Thursday, October 6, 2022

Upgrade CVT Zero Cost Tanpa Ganti Sparepart

Upgrade CVT dimaksudkan untuk menaikkan tenaga motor. Karakter motor bisa dibuat lebih enteng berakseleasi, responsif, atau kuat untuk menanjak. Akan tetapi, sebagai fungsi CV mereduksi putaran mesin, harus dipilih tenaga pada RPM tertentu dengan mengalahkan tenaga di RPM lain. 

Kita tidak pasti menggunakan kemampuan motor pada semua tingkat kecepatan. Setiap pengguna memiliki karakter masing-masing dengan kelebihan yang ingin ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan Medan penggunaan motor. Di sinilah kelebihan CVT bisa di-upgrade dengan mudah untuk memfokuskan tenaga mesin sesuai sesuai tingkat ketepatan yang diinginkan.

Sebelum melakukan upgrade pada CVT motor matic, harus dipastikan dulu mesin dalam kondisi yang baik minimal tidak dalam kondisi yang rusak. Dengan upgrade CVT setidaknya harus menambah tenaga paling tidak, tidak mubazir karena terganggu oleh sparepart lain yang mengalami kerusakan. Setelan klep, setelan karbu, filter, busi, dan tarikan puntiran gas dipastikan oke. Dan penting pula seperti rem dipastikan tidak seret yang bakal mengurangi tenaga.

Untuk honda beat karbu motor terasa berat/ tenaga lemah bisa disebabkan;

1. karet skep sobek / lubang tidak pas

2. rumah roller gojak dengan bosnya

4. kampas ganda habis

3. kurang dari 5 persen bisa disebabkan setelan klep atau karbu yang tidak pas.

Pada awal proses upgrade CVT harus dipastikan CVT sudah dalam kondisi baik perawatannya. CVT harus kering dari kontaminasi si bocor dikarenakan bisa menguap hingga terkena roller atau v-belt atau kampas ganda yang menyebabkan tenaga tidak maksimal. Komponen di atas harus kering tetapi pada bagian bos dengan rumah roller tetap harus basah.

Pieceslide gojak harus diganjal menggunakan plat atau seng dari bekas wadah penetran atau chainlube. Roller harus berpindah dengan lancar harus dipastikan kondisi pergerakannya bersih. Penggunaan roller tanpa diganti dengan yang lebih ringan bisa diakali dengan membalik posisi roller. Dengan tumpuan Roller yang lebih runcing maka pergerakannya akan terhambat dimaksudkan untuk menaikkan torsi sebelum kecepatan naik.

Sedangkan bagian belakang bisa diakali pada bagian per CVT dan per sentrinya. PerCVT bisa diulur atau diganjal untuk menahan pergerakan v-belt. Demikian pula persentri diulur untuk mempercepat gerakan kampas ganda menempel pada mangkoknya. Dan pastikan pula laher puli dilumasi dan pengencangan mur 19 pun harus sesuai torsi agar pergerakan as dan puli lebih center dan lancar.


Berikut video saya upgrade CVT tanpa biaya.

https://youtu.be/Kw3NkDTDjVQ





Roller di balik akan menaikkan tenaga pada akselerasi, per sentri dulur atau diganjal kampas gandanya akan menaikkan tenaga pada awal jalan. Dan per CVT diulur untuk menaikkan tenaga pada RPM atas. Karakter ini harus diperhatikan agar setelah update jika terdapat kekurangan, cukup lakukan treatment sesuai dengan sparepartnya. 

Apabila ingin menaikkan tenaga RPM bawah tentu saja laukan perubahan pada bagian roller. Akan tetapi putaran atas akan berkurang tenaganya. Oleh karena itu, setiap kali upgrade pada komponen CVT harus dipertimbangkan komponen lain yang berhubungan untuk mendapatkan tenaga yang seimbang dari RPM bawah sampai dengan RPM atas.









No comments:

Post a Comment

Popular Post