Wednesday, March 1, 2017

Penyebab vario boros bensin dan tidak kuat nanjak

Penyebab vario boros bensin dan tidak kuat nanjak disebabkan oleh dua part yang mempunyai kesamaan gejala. Kedua part ini bergerak secara otomatis sesuai putaran mesin tetapi berada di tempat yang jauh berbeda. Satu berada dibagian sumber pencampuran bahan bakar yang mengacaukan campuran bahan bakar. Satu lagi berada di bagian pemrosesan tenaga yang bergerak tidak sesuai putaran mesin. Part ini adalah Penyebab vario boros bensin dan tidak kuat nanjak yang harus diganti secara set agar awet.

Keluhan ini terasa ketika motor kecepatan rendah hingga kecepatan sedang. Apalagi untuk tanjakan akan sangat terasa loyo seperti motor yang terlalu irit bensnnya tetapi tidak terasa brebet atau putaran mesin yang tidak stabil. part yang penting untuk motor baik injeksi maupun non injeksi yang berpengaruh langsung terhadap tenaga tanjakan adalah movabel face comp atau rumah roller yang aus terhadap bosnya. kausan ini bisa mempercepat kausan roller dan biasanya hingga penjol atau tidak rata sangat signifikan.

baca juga artikel lainnya
stel komstir vario
Cara membersihkan filter vario dengan benar
Pasang sepion reteng pasa lampu sein honda vario

kemudian part lain lagi yang sangat berpengaruh pada tenaga tanjakan yang tidak ditemui pada motor injeksi adalah skep vakum. vakum ini merupakan part yang berfungsi mengatur campuran bahan bakar pada kondisi setelah bukaan gas. bukaan gas akan mengakibatkan vakum yang menyebabkan pergerakan skep ke atas. Hal ini akan mengakibatkan naiknya jumlah campuran udara dan haban bakar ke dalam ruang bahan bakar. apabila skep ini terlalu keras pada part yang imitasi ini akan mengakibatkan pergerakan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin akibatnya tanjakan menjadi lemah.

Lihat video Penyebab vario boros bensin dan tidak kuat nanjak d bawah ini.



Buat matik karbu beat yang sama juga dengan scoopy karbu video di bawah ini.



Pada kasus du atas kerusakan sudah menjalar merata dari rumah roller sampai kampas ganda untuk biayanya

V belt roller set Rp.131.000,-
Rumah toller Rp. 65.000,-
Pieceslide k81 Rp 15.000,-
Bos KVY Rp.26.000,-
Kampas Ganda Nex Rp.125.000,-
Seal Kruk as KVB Rp.10.000,-

Harga diatas bisa bervaruatif dengan kondisi stok di pasaran. Semakin langka, maka part akan naik harganya. Pieceslide k81 menggantikan gcc yang bisa sampai 45 rb sedangkan kampas ganda nex menggantikan kvy atau ggc yang harga sama tapi gak dapat satu set. Hal ini sangat efektif karena kampas ganda dan dudukannya bisa aus dan gojak mengakibatkan angkatan bunyi tek tek. Berikut review part cvt untuk beat karbu atau scoopy karbu.



Untuk mengatasi kerusakan motor vario yang bensin boros dan tidak kuat tanjakan ini adalah dengan mengganti dua part di atas. untuk harga part diatas seperti skep 100 an ribu rupiah untuk bos dan rumah rollernya juga sama. mungkin harus pula diganti roller yang menjadi korban dari kausan part ini.
Ada baiknya dalam pemasangan movable face comp dan bosnya ini diberi grease agar awet dan pergerakannya pun baik.

untuk perawatan berikutnya akan lebih baik jika skep sudah akan sobek atau sudah tidak berfungsi dengan baik diganti menggunakan part yang orisinil. Untuk perwatan v belt secara menyeluruh baik pulley depan maupun pulley belakang harus dilakukan pembersihan dan pemberian grease setiap 8000 km.

beberapa titik penting cvt harus menjadi sorotan utama karena pada titik ini menimbulkan masalah yang langsung dirasakan pengguna. langsung saja cek TKP nya.



Beralih ke masalah injeksi yang tidak terdapat karburatornya. Pasti disistem injeksi tidak sama sekali berpengaruh kecuali terasa ada brebet atau batuk batuk. Masalah yang sangat signifikan berada di cvt. Rumah roller yang aus pasti akan mengakibatkan tenaga menurun drastis. Dan sebagian masalah boros bensin dikarenakan v belt yang sudah menipis. V belt yang masih diijinkan penggunaan agar performa masih oke adalah berkurang 1 mm dari tebal setandarnya.

