. Dan ada pula masalah pada noken as yang menghasilkan suara klek klek mirip stang seher. Kerusakan yang terjadinadalah keausan laher noken as yang terlalu gojlak.

Untuk hal ringan pada laher hanya dilakukan penggantian laher saja. Namun jika masalah berat seperti noken as yang sudah baret atau aus dalam maka bisa dilakukan penggantian atau dengan cara menghaluskan permukaan klep yang mengenai templar.

Berikut ini video memperbaiki suara ngelitik pada vario 110 pada bagian noken as.



Setelan klep pada model noken as yang digerinda tidak perlu dirubah dulu. Mengikuti bawaan sebagai patokan selanjutnya dalam menentukan stelan klep selanjutnya. Pasa area noken as yang digerindra pastinya menjadi lebih dalam dan setelan klep semakin merenggang. Untuk melakukan penyetelan harus menggunakan metode derajat pembukaan dan penutupan klep in dan ex. Selanjutnya akan kita bahas dilain kesempatan metode penyetelan klep dengan cara derajat pembukaan klep ini.

Untuk penyetelan klep noken asbyang bukan bawaan tidak bisa langaung menggunakan kerenggangan klep dengan perasaan atau feeler pun. Penyetelan menggunakan metode bukaan dan penutupan derajat klep. Dimana untuk motor mempunyai perbedaan masing masing bukaan derajat klep in dan klep outnya. Penggunaan busur derajat dutempelkan pada magnet atau area kanan atau kiri poros engkol. Metode ini ampuh digunakan pada motor racing yang tentunya menggunakan joken as racing.

Derajat klep sesuai dengan proses langkah 4 tak memiliki perhitungan yang berbeda beda. Sebagai contoh honda vario 110 karbu ini dimulai dari langkah usaha, klep ex membuka pada sebelum 30 derajat Titik Mati Bawah (TMB). Klep masih membuka dan seher berbalik aeah maju menuju Titik Mati Atas (TMA) atau disebut langkah buang. Ketika seher di posisi Tepat di TMA klep ex menutup malahan klep in sudah mulai membuka pada 5 derajat sebelum TMA. Kondisi klep in dan ex yang sama sama membuka hanya sekitar 5 derajat  ini disebut over laping. Dan akhirnya posisi langkah hisap dari TMA ke TMB klep in membuka terus dan barulah kembal sari TMB lebih 30 derajat baru kembali menutup dan langkah ini disebut langkah kompresi sampai ke TMA.

Untuk overlaping sendiri pada honda beat karbu sebesar 10 derajat, dengan klep in 10 derajat. Untuk beat injeksi juga 10 dibagi antata in 5 derajat dan ex 5 derajat. Vario 125 dan 150 memiliki overlaping sama sebesar 5 derajat. In 5 derajat sebelum TMA dan ex 0 derajat pas TMA. Yang besar overlapingnya milik megapro monoshock sebesar 15 derajat, 5 derajat klep in dan 10 derajat klep ex.

Secara matematika, mungkin agak aneh yang seharusnya klep ex menutup pada 0 drrajat dan klep in membuka pada 0 derajat pula. Tetapi secara fisika mengacu pada turbulensi, maka keluarnya angin pada kebalpot ex dimanfaatkan untuk menarik usara dari klep in, maka overlaping sangat penting dalam pengaruh gemuk tidaknya udara dan bahan bakar yang masuk di bakar. Namun dengan besarnya overlaping maka semakin boros pula bahan bakarnya karena bakal ada sebagian campuran yang langsung bablas ke kenalpot tanpa pembakaran.

Berikut ini video cara menyetel klep in dan out pasa vario yang noken asnya sudah dihaluskan dengan gerinda.



Penyetelan mengandalkan pembukaan klep in dan penutupan klep ex saja tanpa mengukur penutupan klep in dan pembukaan klep ex. Hal ini dilakukan karena derajat noken as masih belum jauh mlenceng dari standar. Untuk klep ex disetel setelah Top overlaping ambil 30 derajat dan untuk klep IN ambil 30 derajat sebelum top overlaping. Angka yang besar digunakan untuk mesin yang dingin dan dihitung pada sproket. Jika mengacu pada engkol maka dihitung setengahnya. Walau hitungannya cukup besar dengan ukuran itu didapatkan untuk klep in masih aman di celah 0,15 mm seret. Dan klep ex lebih besar karena yang telah digerinda yaitu 0,55 mm. Walau celah klep besar, mesin tetap halus. Hal ini terjadi karena pergerakan templar pada noken tetap landai dan halus.

Apa yang terjadi jika klep ex distel 0,25 mm?

masalah di atas terjadi ketika noken as rusak. bisa pula kerusakan terjadi karena kondisi laher yang gojlak pada noken as. diluar kerusakan juga menimpa motor motor injeksi jaman now suara berisik ngelitik yang didengarkan ketika motor di bawa jalan santai.

bunyi kletek kletek muncul ketika jalan normal kecepatan 40 atau sampai dengan 60 km/jam gas distabilkan. malah ketika gas ditambah suara hilang. atau banyak keluhan suara ngelitik dari klep muncul ketika gas awal akselerasi.

berikut ini video keluhan motor matik ngelitik ketika jalan santui.



pastikan kondisi mesin sudah baik,  renggang klep sudah standar, tensioner sudah tegang maksimal dan pula oli mesin warna dan jumlah aman. selanjutnya pasrah saja pada Tuhan YME. selama suara mesin bunyi tidak tambah bersuara parah maka masih aman.


Semoga artikel Sebab Mesin Motor Ngelitik Diservis Gak Sembuh-Sembuh ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Popular Post