Thursday, September 7, 2017

CVT Vario 150 Berisik

Permasalahan yang paling dikeluhkan pelanggan yang palingbanyak yaitu pada bagian cvt walau kadang pelanggan sendiri tidak tahu kalo  masalahnya di cvt. permaslahan yang sering di temui yaitu getaran dan bunyi kasar. pada getaran motor matik bisa di karenakan permasalahan pada tautan di bawah ini.


permsalahan ini banyak menyita pemikiran baik pengguna dan mekanik. pengguna mengeluhkan gak sembuh sembuh sedangkan mekanik juga sama gak ketemu ketemu. dan dengan pembahansan artikel di atas maka terjawab sudah masalah utama yang dengan penggantian part apapun akan kembali lagi masalah getarnya.

baca juga artikel lain


Kembali ke permasalahan CVT Vario 150 Berisik memang adanya walau dengan perbaikan apapun akan kembali lagi suara kasar ini. kondisi mesin dingin lebih banyak dirasakan suara yang lebih kasar daripada kondisi mesin sudah panas. analogii yang bisa di tarik dari keluhan ini maka bisa disudutkan pada masalah belt dimana kondisi belt yang panas lebih lentur karena terbuat dari karet.


 https://youtu.be/CTyi7JdXSLs 

penggunaan amplas efektif sampai beberapa hari cvt akan halus berbeda hasilnya denganenggunakan lilin. tenaga terasa melorot sedikit tp keawetan kurang berasa lama tidak jauh beda mengunakan amplas. berikut video penggunaan lilin pada v belt vario 125.



pengunaan sabun juga sangat efektif dalam menghilangkan suara mesin dari v belt dan ketahanan juga baik  nun dari segi tenaga lebih melorot. berbeda hasilnya jika dilakukan pada motor vario 150 tenaga dirasakan cepat keluar tidak gereng. silakan dicoba triknya septti video di bawah ini, tetapi harus diuerhatikan jumlah dan caranya.



Pertanyaannya mengapa CVT Vario 150 Berisik tapi motor lainnya tidak demikian?. hal ini disebabkan karena kontruksi dari belt vario lebih lebar daripada motor lainnya. maka ketika belt ini berbelok di bagian puli akan menimbulkan suara kesat alhasil saura kesar yang banyak mengakibatkan suara berisik srek srek. tapi apakah berbahaya?

pengamplasan juga bisa dilakukan pada jenis motor dengan bentuk v belt yang berbeda. berikut contohnya pada hond beat.



permasalahan ini hampir tidak menyebabkan kerusakan pada bagian cvt, malahan membuat tarikan motor lebih responsif. bisa dicoba dilakukan pembersihan dengan mencuci belt maka hasilnya kondisi belt yang bersih lebih kasar suaranya dan mantap tenaganya. pasti kesara pada waktu buka tutup gas dalam kondisi bersih beltnya akan mengahsilkan tenaga yang mantap.

pembersihan v belt sendiri bisa digunakan air sabun walau nantinay akan menyebabkan CVT Vario 150 Berisik kembali. kondisi belt yang bersih bisa dilihat dari benang nilon pada belt yang terlihat putih bersih karena pembersihan yang dilakukan. jadi pada kondisi ini ketika belt di gosok dengan jari, tidak akan mengotori jari tersebut.

semoga artikel ini bermanfaat.
penulis
Ari Pranant

No comments:

Post a Comment

Popular Post