Friday, March 31, 2017

cara setel kopling motor supra


cara setel kopling motor supra mudah caranya sudah bisa bikin perseneleng keras menjadi empuk, bersuara jadi halus, selip jadi terasa berkurang selipnya. Penyetel kopling honda memiliki baut minus dengan penguatnya mur 14. Kopling bebek akan empuk jika baut minusnya ke kiri dan semakin terasa keras jika diputar kekanan. Sesuaikan penyetelan dengan kebutuhan. Karena setiap penyetelan akan membuat efek lainnya seperti stelan kopling yang empuk maka kaitan kopling sedikit telat, berbeda jika kopling distel keras maka kaitan koplingnya cepat aehingga disukai untuk respon yang cepat ketika pindah gigi. akan sangat bermanfaat jika bisa mengetahui cara setel kopling motor supra dengan benar.

Penyetel honda untuk semua bebek berada di sisi sebelah kanan dengan penyetel berbentuk baut minus dengan pengencang mur 14. penyetelan dilakukan setiap kali servis, atau jika dirasa kopling terasa berat, bersuara, atau sulit perseneling dimasukkan. cara setel kopling motor supra untuk ukuran standar honda dilakukan penytelan sebesar serdepan putaran.

baca juga artikel berikut
Ganti Kampas Rem Depan Cakram Honda Supra
How To Fix Cam Chain Tensioner Rantai Keteng Honda
cara menyetel klep honda supra 125
.
cara setel kopling motor supra dilakukan dengan mengendrorkan mur 14 agar baut minus bisa digerakkan. baut minus ini diputar ke kanan satu putaran meudian dikembalikan hingga mentok. Ketika memutar ke kiri obeng minus ini perlu diperhatikan tekanan yang timbul. mengapa mur ini perlu di putar kekanan terlebih dahulu selain untuk membebaskan kampas kopling secara penuh juga dimaksudkan untuk mengetahui tekanan baut ketika ada hambatan yang timbul berarti itu sudah mentok. 

kata mentok pada cara setel kopling motor supra ini bukanlah mentok hingga habis tetapi mentok ketika tekanan bertambah. tekanan bertambah ini mengindikasikan main bebas habis. maka jika sudah mentok masih bisa bertambah lagi ke kiri karena baut memasuki menekan kampas kaopling.

simak video untuk cara setel kopling motor supra berikut ini


ketika sudah mentok, putarlah baut minus ke kanan seperdelapan putaran. atau sekitar sudut 45 derajat. kemudian kencangkan murnya sembari menahan putaran baut minusnya. lakukan pengecekan kebebasan pedal perseneling, penyetelan yang tepat adalah ketika tuas ditekan untuk motor supra 125 hanya bergerak 3 mm untuk bagian depan maka kopling akan terasa empuk.

Lebih lanjut penyetelan bisa menjadikan perseneling menjadi lebih nyaman tidak ada lagi masalah perseneling yang keras atau susah masuk. hal ini bisa dilakukan seperti video di bawah ini.


https://youtu.be/jsIVRZY-cfo

berbeda dengan Supra injeksi dan karburator, untuk motor Revo absolut atau motor Honda 110 CC dan 100 CC menggunakan perhitungan yang berbeda. setelan kopling tidak perlu sedikit layaknya Supra 125 sudah bisa masuk dengan nyaman dan tenaga pun cepat nyantel.

berikut ini video penyetelan kopling Honda Revo absolute agar tenaga nyaman dan gak keras perseneling ya.



Banyak dikeluhkan keluhan motor bunyi tek tek pada area kopling ganda terjadi seperti pada motor revo 100, supra fit, revo absulut, karisma, supra x 125 sampai dengan supra helm in dan injeksi. masalah yang terjadi sama saja yaitu kampas ganda yang gerak kanan kiri sehingga mengenai dudukannya. walaupun suara ini hanya muncul pada kondisi putaran stasioner, memang bikin kuping gatel. namun demikian permaslaahan ini bisa diabaikan silakan buka video di bawah ini.



apabila sobat ingin memperbaiki bunyi tidak normal ini ada trik yang bisa dilakukan. sediakan dulu karet selang bensin, kalo karbu pasti mudah mendapatkannya. selang paling tipis dari selang aki, selang pernapasan dan pembuangan karburator, dan selang bensin yang paling tebal. berikut ini video cara menghilangkan bunyi kampas ganda



Berbeda dengan motor kopling otomatis pada motor bebek, pada motor sport dilengkapi kopling manual. Bukannya kopling manual ini bisa menaikan tenaga mesin malah kadang menjadi penyebab ngedropnya tenaga motor. diperlukan cara menyetel dan perawatan yang benar untuk mengatasi permasalahn kopling manual yang sering terjadi. selain performa naik tentu saja kampas kopling kan lebih awet.

Untuk melakukan servis pada kopling manual yang keras tentu saja sangat mudah hanya 5 menit sudah cukup jika sering dilakukan secara rutin. kabel kopling menjadi faktor penting dalam menjadi permasalahan kopling yang keras pada kopling manual. hal ini disebabkan karena bagian kabel kopling ini tidak dlengkapi seal untuk mencegah air masuk kedalam selongsong seperti kabel gas dan kabel rem motor motor jaman now.

Kabel kopling sering menjadi permaslahan yang menghambat pergerakan dari tuas selain kerak tuas itu sendiri. untuk mengatasi permasalahan tuas kopling yang berat ini harus dilakukan pelumasan dengan trik yang sudah kami rangkum dalam video di bawah ini.
Cara Meringankan Kopling Motor



kopling yang terasa selip dikarenakan kampas kopling yang sudah aus. penyetelan kopling yang bisa dilakukan dengan menambah main bebas pedal kopling agar kopling platnya lebih cepat kembali ke posisi semula ketika kopling berfungsi. akan tetapi, tentu saja kopling akan lebih keras ketika ditekan dan pula perseneleng nya agak sulit masuk. oleh karena itu untuk hasil maksimal perlu dilakukan penggantian kampas berikut ini video cara mengganti kampas kopling. berikut ini video cara mengganti kampas kopling supra x 125 beserta dengan titik penting yang harus diperhatikan ketika pembongkaran area kopling.


https://youtu.be/DnJnsLPCKwc
 Bagian kampas kopling manu harus tetap dilakukan pengantian jika terjadi kerusakan tetapi untuk kampas kopling ganda bisa dilakukan pengganjelan seperti halnya kampas kopling ganda motor matik. Pengganjelan dilakukan dengan menggunakan bahan karet, sperti: selang aki, selang bensin, selang pernapasan, namun jangan menggunakan karet ban. Gunakanlah karet yang tidak mudah melar karena minyak. Berikut ini video balikin tenaga motor bebek jadi galak kembali.



selamat mencoba artikel cara setel kopling motor supra ini semoga bermanfaat

2 comments:

  1. Bang boleh tanya ga nih kalo masalah kopling bunyi tu saat oper gigi tu masalah dimana ya bunyi pas mau angkat kaki dr pedal gigi nya
    Tolong bang dr astra nya cuma setel itu terus motor juga masih baru beli pnya bru 2 bulan udh gitu skrang udh 10 bulan udh beberapa kali ksana cuma di setel itu baut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dihabisin saja main bebasnya akan lebih enak persenelingnya,

      Delete

Popular Post