Tuesday, March 7, 2017

Cara menyetel komstir cb150r

Komstir yang terasa kencang harus segera dikendorkan. Gejala ini muncul pada motor honda new cb150r yang tidak dapat dibelokkan dengan mudah, benar harus di dorong untuk bisa sampai ke belokan maksimal. Permasalahn ini tentu saja akan mengakibatkan pengendaraan tidak nyaman, jalan lurus terasa goyang, jalan belok akan berat, keluar belokan akan a merasa goyang. Masalah komstir yang terlalu kencang juga akan berimbas pada keawetan komstir.

Permasalahan yang terjadi pada motor kekinian ini adalah komstir yang mengencang dengan sendirinya. hal ini teradi berbagai macam produk dari matic dan motorsport pada pabrik berlogo kepakan sayap ini. Demikian pula dengan andalah motor sport terbaru honda the all new honda cb150r ini juga mengalami gejala pengencangang komstir dengan sendirinya. 

baca juga artikel lain

sangat perlu untuk distel kembali sesuai pengencangan dimana stang mudah dibelokkan ke kanan dan kekiri juga tidak menimbulkan bunyi ketika pengereman depan. perlu dibutuhkan alat kunci L yang seukuran dengan baut 14 untuk mengendorkan baut komstir atas. dengan berbagai macam bentuk kunci maka saya sendiri menggunakan gagang kunci T 17 dimana besarnya sebesar kepala baut 14 yang saya bentuk sedemikian rupa sehingga bisa digunakan ke depan tanapa harus beli kunci L ini.

untuk bagian bawh bisa menggunakan alat yang sebenarnya untuk menyetel komstir. kali ini saya menggunkan obeng yang bisa dimiliki oleh semua amatir untuk menyetel komstir cb150r. mur pengencang bagian bawh ini yang sering menyebabkan komstri menjadi kencang. diketahui bahwa mur komstir pasti bisa mengendor karena momenya yang tidak terlalu besar dan pula dibebani pengendara. pasa kasus komstir yang mengencang ini, mur bawh mengendor yang arahnya ke bawah menuju bantalan komstir. Oleh karena itu sering terjadi pengencangan komstir dan untuk menanganinya adalah dengan melakukan pengunduran mur ini ke atas.

kendorkan mur atas dengan membelokkan stang ke kiri sehingga kita tidak perlu menahan stang lagi dan sebaliknya pula untuk mengencangkan belokkan stang ke kanan. putar mur komstir bawah ke atas sebesar 1 cm ke kiri dengan mendorong mur dengan obeng minus. kemudian dilakukan pengencangan kembali mur atas. lakukan pengecekan stang apakah masih kencang atau tidak. penyetelan seperti ini akan lebih mudah dengan mengencangkan secara bertahap agar penyetelan tidak kembali melakukan pengencangan komstir.

lakukan pengunduran kekiri mur bawah kembali jika di rasa stang masih berat. dan lakukan proses sesuai dengan proses di atas. kemudian kencangkan mur atas kembali dan cek kondisi stang apakah masih terasa kencang. Pada kasus yang jarang terjadi. ketika mur bawah sudah terasa mentok tetapi komstir masih terasa kencang maka perlu dinaikan dudukan shok atas dengan mengendorkan dua buah baut kanan dan kiri yang memegangi sok. kendorkan saja bagian bawah saja atau atas saja.

berikut ini  Cara menyetel komstir cb150r segera menyusul. Adapun ciri ciri komstir yang aus seperti video di bawah ini bisa diterapkan untuk semua motor seperti CB150R pula.




lakukan penyetelan sekali jalan 1 cm dan kencangkan mur atas. jika hanya mur bawah yang dikendorkan saja kemudian di cek pasti penyetelan tidak sesuai dengan kondisi ketika mur atas dikencankan.

selamat mencoba
salam rumput teki channel


11 comments:

  1. kurang jelas gan kalimatnya berbelit2, kalo ada fotonya mungkin amatir bisa lebih paham.

    ReplyDelete
  2. maaf mas. ini masalah videonya kehapus, coba mas cari videonya di youtube degnan judul yang sama... makasih masukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokasi bengkalnya mana om, sya dh brp kali stel komstir smpe gnti komstir motor sya masih berat buat belok,

      Delete
    2. Saya di magelang, silakan mampir

      Delete
  3. Mas rumput, klo mau nyetel komstir motor sport perlu ngendorin baut kanan kiri yg memegangi sok apa ga perlu? Sy liat video lain kok ada yg dikendorin dulu, tp klo liat video mas rumput ini kok gak ngendorin baut pemegang sok. Amatir bingung mas..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk komstir yang gak terlalu banyak pergerakan penyetelannya, harus diperkarak dulu, speperti artikel ini gak perlu maa, kecuali kalo psrgerakan penyetelan banyak harus kendorin dulu

      Delete
  4. Di cb 150r saya kok baut yg bawahnya ada karetnya yah, apa harus di bongkar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karet aemacam tutup ya mas? Masih kelihatan dikit to mas?

      Delete
  5. Gan motor saya kan jatuh nih trus pas dipakai stangnya agak miring kekanan stelah saya tanyain ke ahas honda bilangnya stang bengkok yaudah saya ganti deh dgn stang baru ori honda tapi pas saya cobain lagi ternyata masih sama,apakah komstir yang kena atau segitiganya padahal ban diaspal gak miring,rata2 saja alurnya gak habis sebagian..mohon bantuannya motor saya new cb150r

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih ke as shocknya mas, kalo segitiga kayane bukan, beberapa kali nemuin motor2 sekarang bwngkok as shocknya,

      Delete
  6. Terima kasih infonya sangat bermanfaat untuk setel kendor/ kencang komstir. Saya terapkan di honda sonic 150r sukses

    ReplyDelete

Popular Post