Tuesday, September 19, 2017

arti lampu indikator injeksi berkedip

lampu indikator injeksi berkedip mengandung arti dan makna tertentu. untuk masalah ini harus dilakukan perbaikan pada sistem injeksi. setiap arti kedipan mengandung arti tertentu. oleh karena itu perlu dimengerti arti setiap kedipan lampu indikator injeks.i. arti lampu indikator injeksi berkedip memiliki masing masing pembacaan dan perbaikan.

permasalahan sering dihadapi pada injeksi motor honda tidak terlalu banyak, hanya permaslahan idling stop tidak berfungsi, motor tidak stabil dalam putaran stasioner, motor ada kedipan 11, tapi ada pula kedipan lain yang perlu diwaspadai seperti kedipan mil 52. kedipan mil 52 ini memiliki perngaruh yang signifikan bisa menyebabkan motor macet dan sulit dihidupkan

baca juga artikel lain.

pada dasarnya arti lampu indikator injeksi berkedip pada motor injeski honda memiliki beberapa kode yang perlu diperhatikan seperti di bawah ini.
1   : sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
7   : sensor EOT / ECT (Engine Oil ( Coolant ) Temperatur)
8   : sensor TP (Throttle Position)
9   : sensor IAT ( Intake Air Temperature)
11 : sensor speed
12 : injektor
21 : sensor 02 (Oksigen)
33 : ECM (Engine Control Modul)
52 : sensor CKP ( Crankshaft Position)
54 : sensor Bank Angle

tidak semua model injeksi honda memiliki sensor yang dimaksudkan di atas karena tidak semua sensor dibutuhkan untuk kondisi tertentu. untuk daerah tropis seperti di indonesia dan pula ketinggian dataran di indonesia tidak signifikan karena merupakan negara kepulauan maka beberapa sensor tidak digunakan. pada motor matik contohnya, honda beat. tidak dilengkapi sensor MAP dan IAT. 

sensor MAP dan IAT mengacu pada tekanan dan suhu udara dimana di daerah tropis tidak terjadi perpindahan suhu yang signifikan seperti pada daerah iklim di belahan eropa atau jepang, atau amerika. sensor ini pada model matik honda beat atau vario bisa distel secara manual dengan penggunaan setting altitude.

setting altitude dilakukan dengan upaya untuk menyamakan setinggan mode pada motor dengan kebutuhan tekanan dan temperatur pada posisi ketinggian dataran tertentu. misalakan mode 1, 2, 3,atau 4 sesuai kebutuhn. cara setting altitude bisa dicek pada video di bawah ini.


http://www.rumputteki.com/2017/09/tujuan-reset-injeksi-honda.html

setting mode ini ada arti lampu indikator injeksi yang dijumpai jika tidak sesuai ketinggian hanya motor terasa kurang tenaga atau boros jika settin mode tidak sesuai. ada yang mengatakan bahwa sangat dibantu dengan setting mode ini tetapi saya bilang ini hanya untuk mengurangi harga motor saja biar murah. berapa yang bisa di save dengan tanpa 2 sensor ini, coba bayangkan!

kemudian pada kasus ini motor berkedip 7 kali, hal ini memiliki arti lampu indikator injeksi berkedip 7 kali yaitu pada sensor EOT atau ECT. bedanya kalo EOT digunakan pada mesin dengan pendingin udara dan ECT dgunakan untuk motor dengan pendingin air. tahu ya motor yang dimaksud?

untuk melakukan maka tidak perlu ganti sensor walau di sebutkan di atas bawha kedipan itu mejurus pada sensor. arti lampu indikator injeksi berkedip tidak mengacu pada sensor tetapi juga pada kabel atau soket yang bermasaah pada sambungan sensor baik dari sumber arus maupun yang menuju ECM. memang ada 2 kabel yaitu sebagai sumber arus dan sensor sebagai penghambat menginformasikan lewat kabel kembali ke pada ECM.

seetelah arti lampu indikator injeksi berkedip diketahui sumber masalahnya maka kemudian dibernarkan sambung dengan baik soket atau kabelnya. dalam hal ini untuk membersihkan soket menggunakan carburator cleaner dan untuk menyambung kabel sebisa mungkin disambung dengan plat atau menggunakan solder. setiap sensor menggunakan tahanan maka dengan sambungan yang kurang bagus menyebabakan akan menambah tahanan sehingga mempengaruhi kinerja ecm untuk membaca kondisi real mesin.

setelah diperbaiki masalah yang ditemukan maka langkah selanjutnya untuk mengakhiri proses perbaikan dalam artikel arti lampu indikator injeksi berkedip ini maka dilakukan reset ECM. proses meresete ECM bias dilihat pada video arti lampu indikator injeksi berkedip di bawah ini sebelum kita bahas cara ururtan secara tertulis.




Proses dalam mereset ECM dengan melakukan sambungan kabel hijau dan coklat menggunakan kawat yang kemudian kita sebut kawat untuk menyambungkan konektor kabel hijau dan coklat ini dpanggil jumper. kemudian posisikan kunci kontak ON. segera stelah kunci kontak ON satu detik dengan 1 hitungan hingga tidak kali hitungan dan cabut jumper tersebut. hitung 3 hitungan dalam 3 detik kemudian sambung kembali jumper kepada soket yang berwarna coklat dan hijau tadi. maka proses reset ECM selesai. 

Indikasi suksesnya reset ECM adalah munculnya kedipan pada MIL yaitu secara cepat 1 detik hidup satu detik mati berlanjut terus. jika tidak terjadi kedipan ini maka proses reset diulang kembali pada osisi OFF. untuk mengakhiri pproses ini maka posisikan kunci kontak OFF kemudian  cabut jumper tersebut dan selesailah masalah lampu indikator injeksi berkedip.

semoga artikel arti lampu indikator injeksi berkedip ini bermanfaat



No comments:

Post a Comment

Popular Post