Sunday, March 19, 2017

Keluhan shock belakang vario keras

Keluhan shock belakang vario keras banyak oleh konsumen utarakan. Beberapa permaslahan ditemui dengan kondisi shock belakang yang rusak pada vario led 125 dan 150 fi ini. Akan tetapi beberapa keluhan dirasakan pada motor masih baru pastilah Keluhan shock belakang vario keras ini bukan shocknya yang rusak. Terdapat part lain yang sering bermasalah antara laain bos mesin. Dan adanpula yang ditemui pada motor yang lebh mbaru lagi, perrtanyaannya apakah bos mesib ceoat rusak. Dalam kondisi normal untuk semua motor matik pasti bisa digoyangkan kanan kiri sehingga nampak bos mesinnya rusak. Tidak, ini normal dan keluhan shock belakang keras ini ternyata berasal dari karet link engine hanger yang lepas. Lepasnya karet ini menyebabkan shock belakang terasa keras.

baca juga artikel

Langkah untuk menangani  Keluhan shock belakang vario keras ini bisa dilakukan tanpa biaya jika dilakukan sendiri. perbaikannya sangat mudah hanya dengan melepaskan link engine hanger dan memasangnya kembali. Tidak perlu menurunkan mesin karena rangka hanya disandarkan ke mesin dengan bantuan shock belakang pasti tidak akan menimbulkan kerusakan.

sebelum membuka part ini sebaiknya pastikan dulu masih ada tidaknya karet dumper didalam rangka. entah kenapa bisa hilang karet ini kmungkinan sih ada kesengajaan. ini videonya.



https://youtu.be/d5zExfJ_VLc

Keluhan shock belakang vario keras harus dilepas link engine hangernya dengan melepas mur 17 yang menempel pada bos mesin dan juga mur 17 yang menempel pada rangka. akan tetapi pastikan kenalpot dilepas dahulu karena kontruksi dari link engine hangernya terletak di atas knalpot.

Penanganan  Keluhan shock belakang vario keras ini dilakukan dengan pengeleman menggunakan sejenis lem g atau lem kastol yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari hari. pengeleman dilakukan dengan menaruh karet terlebih dahulu pada link engine hanga beru kemudian dilem g. 

Lakukan pengencangan lem dengan baik dengan membiarkannya terlebih dahulu selama beberapa menit. jika terasa lem sudah mengeras pasang kembali link engine hanger pada posisinya kembali. pasang terlebih dahulu baut yang menempel pada rangka baru kemudian yang menempel pada mesin. Untuk memasang batu pada mesin perlu bantuan seseorang yang mengangkat rangka belakang. sementara sobat memasukkan bautnya dan mengarahkan pada lubang yang tepat. 

Perlu diperhatikan dalam menangani  Keluhan shock belakang vario keras ini dalam pengencangan mur dan baut link engine hangernya jangan sampai bautnya berputar. perputaran baut ini akan menyebabkan karet ikut berputar yaitu sobek. dengan demikian part bos mesin akan lebih mudah rusak.

berbagai keluhan shock yang terasa mati malah asal permasalahan bukan dari shock sendiri. permasalahan yang sering dikeluhkan diantaranya bunyi jedok. setelah melalui pengecekan didapatkan shock masih bagus tp kendala pada bos shock yang kocak. video di bawah ini.



Pasa kasus tertentu shock belakang keras walaupun baru atau lama harus dipastikan terlebih dahulu kondisi absorbernya. Perbaikan sudah dilakukan seperti di atas namun hasilnya masih terasa keras. Mungkinkah kerusakan sudah rerjadi pada shock belakang atau belum maka harus diketahui tanda tanda shock belakang yang rusak seperti rembesnya oli bocor melalui sealnya. Namun umur motor yang sudah tua walau tidak bocor kadang fungsi absorber nya sudah tidak smaa sekali berfungsi. Untuk memastikannua silakan kunjungi video ini.


https://youtu.be/irYaNW1cOUc
https://youtu.be/irYaNW1cOUc

hal ini juga terjadi pada motor supra dan lainnya walau tidak bocor shock belakang audah tidk berfungsi  shock yang seharusnya empuk dan kejutan dengan baik malah menjadi terasa keras gronjal gronjal. yang seharusnya mantul artinya mantap betul jadi mantul mantul gak nyaman

https://youtu.be/KqJ8dCsEtYM


ini daleman shock belakang motor matic dimana isinya hampir sama dengan motor matic hanya beda di ukuran. fungsinya juga di jelaskan dengan seksama di video bawah ini.
https://youtu.be/ubYuuQybMSo

Untuk membuat alat pada video di atas cukup berbahan besi sisa dan pula baut dan mur 14 5 cm. Dengan gerinda dan las dalam pembuatannya cukup waktu 1 jam selesai seperti video di bawah ini.


https://youtu.be/8o7NDYcqLzQ

Terlihat jelas bahwa saya masih awam ketika mengelas. Lebih lama waktu pembuatannya dan semakin lama hasilnya seperti pasa video di bawah ini.


https://youtu.be/y2_XgViaNs4

Dari keseluruhan analisa di atas shock ori yang keras memang bawaannya sudah keras. Namun demikian pasti kita tak habis akal untuk mengakalinya. Mengacu pada shock belakang GL Pro atau Megarpo maka kita bisa melakukan trik dengan menekan atau merenggangkan pernya. Dimana semakin renggang per akan menghasilkan tekanan yang lebih smooth yakni dengan memundurkan penyetel ke arah bawah. Selanjutnya modifikasi yang bisa diambil dengan merenggangkan per dgn memotong penutup atau selongsong sebamyak 2 mm sesuai ukuran setingkat dari penyetelnya.

Cek video cara membuat empuk shock belakang di bawah ini.


https://youtu.be/FEYxOBXwHns

Jika sobat masih merasakan shocknya keras bisa dilakukan penambahan pemotongan pada bos atasnya yang terbuat dari alumunium. Juga dilakukan pengurangan 2 mm. Secara perhitungan panjang per shock belakang masih bisa dilakukan pemotongan pada bos alumunium ini sampai 4 mm.

Akan tetapi beberapa permasahalan shock yang keras malah ditemui kondisi ban yang keras. tekanan angin yang berlebih menjadi masalah utama, untuk std tekanan ban depan 29 psi dan belakang 31 psi. akan tetapi dengan tekanan setandar pun kadang masih menemui permasalahan shock keras. padahal tekanan ban yang berbeda ukuran, jenis atau merk yang dihasilkan dengan tekanan angin pasti akan menghasilkan tekanan yang berbeda pula. perlu adanya patokan yang bisa digunakan untuk mengatur tekanan ban depan maupun belakang dengan tepat agar menghasilkan tenaga yagn berotot dan kenyamanan pengendaraan mumpuni. cara itu dapat dilihat di video berikut ini.


https://youtu.be/PjZx7MtssI8


semoga bermanfaat, goodluck!
bongkardulupasangkemudian
Update posting terbaru di instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel

Penjelasan lengkap di website utama kami
http://www.rumputteki.com

Review part dan alat di bahas di sini
https://www.youtube.com/aripranant

Silakan berbagi pengalaman di sini
https://www.facebook.com/rumputtekichannel/

tutorial perawatan motor
https://www.youtube.com/rumputteki

No comments:

Post a Comment

Popular Post