Monday, September 25, 2017

cara setting karburator honda beat biar irit

cara setting karburator honda beat biar irit didasarkan pada hasil pebakaran yang dapat dilihat pada busi. Pembakaran yang baik akan menghasilkan warna busi yang merah bata pada penggunaan jangka panjang atau transparan ketika baru dibersihkan pada waktu penyetelan. Dalam kondisi ini merupakan campuran bahan bakar yag ideal antara bensin dan udara. Selanjutnya kita bahas di blog kami.

untuk menghasilkan campuran bahan bakar dan angin yang pas maka harus diperhatikan bahwa wajib mesin dalam kondisi standar. sehingga pengaruh karburator yang masih orisinil tidak terganggu dari kelebihan beban dari kenaikan tenaga oleh modifikasi yang dilakukan. dikarenakan setiap putaran mesin pada motor sudah di seting sesuai besarnya pilot jet dan main jet. dengan demikian akan didapatkan kondisi cara setting karburator honda beat biar irit tapi tetap bertenaga.

baca juga artikel lain

 cara setting karburator honda beat biar irit dilakukan dengan menyetel angin standar beat sebesar 2 dan seperdelapan putaran. hal ini sering tidak bisa didapatkan dengan pasti karena kausan part tertentu.
setinggan untuk motor yang lebih tua bisa sampai dengan 3 putaran angin. akan berbeda jika masalahnya angin di stel hingga masuk mentok putaran mesin masih normal tidak mati maka kerusakan terjadi pada choke otomatis rusak. dengan kerusakan ini pastilah motor akan sangat boros akan konsumsi bahan bakar.

dengan stelan seperti ini maka akan menghasilkan putaran mesin yang ideal  pada putaran atas dan bawah. dengan demikian akan menghasilkan tenaga yang merata di semua putaran mesin. apabisa putaran bawah mengalami kendala seperti brebet motor akan mati bisa jadi permasalahan berasal dari karet skep yang robek. apabila dengan setelan standanr masih menghasilkan tarikan yang lemot bisa berasal dari kondisi sepreti video di bawah ini.

 Penyebab Vario 110 Ngempos 



dengan kondisi motor yang standar dan terdapat keinginan untuk menghasilkan tenaga yang maksimal dengan cara setting karburator honda beat biar irit maka bisa dilakukan pada contohnya penyetelan 2 setengah putaran. dengan demikian akan dihasilkan putaran langsam yang nyaman tidak mudah mati dan pula tetap bertenaga. seperti video di bwah ini.

Setelan Angin Karburator Vario Irit Bertenaga


sama dengan keluaran awal motor matik vario yang masih karburator stelan angin juga sering didapatkan antara 2 seperempat hingga 2 setengah putaran. akan tetapi, berbeda dengan motor bebek. tenaga dan stasioner maksimal dapat dihasilkan pada stelan satu setengah putaran saja. hal ini bukan suatu hal yang perlu dikawatirkan untuk menghapalkan stelan angin standar setiap motor karena bisa dicari dengan mudah dengan mencari putaran tertinggi disetiap rpm yang diinginkan.

ada pula masalah bensin yang boros tidak sekedar dari setelan anginnya yang bermasalah tetapi karena pula choke otomatis yang rusak. terlebih lagi seperti masalah bensin bocor pada karburator harus ditangani seperti video di bawha ini.



Namun demikian ada pula motor yang setelan anginnya terlalu irit menjadikan motor menjadi kurang bertenaga dan sering mati ketika tutup gas. setelah di lakukan pengecekan ternyata stelan angin nya macet. untuk menanggulangi permasalahan macetnya stelan anginnya ini maka perlu dilakukan trik agar mesin bisa bekerja secara nomal kemblai.


https://youtu.be/QW7P-j1d9Hs

Warna busi yang sempurna menjadi tanda penyetelan motor yang memiliki settingan karburator yang irit bertenaga. pada pembakaran yang sempurna busi memiliki warna yang berwarna merah bata. seperti video di bawah ini.
.


untuk cara menyeting karburator motor supra bisa dicek di link di bawah ini.

http://www.rumputteki.online/2017/09/cara-menyetel-karburator-motor-supra.html

Beberapa permasalahan bensin boros atau langsam tidak bagus walau sudah dilakukan penyetelan 2 setengah putaran sangat memungkin hal ini terjadi karena auto choke atau cuk otomatis yang bermasalah. selain langsam yang tidak nyaman juga bisa dirasakan dari tenaga motor yang ngedrop walau bensin sudah terasa boros.

