Thursday, September 14, 2017

Mesin Vario Berisik: V-BELT atau ROLLER?

pastinya sering mengeluhkan mengapa motor vario bercc 125 dan 150 ini dirasakan berisik pada area cvt. bunyi berisik ini dirasakan pada putaran mesin stasioner kadang pula pada kecepatan sedang. permasalahan ini apakah berakibat fatal pada kemudian hari. apa yang penyebab Mesin Vario Berisik: V-BELT atau ROLLER? mari kita bongkar permasalahan ini satu persatu.

keluhan di area cvt memang ada ada saja, dari suara berisik, kurang tenaga, hingga sampai dengan putus nya v belt. permasalahan mulai muncul pada kilometer puluhan ribu tapi ada juga yang baru ribuan kilo sudah dirasakan perbedaan suara bagian mesin vario 150. apakah suara yang timbul baru ribuan km ini merupakan hal yang normal ataukah tidak?

baca juga artikel lain.
cvt vario bunyi klotok klotok
Bongkar dan servis cvt vario 150 setiap 8000 km
ganti kampas ganda vs ganjel per cvt vario

penyebab Mesin Vario Berisik: V-BELT atau ROLLER? pastinya kedua part ini sangat signifikan sebagai part yang dijadikan tersangka pada kondisi km ribuan km. dan perlu di klarifikasi bahwa kedua part ini menghasilkan suara yang berbeda. keausan roller lebih mirip suara kletek kletek atau klotok klotok, dan suara belt lebih pada suara kresek kresek.

Roller yang aus bisa meejadi pengurang performa mesin disamping suara yang ditimbulkan. untuk masalah roller ini sebaiknya diganti yang baru karena dengan pembersihan akan timbul kembali suara walaupun pada awal setelah pembukaan cvt akan terasa lebih halus. untuk kode roller vario 160 adalah K36. satu set harga sekitar 55 IDR, cukup murah dibandingkan roller motor matik berkapasitas 110 cc.

cek Mesin Vario Berisik: V-BELT atau ROLLER? di bawah ini. trik untuk menghaluskan suara cvt Vario 125 atru vario 150 yang sama menggunakan v belt tebal ada di bawah ini.



untk motor beat video di bawah ini, trik untuk menghilangkan suara mesin kasar.



suara mesin diatas identik pula dengan masalah cvt Honda beat di video bawah ini tetapi berbeda analisa dan cara penanganan nya. perbedaan jelas ketika roda belakang diputar. laher cvt rusak pasti akan timbul bunyi apabila tidak maka masalah dari v beltnya saja.



Selain bunyi srok srok juga sering cvt bunyi kletek kletek atau klotok klotok ketika lorot gas sampai motor berhenti atau awal gas ketika motor belum jalan. Tentu saja masalah ini roller sebagai penyebab suara klotok klotok dan kletek kletek walau dipengaruhi juga oleh v belt yang fluktuatif. V belt yang sudah dicuci akan lebih stabil dan mengurangi suara tsb. Akan tetapi, apakah benar roller peyang sebagai penyebab utama bunyi klotok klotok dan jletek kletek ini. Berikut kupas tuntas asal mula klotok klotok dan penanganannya sebagai penawar roller yang peyang ternyata bukan masalah utama.




Permasalahan yang ditimbulakan dari belt biasanya kresek kresek, sek sek, kadang seperti bunyi masak air. di rasakan bunyi kesat yang berlebihan pada area cvt. hal ini banyak dikeluhkan ketika motor berjalan pada putaran rendah dan kadang pula pada putaran stasioner ketika mesin masih dingin. penjelasan lebih lanjut ikuti link di bawah ini.

CVT Vario 150 Berisik

kerusakan bagian cvt dimulai dari perawatan yang kuranh kadang juga dengan perawata yang salah. Pelumasan cvt harus menggunakan cara dan bahan yang benar seperti pada video di bawa ini.
https://youtu.be/ludy_JsRhKw
semoga artikel ini bermanfaat.
kunjungi channel Ari Pranant salah satu admin pada rumputteki.online di bawah ini


https://www.youtube.com/channel/UCVvx0qmgFvZjpzP2xJcL_eg

No comments:

Post a Comment

Popular Post