Saturday, September 2, 2017

penyebab kampas rem cepat habis

Rem cakram memiliki keunggulan dalam hal pengereman yang lebih pakem dibandingkan rem tromol. dalam pemakaiannya tentu saja rem cakram yang lebih kecil dengan daya pengereman yang besar menyebabkan kampas remnya cepat aus. Dalam keadaan normal kampas rem depan bisa bertahan tergantung beart motor, seperti motor bebek dan matik bisa bertahan sampai 20 rb km tetapi seperti motor cb bisa bertahan 10 rb km. diluar penggunaan tersebut rem ckram sudah habis maka ada  penyebab kampas rem cepat habis

Kampas rem cepat habis sangat dipengaruhi hal non teknis seperti pengguna motor tersebut, karakter ibu ibu lebih banyak menggunakan rem belakang berbeda dengan lelaki yang lebih sering menggunakan rem depan. secara teknis  penyebab kampas rem cepat habis sangat dipengaruhi oleh perawatan kampas rem sendiri. perlu dilakukan perawatan yang benar untuk menyervis kampas rem cakram.

baca juga artikel lain.
Cara mudah ganti bolam rem dan reteng honda beat fi
Ganti Kampas Rem Depan Cakram Honda Supra
Trik perbaiki rem cakram keras

cara servis rem cakram yang benar dan simpel dilakukan dengan melakukan pembersihan di area rem dan pula memastikan sliding antara braket dan kaliper lancar. dalam kondisi seal telah mulai rusak akan mudah dimasuki air pada bagian ini sehingga akan cepat macet. Seret dan hingga macetnya sliding ini menyebabkan kampas rem akan cepat aus sebelah. seperti pada video  penyebab kampas rem cepat habis  di bawah ini.



Pada video di atas kondisi sliding bisa bergerak tetapi seret hasilnya kampas aus sebagian saja. tentu saja pengereman hanya terjadi pada salah satu kampas saja sehingga pengereman tidak pakem dan salah satu kampas akan bergesekan terus dengan piringan. disamping kampas yang cepat aus maka piringan juga akan cepat tipis.

perbaikan yang dilakukan tentu saja dengan penggantian kampas rem cakram ini dan pastikan kondisi dari slidingnya berjalan normal. penyebab kampas rem cepat habis lainnya juga dipengaruhi oleh bagian piston yang tidak balik sempurna maka perlu diperhatikan seperti jumlah minyak rem yang berlebihan atau kondisi seal yang macet.

Permaslahan kampas rem yang habisnya miring bisa dilihat pada video di bawah ini.



permasalahan ini juga disebabkan karena sliding dari kaliper macet sehingga kampas rem tidak leluasa bergerak menjauhi piringan dan pula ketika penekanan terhadap piringan banyak dilakukan pada bagian kampas yang habis saja. permasalahan ini harus ditanggulangi dengan cara servis rem dengan memberikan pelumas pada braket dan kaliper sehingga pergerakannya lancar.

Namun kendati demikian beberapa orang malah lebih menyukai kampas rem yang cepat habis untuk mengharapkan kampas rem menjadi lebih awet seperti produk dari Federal seperti video di bawah ini.



Konsekuensi pada kampas rem yang bermaslah di braket akan banyak seperti kampas rem seret, aus sebelah, hingga gak pakem. Selain braket seret karena kurang pelumasan, bisa pula braket ini miring pasa bagian ujung slidingnya. Kemiringan bisa terjadi pasa bagian sliding atas atau bawah. Namun keduanya tidak bisa dipastikan dengan jelas jika tanpa pemasangan kampas rem pada piringannya terlebih dahulu.

Cek video braket yang menjadi sumber masalah rem cakram ini.


https://youtu.be/nEsaa9ajGA8

Kondisi kampas rem yang tidak sejajar dengan piringan rem depan ini menjadi indikasi rem cakram yang miring. Kondisi braket bagian sliding atas yang miring bisa terlihat kampas rem miring terhadap permukaan piringan. Jika kampas bagian luar bagian atas terlihat berongga terhadap piringan maka sliding atas harus dinaikan. Namun demikian sliding bawah harus mengikuti kemiringan sliding atas agar jarak keduanya tidak kejauhan yang bisa menyebabkan sliding seret malah rem akan lebih seret lagi.

Masalah braket bengkok ini biasa terjadi karena motor pernah jatuh. Trik lain yang bisa digunakan untuk mengakali braket miring ini bisa dengan cara mengganjal ring pada baut braket terjadap shock sesuai kebutuhan. Dalam hal ini saya sarankan memhuat sendiri emnggunakan plat. Sehingga biaa diatur jumlah plat yang digunakan. Jika kasus terjadi pada kondisi di atas maka baut bawah yang diganjel agar kampas bagian luar atas lehih rapet.

untuk masalah piston macet akan saya sampaikan di artikel selanjutnya. semoga artikel  penyebab kampas rem cepat habis  ini bermanfaat

kunjungi instagram kami

instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

blog
http://www.rumputteki.online 

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki


No comments:

Post a Comment

Popular Post