untuk mengetahui chok otomatis yang bermasalah sangat mudah dengan cara menyetel angin hingga kekanan mentok. apabila mesin tidak mau mati dan motor masih bisa langsam maka itu tanda choke yang sudah bermasalah. untuk harga choke otomatis ini dalam kisaran 100 ribuan saja. tetapi bisa dilakukan trik dengan mematikan choke otomatis ini dengan cara pada video di bawah ini.

 https://youtu.be/ByeHjrckBt8 



semoga artikelcara setting karburator honda beat biar irit ini bermanfaat.

kunjungi channel Ari Pranant sebagai salah satu admin pada rumputteki.online



19 comments:

  1. Assalamualaikum bang
    1 putaran berapa derajat ya 180 derajat atau 360 derajat
    Dan saya tanyak vario saya kok boros sekali beda kayak dulu isi 10ribu bisa jalan 80 km sekarang cuma 50km apakah itu spuyer di karbunya sudah aus karena motor tahun 2010

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bermasalah dengan karbunya, settingan juga mungkin sudah benar yang bikin boros, seperti filter, kebocoran ring seher, keausan bagian cvt sangat berpengaruh

      Delete
    2. Mas 1 putarannya berapa derajat 180 atau 360/

      Delete
    3. Satu putaran 36p mas jadi ukurannya 2 seperempat tapi sering mudahnya ngitunginya per 180 jadinya 4 setengah, karena obengnya minus ngingetinnya lebih muda

      Delete
  2. Mas, per choke otomatis hilang, per apa yang bisa buat gantinya

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum Mas, Utk Honda Beat Pake Karbu Aftermarket kaya PWK24 Kawahara cocok g Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok kayake lokasi tidak mendukung mas, cocoknya pake model vakum, hemat tempat

      Delete
    2. Videonya G bisa di Buka Mass'e Uploud Ulang Donk

      Delete
  4. Ouh ya mas tumpang nanya kok vario saya stelan angin tertutup tetap langsam motornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chocke suda rusak. Tutup saja salurannya, packing kirinya yang 2 baut plus itu ditutup plastik tebelan

      Delete
  5. Mas mtr saya beat 2010.. Spuyer stelan anginnya tdk bisa di putar sudah sangat keras.. Apakah ms bisa di stel karbunya biar tarikanya bagus.. Mtr saya sudh pakai roller racing sama ganjal per cvt.z

    ReplyDelete
  6. Bisa mas, sbenere saya da videonya tp belum proses editing. Kuncinya di busi mas, warna busi menentukan campurannya sudah bener atau belum, silakan cek pembahasan warna busi di sini.
    http://www.rumputteki.online/2017/09/cara-setting-karburator-honda-beat-biar.html

    ReplyDelete
  7. Assalam mu'alaikum ms,sebelumnya saya ucapin banyak2 trima kasih,dan maaf yang sebanyak banyaknya apabila ada kata2 atau apalah yang kurang berkanan di hati,jadi gini mas saya punya vario tecno 110cc combi brake ni,setiap pangi tak panasin gasnya gak stabil naik turu2 dan mberbet2,dan kalau pas lagi jalan posisi gas kurang lebih 30km/h itu mbrebet2 kanyak2 ada yang nahan2 gas besar,oke mas mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan dan skali lagi saya banyak2 ucapkan trima kasih dan maaf yang sebesar besarnya apa bila ada kata2 atau apapun itu yang kurang berkenan,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah awalan brebet coba dicek dulu stelan anginnya apa sudah pas belum. Normalnya sekitar 2 setengah putaran. Tapi sebaiknya dicari langsam yang paling besar dan stabil. Kemudian masalah yang sering terjadi ada kebocoran angin yang tidak seharunya bisa dari, kep yang sobek, choke otomatis rusak atau gasket manifold bocor. Silakan dicek part tersebut semoga berhsil

      Delete
    2. Kep itu apa ya mas, permasalahanny itu sama dengan motor saya mas.. Mhon bantuannya mas trims

      Delete
  8. Mas mau nnya, saya punya motor beat karbu 2012 setiap buka gas awalan selalu brebet dulu itu knpa ya ?
    Karbu udah di stel gimana pun ttp brebet pas buka gas, busi masih oke, filter masih baru.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Honda beat lama. Star awal normal di karenakan macet nya di tanjakan pas mau star lagi kok brebet apanya yah padahal baru aja servis.

    ReplyDelete

Popular Post