Bensin yang boros selain dipengaruhi oleh v belt terutama pada motor injeksi juga pastinya roller yang sudah aus apalagi peyang. Kondisi rolelr peyang mungkin bisa diketahui dari suaranya mesin yang kasar tetapi kondisi v belt yang aus tidak demikian. Namun demikian banyak pula sobat yang bisa merasakannya dari konsumsi bahan bakar yang boros dan pula top speed yang menurun drastis. Patutlah dicurigai masalah dari v belt yang menipis.

Cek video penyebab motor matic injeksi boros bensin di video bawah ini.


 https://youtu.be/Vc3Nncnfmlo

Untuk rumah roller yang masih bagus tapi mungkin masih merasakan keluhan tenaga kurang pada saat akselerasi. Demikian pula dengan kondisi lepas tarik gas, mesin terasa tidak bertenaga. Masalah berawal dari dalamnya keausan rumah roller dengan kipas yang menyebabkan v belt cepet keluar dari pusat puli depan. Kinerja ini juga sama fungsinya dengan per cvt yang lemah mengakibatkan keluhan yang sama. Untuk mengakali puli depan yang aus gerong maka perlu dilakukan ganjel per cvt.

Berikut video masalah motor matic dengan gejala tenaga ngempos dan cara mnegakalinya.




Mungkin banyak pertanyaan seputar penggunaan bahan bakar yang berbeda harga dan oktan berefek pada mesin. diantara bermacam jenis bahan bakar pertalite dan pertamax pasti yang banyak dibandingkan. penggunaan pertalit yang sekarang berharga 7800 dengan pertamax yang berharga 10400 manakah yang perlu dipilih baik segi harga dan efek di mesin.

sebagai gambaran umum pengunaan bahan bakar disesuaikan perbandingan kompresi dengan tingkat oktan sebagai berikut.

motor berkompresi 9 kebawah cukup gunakan premium
motor berkompresi 9,1 s.d. 9,9 gunakan pertalite
motor berkompresi 10 s.d. 10,9 gunakan pertamax
motor dengan kompresi 11 keatas gunakan pertamax plus

namun demikian penggunaan oktan yang lebih tinggi tentu lebih disarankan karena berefek performa yang semakin naik. tapi semakin naik oktan juga semakin mahal harganya. harga pertamax yang semakin naik apakah masih ideal untuk digunakan dibandingkan dengan pertamax, atau hanya prinsip saja yang dipertahankan?. namun demikian banyak dikeluhkan bagaimana efeknya pada mesin.

contoh berikut perbandingan penggunaan pertamax pada supra x125 yang berkompresi 9,3:1 yang sebenarna sudah cukup menggunakan pertalite. langsung saja cek video di bawah ini.



ketika pertamax diganti pertalite terjadi hal yang aneh. pembakaran yang terjadi tidak sempurna walo bensin dirasa  masih irit. Ulasan tentang penggunaan perthlite di vudei bawah ini.



motor yang menggunakan bensin pertalite dan pertamax secara bergantian akan menimbulkan kerak yang menumpuk. akan berakibat ruang bakar cepat kotor yang sering menjadi penyebab motor sering mati hilang kompresi. bagaimana bentuk keraknya ada di video bawah ini.



semoga bermanfaat artikel Penyebab vario boros bensin dan tidak kuat nanjak ini agar menjadi pembelajaran bagi pemilik dan bengkel motor.

salam bongkar dulu pasang kemudian

12 comments:

  1. Permisi suhu mau tanya vario 110 karbu ane naik nya lama dan klo ditanjakan tuh ga kuat..bagian cvt udah baru semua..kira" dari karburator pengaruh ga ya seperti karet vakum nya keras..?? Mohon pencerahan nya 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas karet vakum kalo berlubang dan atau lubangnya yang di skepnya tidak menghadap manifold, per kepanjangen saja pengaruh mas...

      Delete
  2. Mas rumput teki,vario karbu agnes 2010 pada saat barunya konsumsi bbmnya berapa ya ? (Kondisi gas diurut dan jalan biasa saja)

    Vario karbu 2010 punya istri saya kok boros banget ya rasanya.sekitar 30 km/liter pakai bbm premium/pertamax/pertalite sama saja hasilnya ya segituan.( tangan kanan sudah sekolah/gas diurut ga pernah disentak)
    Jadi pengen tak bandingkan berapa konsumsi bbm standarnya itu vario agnes berapa seharusnya...

