Saturday, March 11, 2017

Part penyebab v-belt cepat putus

Penyebab Motor Tertahan di Putaran AtasPart penyebab v-belt cepat putus pasti di antara pulley depan dan belakang. pulley depan dan belakang yang oblak dikarenakan aus bisa mempeprcepat putusnya v belt dikarenakan pulley yang oblak bisa menyebabkan tekanan yang tidak merata pada v belt. Gejala bunyi yang tidak normal pada cvt harus segera ditangani. suara merupakan awal dari kausan yang tidak normal. kausan yang dibiarkan akan menjalar dan akhrinya penggantian akan sangat mahal karena berantai.

Menyebalkan memang jika tiba tiba v belt putus di jalan. untuk kondisi normal v belt bisa bertahan di sekitar 30 rb km. sedangkan untuk jadawal pembersihan 8000 km dan untuk penggantian setiapp 24000 km. dan yang perlu disalahkan adalah anda sendiri dan tentu saja bengkel langganan. seharusnya dengan kesadaran bengekl selalu mengecek kondisi v-belt akan tetapi biasanya orang yang sulit disuruh ganti karena harganya yang mahal.

baca juga artikel ini

Selain kondisi v belt yang sudah di luar kadaluarsa. ada pula penyebab v belt sering putus. penyebabnya adalah pulley depan dan belakang yang sudah mulai oblak. untuk oblak pulley depan dapat dirasakan tenaga motor yang mulai menurun pada tarikan rendah. kemudian untuk oblak belakang tidak begitu dirasa apabila tidak ada suara abnormal. akan tetapi pada awal kerusakan seal yang menyebabkan oblak pada pulley belakang ini terasa v belt yang selip atau getar. getaran ini bisa terasa pada angkatan dan seringkal timbul bunyi.

cek video tanda v belt harus diganti sebelum putus di bawah ini.



v belt yang mudah retak akan menyebabkan mudah putus pula. penyebab retak ini karena panas mesin yang menyebabkan v belt menjadi keras. akan tetapi pada kondisi  pulley yang oblak pada bagian belakang yang sering kali tidak terasa gejalanya akan menyebabkan v belt hanya berumur 3 bulan saja.

namun demikian, pada kondisi tertentu V-Belt bisa dipending dulu penggantiannya dengan trik membalik v belt. kerusakan v belt antara sisi kanan kiri sering beda. keausan sebelah kanan atau dalam lebih cepat karena pergeseran rumah roller. sedangkan sebelah kiri tidak begitu berat karena kipas stagnan. berikut ini video ngakali v belt retak retak untuk aman dipakai dulu




Pilihlah bengekl langganan yang mengecek semua kondisi cvt. wajibnya dicek setiap 8 rb km dan diganti setiap 24 rb km. kerusakan pada bagian cvt pasti ditandai suatu gejala yang tidak normal seperti getaran maupun suara. Oleh karena itu, tanyakan pada bengkel langganan atas apa yang dirasakan. kadang pula bengkel kurang memahami keluhan sobat yang seringkali menjadi masalah komunikasi menjadi penting seperti putusnya v belt.


Penyebab Motor Tertahan di Putaran Atas

Sebaiknya untuk masalah mesin jangan dibiarkan dengan part rusak. dikarenakan pada mesin sobat bisa saja tidak memahami cara kerja dan masa aktifnya. apalagi pada bagian cvt yang notabene kering tanpa ada pelumasan secara otomatis. Tanyakanlah perawatan apa yang bisa dilakukan konsumen untuk menjaga motor lebih awet dan salah satu yang bisa sobat kerjakan adalah membuat rincian setiap kali servis agar pengecekan dan perbaikan tidak terlewatkan.

Jika v belt putus yang lebih cepat dari jadwal dikarenakan part cvt mulai aus, maka sebaliknya jika part cvt bagus maka v belt akan lebih awet. Berikut ini motor vario 150 yang sampai 70 ribu km, v belt masih belum putus walau kondisi retaknya sudah dalam dan luar.


Eksperimen ketahanan v belt saya uji dengan menggunakan oli mesin dan air sumur. Kondisi air dan oli yang jauh berbeda akan menghasilkan kerusakan yang beda pasa v belt, apakah mungkin? Sudaj disiapkan sebotol oli bekas dan sebotol air sumur akan digunakan sebagai media kontaminasi terhadap v belt dan diremdam dalam waktu 7 hari. Seperti ini hasilnya.



Kondisi ini mengindikasikan pada waktu motor matik sobat terdapat rembesan dari oli mesin pada cvt yabg tentu saja bisa mengenai v belt. Dan kondisi lain yang direndam air mirip dengan kondisi motor yang kehujanan dimana uap air masuk ke dalam ruang cvt dan atau kondisi banjir. Efek yang terjadi pada v belt dengan kondisi ini mungkin tidak signifikan karena waktu eksperimen kurang ekstrim. Dan pula ketika kondisi real maka keausan yang rerjadi terutama fokus pasa roller dan rumah roller apa bila cvt rembes oli atau grease dan ketika pula kehujanan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa kunjungi air pranant channe san subscribe untuk penyemangat eksperimen berikutnya.
salam
rumput teki channel
bongkar dulu pasang kemudian blogspot

4 comments:

  1. Kalo panas mesin berpengaruh ,,apa mungkin dari gear box nya ?
    Soalnya v belt baru beli 1 hari langsung putus.
    Kenapa yaa gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikarenakan pulinya gojak baik puli depan atau puli belkang,

      Delete
  2. Saya baru ganti fan bel tdk lama kemudian fan bel nya pecah baru satu jam jalan apa penyebabnya

    ReplyDelete
  3. Bos.. .Mau tanya dikit.. KLau motor metik pas angkatan nya. Gak ada tenaganya. .tu minta ganti apa bos..

    ReplyDelete

Popular Post