Wednesday, November 2, 2022

Masalah Injeksi Brebet tidak Muncul Kode MIL

ketika menemui masalah dengan putaran mesin;

1. stasioner tidak stabil

2. brebet / ngempos

3. gas sering hilang

4. RPM atas tertahan

lakukan inisialisasi dengan jumper soket DLC dan kunci kontak posisikan ON akan muncul kedipan jika ada masalah injeksi atau akan manjer jika tidak ada masalah. berikut kode injeksi motor yang biasa di temui motor honda beat, vario 125, vario 150, vario, scoopy.

7 : sensor EOT / ECT (Engine Oil ( Coolant )

8 : sensor TP (Throttle Position)

11 : sensor speed

12 : injektor

21 : sensor 02 (Oksigen)

33 : ECM (Engine Control Modul)

52 : sensor CKP ( Crankshaft Position)


Sistem injeksi yang tidak memakai stelan angin diganti sistem IACV otomatis yang berfungsi menyetel stasioner secara otomatis. Selain IACV juga dilengkapi sensor lain yang juga ada kedipan jika bermasalah. seperti;

9 : sensor IAT ( Intake Air Temperature)

1 : sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)

 Temperatur)

54 : sensor Bank Angle


Update posting terbaru di instagram

https://www.instagram.com/rumputtekichannel

Paling banyak kedipan injeksi motor honda adalah 7, 12, 21, 52, atau 8, yang biasanya menjurus kerusakan pada soket atau kabel putus. Masih jarang ditemui kendala injeksi yang mengarah pada kerusakan sensor. Gesekan kabel dengan cover, mesin atau rangka mengakibatkan sistem injeksi bermasalah. Dan semakin kecilnya penampang pin soket mengakibatkan hambatan semakin besar yang menjadi kebanyakan kendala sistem Injeksi.


Penjelasan lengkap di website utama kami

https://www.rumputteki.com

Beberapa contoh kasus yang sering terjadi kedipan injeksi

1. Brebet kedip 5-2 pada beat ESP, permasalahan terjadi pada soket sensor CKP kotor. 

2. Kedip 2-1 pada beat fi tidak ada keluhan, kabel sensor O2 putus karena gesekan.

3. Kedip 7 bensin boros pada vario 125 terjadi karena sensor EOT kotor atau rusak.

4. Kedip 7 Beat fi 2020 terjadi karena soket eot oblak/ rusak.

5. Kedip 8 pada beat fi, kerusakan pada sensor TP, boros dan kadang brebet rpm awal atau akhir.

6. Kedip 33 dan tidak bisa reset karena ECM rusak

Jika kendala injeksi dibantu dengan adanya kode kedipan mil maka akan lebih lebih mudah dalam penanganan. Tapi malah sebaliknya masalah injeksi jarang ditemui kode injeksi. Pengalaman menjadi kunci utama menentukan masalah yang biasanya terjadi, seperti contoh masalah-masalah injeksi berikut.

1. Motor macet di rumah tidak bisa starter biasanya terjadi karena kabel standar samping dimakan tikus.

2. Motor macet bisa starter tapi pompa injeksi tidak nyala ada kabel yang dimakan tikus pula.

3. Injeksi brebet ketika awal gas biasanya ada kendala di bagian pompa bensin. Bisa jadi kerusakan pada pompa, filter bensin, atau beban-beban tambahan variasi yang terlalu banyak pada Kelistrikan motor.

4. Brebet putaran tinggi gas hilang begitu saja biasanya karena sensor TP bergeser. Bukaan gas tidak terbaca oleh sensor TP ini jadi sama sekali tidak ada tenaga.

5. Sutasoner tidak stabil biasanya terjadi karena kotornya trotol body khususnya bagian setelan angin. Cukup dibersihkan dan rasa kembali jika tidak sembuh bisa jadi sekedar busi yang setengah mati. Atau juga bisa ada kendala pada pompa bensin seperti poin ketiga di atas.

Khusus masalah pompa bensin bermasalah memiliki gejala antara lain.

1. Motor sulit hidup ketika mesin Masih dingin.

2. Gas terasa telat ketika dadakan.

3. Brebet ketika isi bensin di tengki rendah.

4. Kadang sampai tidak bisa dihidupkan tapi masih terdengar pompa bensin berputar.

Jika menemui hal-hal tersebut pastinya harus dicek tekanan pompa bensinnya. Tekanan standar 294 kPa minimal 256 kPa. Pada rentang tersebut biasanya belum ada tanda-tanda masalah. Tetapi di bawah 256 KPA akan terasa gejala-gejala di atas. Kondisi pompa bensin rusak akan terjadi kerusakan secara cepat sampai dengan sama sekali tidak bisa dihidupkan.

Namun demikian masih bisa dilakukan pengecekan lebih lanjut apabila tidak ada fuel pump pressure gage-nya (alat untuk mengukur tekanan pompa bensin). Hitung dari debitnya biasanya membutuhkan perbandingan dengan motor lain Jadi sering-sering cek kucuran dari selang pompa bensin sebelum injektor agar cepat hafal. Bisa juga karena kotornya tangki yang menyebabkan filter terhambat. Tetapi jika ditemukan filter kotor yang sampai timbul masalah biasanya kondisi fuel pump sudah tidak layak. Berikut contoh kapasitas debit bensin vario 125.


https://youtu.be/2l9g-tmmoDg


Sebelum dilakukan pembongkaran sampai fuel pump juga ada masalah lain yang bisa bikin brebet yang berpengaruh langsung terhadap fuel pump. Tegangan aki yang menurun atau aki yang rusak tentu saja tidak bisa memberikan daya yang maksimal pada fuel pump. Maka jelas fuel pump tidak bisa memompa dengan baik ketika awal mesin dihidupkan. Akan tetapi dengan kondisi beban variasi kelistrikan yang besar bisa membuat brebet bukan di awal tetapi di semua RPM. Berikut ini video tentang efek penggunaan lampu variasi yang berlebihan pada motor injeksi.

https://youtu.be/YBTmr7jDAhs


Kadang masalah brebet hanya sekedar kabel-kabel yang putus karena gesekan dengan komponen lain atau sekedar soket yang kotor. Hal ini banyak terjadi pada Beat injeksi 2016-2019 pada bagian kabel-kabel injeksi di atas mesin area throttle body. Motor yang sering digunakan ketika hujan apalagi daerah yang dekat dengan pantai sangat mudah kotor oleh cairan yang bersifat korosif. Contoh kasus di video bawah ini.

https://youtu.be/ja02JwF7GI4

Udah pulang yang memang konstruksinya kurang aman sehingga kabelnya mudah putus bisa terjadi pada Honda Beat FI stater kasar pada bagian kabel spul dan pulsernya. Contoh kasus pada video di bawah ini.

https://youtu.be/YqQaGSBnhSo

Banyak sekali masalah injeksi yang sebenarnya bukan kerusakan komponen injeksi secara langsung. Masalah biasa terjadi pada bagian-bagian kabel putis atau soket yang kendor. Silakan komentar di bawah jika ada pertanyaan seputar masalah injeksi. Hal-hal yang sok pacari sulit ditemukan masalahnya mungkin saya pernah punya solusinya. Mari benerin motor sendiri Tetap semangat belajar agar dapat berkahnya mencari ilmu juga.













No comments:

Post a Comment

Popular Post