    Kayak pegang motor 2 tak lo jeeh dengan konsumsi bbm segitu..hehe

    Mohon pencerahannya mas suket teki..nuwun :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Borosnya memang begitu mas,saya juga ada vario. Biar irit bisa distel irit karbunya, filter dan busi oke. Dan pastinya roler kondisinya masih bulat,

      Delete
    2. Disetel irit itu dalam pengaplikasiannya bagaimana mas ? Putaran mixture screw/angin" baiknya berapa putaran ya ? Kondisi filter udara dan busi baru semua mas,cuman roller yang belum saya cek.nanti coba saya cek.
      Matur nuwun loh Mas,berkat sampeyan yang tiada pernah lelah dan pelit dalam berbagi ilmu saya jadi sedikit banyak mengerti tentang transmisi matic.
      Matur nuwun mas mugi Gusti Allah tansah paring berkah kagem panjenengan sakeluwarga :-)

      Delete
    3. amin doanya mas,
      stelan iritnya vario bisa sampai 3 puteran mas, itu maksimalnya,
      roler aus, ban belakang tipis itu juga mempengaruhi boros mas, ibaratnya seharusnya mesin muter cuma 2000 rpm sudah sampai karna pasrt part tersebut aus, 3000 rpm baru sampai, memang tenaga yang dihasilkan besar tapi sia sia kalo di buat jalan sendiri,

      Delete
    4. Alhamdulillah berkat sampeyan mas saya jadi mencoba untuk membongkar sendiri cvt vario karbu istri saya..
      Sudah saya cek mas fanbelt dan roller masih bagus.rumah roller dan bos nya masih cukup bagus.sudah saya grease semua part yang membutuhkannya...
      Ban depan belakang sudah saya ganti baru tubeless dua"nya..tinggal skep vakum sepertinya minta diganti karena teflonnya banyak ngelupas...
      Mas Ari bikin tutor donk buat menon aktifkan choke automatisnya...
      Di daerah saya (surabaya) panas mas..sepertinya auto choke tidak seberapa membutuhkan.lagian juga kan lumayan bisa sedikit ngirit bensinnya..

      Matur nuwun mas Ary

      Delete
  3. Syukur alhamdulillah mas,
    Untuk ngecek chpke masih fungsi normal tidak gal sulit mas, cuma stel aja angin sampai mentok, kalo mesin gak mati tandanya choke bermasalah, dipastikan dulu mas, tutorial segera menyusul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun mas saya tunggu ya tutorial matiin autochokenya..
      Btw mas Ary mengenai skep vakum vario setelah saya coba memutar lubangnya menghadap ke arah intake manifold(arah jam 12) mengapa lebih boros ya konsumsi bbm nya ?
      Fyi sebelumnya arah lubang skep di arah jam 4 konsumsi bbm 30-31 km/liter,setelah menghadap yang benar (arah jam 12) konsumsi bbm menjadi 27-28 km/liter...catatan setelan mixture screw dan stasioner tidak saya utak atik...
      Itu mengapa ya mas ?
      Adakah indikasi keausan pada part karburator ?
      Matur nuwun sebelumnya

      Delete
  4. Ada tutorial sebentar lagi untuk setel angin karbu vario sedikit saya singgung matiin choke semoga bisa menjadi gambaran mas,
    Soal bensin karena gerakab skep lebih dinamis mungkin jadi alasannya, memang matik pertahanan gasnya stabil biar menxapai titik maksimal bensin irit.
    Untuk ngakalinya setelan angin lebih diritkan saja mas,
    Kalo keausan karbu sudah ditanggulangi sama stelan angin jadinya lebih keluar untuk karbu yang semakin aus mj pj nya

    ReplyDelete
  5. hayate pake karburator jg.. tanjakan kuat sih mas cuman kok tiap di putaran rendah mau jalan rata maupun menanjak kok kayak jeda gitu ya, ngejan, ga langsung ngeng, ga langsam.. kira kira masalah diapanya ya mas? matur suwun sak derengipun, gusti mberkahi

    ReplyDelete
  6. Bang Vario 125 CBS/Iss 2017 -2018 kilometer 15 RB di jual 14 JT.kata penjual barang mulus dan no minus .saran bagaimana bang.apakah ambil atau beli Vario 125 2019 yg baru aja bang?

    Vario 125 lama dan yg baru mending yg mana bang?

    ReplyDelete

Popular Post