Monday, March 13, 2017

jadwal penggantian spare part vario 125

Jadwal servis dan Penggantian spare part vario 125 & 150 ini dilakukan merata pada semua bagian yang diperlukan sesuai km yang dibuthkan masing masing part. spare part diganti sesuai kausan yang paling utama tetapi dengan adanya panduan ini akan memudahkan dalam mennetukan kondisi dari mesin atau part yang memerlukan penggantian. part yang sudah waktunya untuk diganti namun dibiarkan akan mengakibatkan pengurangan kinerja part tersebut yang dirasakan akan semakin menumpuk hingga akhirnya biaya membengkak.

Jika di urutka dari motor baru keluar dari pabrik maka urutan penggantian pertama adalah oli mesin. Penggantian pertama oli mesin adalah 1000 km disesuaikan dengan fungsi dari bawaan pabrik sekedar membersihakn. kemudian yang kedua adalah 2000 s.d. 4000 km sesuai iklan yang ditawarkan oli mpx baik 1 maupun 2. oli ini bisa bertahan hingga 4000 km akan tetapi pada kenyataannya baru kelewat 500 km dari 2000 km pengurangan oli sudah maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh desing motor sendiri yang sekarang sudah mengefisienkan bahan bakar dengan kompresi yang tinggi di sisi lain pula kondisi jalan yang sering macet mengakibatkan penggunaan oli bukan setara dengan km yang ada.

baca jgua artikel lain

penggunaan oli yang digunakan oleh pihak honda denan design motor baru akhir ini menggunakan kekentalan 10w-30 yang pasti encer. penggunaan oli ini akan terasa kasar ada kondisi oli di atas 2000 km. oleh karena itu, penggantian oli menurut saya wajib diganti setiap 2000 km sekali.

kemudian di km 8000 ada penggantian oli gardan, busi dan pembersihan cvt. Oli gardan mungkint terlihat tidak mencoklat tetapi jika terkena sinar matahari akan terlihat bram bram sisa keausan dari gearbox. busi dalam hal ini dari fisik sudah terlihat celah yang tidak presisi yang dapat mengakibatkan pengapian yang tidak baik. Honda sendiri mengklaim bahwa penggunaan busi di atas 8000 km mengalami penurun performa dari batas limit... silakan sobat bisa di rasakan tenaga kurang setelah ganti busi apakah tenaga sudah kembali lagi.

pembersihan v belt dan part di dalam cvt dilakukan setiap 8000 dikarenakan pada km ini pengurangan grease pada rumah dan bos rollernya sudah maksimal. perlu dibersihkand dan diberi pelumas lagi yang fungsinya agar pergerakan v belet bisa lancar dan keausan foller pun tidak signifikan. pengecekan diluar 8000 km perlu juga dilakukan jika menemui permasalahan di cvt, seperti getaran, bunyi tidak normal, dan pengurangna tenaga yang tidak dibarengi dengan brebet.

Meninginjak km selanjutnya 10000 km adalah penggantian oli shock. Honda dalam hal ini tidak mau kecolongan dengan kasus ban depan yang aus tidak rata. dapat dipastikan bahwa kausan motor matik lebih cepat di bagian kanan. hal ini honda memunyai cara dalam mengurungai kesenjangan kausan dengan penggantian rutin oli shock setiap 10000 km. dalam hal ini menurut saya sendiri penggantian oli shock dilakukan tepat bersamaan penggantian ban depan, dimaksudkan agar ban  setingan sudah sesuai dengans setingan shock dengan oli baru. harapannya agar ban lebih awet dan tentunya tidak belang sebeah.

jadwal penggantian spare part vario yang lain adalah penggantian air radiator yang dilakukan setiap 12 rb. Sebelum menginjak jadwal penggantian pasti pemilik harus juga sering mengecek ari dalam reservoir yang menjaga jumlah air radiator dalam sistem pendinginan. penggunaan air radiator baiknya menggunakan honda coolant dikarenakan sifat kimia dari air radiator ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan motor honda yang notabene mempunyai efisiensi bahan bakar yang tinggi.

km selanjutnya pada km 16 rb km terdapat  jadwal penggantian spare part vario 125 yaitu pengulangan perawatan 8 rb km dengan ditambah ganti filter. filter ini sangat tergantung dari penggunaan motor yang ebrdebu akan mengurangi masa aktif filter ini. penggunaan didalamkota cenderung lebih awet ketimbag penggunaan mtor di pedesaan. filter ini tidak boleh dimodifikasi degnan menggunakan busa karena penyaringan tidak maksimal malah bisa merusak komponen di dalam sistem sinjeksi maupun mesin itu sendiri. 

 jadwal penggantian spare part vario 125  selanjutnya di km 20000 melanjutkan penggantian oli shock agar mengawetkan kondisi dari as shock depan yang dirasa kualitasnya mudah berbekas pada bagian sealnya. selain oli shock juga perlu dilakkukan penggantian minyak rem. minyak rem di kmini mengalami kondisi warna yang stabil akan tetapi terdapat kotoran pada saluran terutama pada kaliper bawah. kotoran ini merupakan sifat dari minyak rem yang memiliki sifat adesif yang tinggi.

silaan putar video  jadwal penggantian spare part vario 125  agar sobat lebih care terhadap motor demi keselamatan berkendara.
.

perhatikan jadwal dan tentu saja kondisi dari part part yang terdapat pada motor sobat. barangkali memang trik untuk memerlama penggunaan spare part ada banyak sekali. Akan tetapi, apabila kita tidak tahu dengan pasti fungsinya yang nota bene honda membuat suatu part denan fungsi tidak hanya satu saja. desain dibuat berdasarkan kebutuhan dari berbagai segi. penggantian adalah slusi terbaik, maka sobat akan merasakarn performa yang maksimal dengan konsumsi bahan bakar yang minimal.

semoga bermanfaat artikel  jadwal penggantian spare part vario 125  ini bagi semua pihak

salam
rumput teki channel



No comments:

Post a Comment

Popular Post