Saturday, June 10, 2017

penyebab mesin honda beat berisik

penyebab mesin honda beat berisik disebabkan keausan pada bagian cvt apabila ditasakan suara berasal dari mesin sebelah kanan. penyebab mesin honda beat berisik lainnya bial suara berasal dari kanan maka kerusakan terjadi pada kipas pendingin yang oblak. Dan apabila dirasakan suara berasal dari tengah dan terasa menumbuk maka penyebab mesin honda beat berisik ini berasal dari mesin bisa poros engkol atau laher noken as.

penyebab mesin honda beat berisik yang akan dibahas pada kesempatan ini berasal dari bagian kiri mesin tepatnya di area cvt. penyebab mesin honda beat berisik dari area cvt bisa berasal dari beberapa part utama, roller aus, atau laher tutup cvt yang aus, bisa pula laher driven face.

perbedaandari suara ini bisa dianalisa menjadi beberapa bunyi antara lain, bunyi tek tek ketika stasioner, bunyi ketika angkatan, bunyi mendengung.

sebagai tindakan awal pastikan suara dari sebelah kiri mesin, jika suara dari kanan maka dipastikan kipas tdak gojak seperti video di bawah ini.



lebih lanjut jika suara dari mesin kanan mash tersisa kemunkinan kerusakan pada bagian seher atau stang sehernya. namun jika sobat bisa memastikan suara dari sebelah kiri maka permadalahan dari roller. penyebab suara roller muncul klotok klotok kita bahas bersama di bawah ini.

baca juga artikel lain
Cara Pembersihan CVT Matik Honda
cara membuka laher bearing cvt Honda
cvt vario bunyi klotok klotok

Permasalahan suara pada cvt, bunyi ketika stasioner terdengar tek tek juga kmirip klotok klotok berasal dari puli depan. bisa hanya sekedar pieceslide kendor, bisa pula roller aus dan yang tidak diharapkan adalah keausan. suara ini akan muncul ketika part sudah parah. oleh karena itu, sebaiknya dilakukan pengecekan setiap 8 rb kam untuk memastikan kondisi aman.

untuk bunyi mendengung bsia berasal dari laher driven face. Untuk menganalisa kerusakan ini bisa dengan memutar roda belakang. bunyi yang dihasilkan ini mendindikasikan laher driven face sudah aus. Kemudian suara kretek kretek timbul hanya pas angkatan saja. untuk menganalisanya bisa menekan tuas rem belakang secara penuh dan dilakukan bukaan gas hingga kerasa motor akan jalan. kondisi ini akan memperjelas keausan dari laher driven face ini.

Penyebab Mesin Honda Beat Berisik


Kerusakan yang sering terjadi pada awal fase yaitu pada pieceslide. Daya mesin yang tersalur ke bagian puli depan pastinya bergerak melalui ramplate - sidepiece dan roller - rumah roller barulah ke v belt. Kondisi sidepiece dan roller biasanya tidak jauh beda karena kedua part ini menjadi tumpuan utama, roller menjaga tekanan aksis dan sidepiece diberi tekanan secara radial.

Harga part bervariasi terutama sesuai kode atau bawaan motor, model beat ini beberapa part bisa dipakai seprti gambar di bawah ini.
Untuk review part dan bagaimana perbaikan mesin



Perbandingan jumlah roller dan pieceslide tentunya akan menghasilkan keausan sidepiece yang lebih cepat aus. Walaupun demikian, suara yang ditimbulkan oleh keausan sidepiece tetap lah sumber suaranya dari roller. Tekanan yang dihasilkan oleh roller yang peyang pastinya akan menyebabkan piecslide cepat aus dan pula demikian. Apalagi jika kerusakan pada rumah roller dan bos yang sudah aus pasti tekanan yang dihasilkan tidak akan merata pada roller dan sidepiece maka kedua part ini akan cepat aus.

Untk menghindari rusaknya part seperti laher, roller dan v belt lebih dini bisa dilakukan dengan pembersihan dan pemberian grease kembali di tempat yang dibutuhkan selain motor akan awet juga akan menghasilkan tenaga yang lebih enak. Tempat yang dimaksud seperti bos dan rumah roller, laher driven face, kick start, dan haram memberi grease pada roller karena malah roller akan cepat aus. Roller harus tetap berputar di dalam rumah roller agar leausan merata, bagaimana jika roller licin sob?

Bagian bos rumah roller yang harus diberi grease agar licin berbanding terbalik dengan roller yang diberi grease. pemberian grease pada  roler bisa menyebabkn roller cepet aus sebagian karena roller tidak mau berputar. berikut contoh terjadinya masalah karena roller yang terkena grease.



Roler harus bersih sehingga dibutuhkan pelumasan yang benar ada bos rumah roller agar tidak mudah peyang. contoh sederhana awetnya roller dengan perawatan yang baik seperti video di bawah ini.

 
https://youtu.be/RFcIsaL1Wps

Dengan timbulnya suara  mesin honda beat berisik ini maka perlu dicurigai kerusakan utama, penyebab dan tentu akibatnya. sebagai part utama penyebabnya adalah mengeringnya grease pada bos dan rumah roller mengakibatkan gojak. kemudian roller menjadi peyang karena tekanan yang dihasilkan oleh rumah roller terhadap roller tidak merata. dengan tekanan yang tidak merata ini maka timbul pula keausan pada v belt.

Penggunaan grease harus seksama dan pula gunakan yang bawaan pabrik sepetti review di bawah ini.
https://youtu.be/ludy_JsRhKw

perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi penyebab mesin honda beat berisik pada kondisi lebih parah antara rumah dan bosnya maka dilakukan dengan penggantian seprti rumah roller dan bosnya, dan tentupula v belt + roller. V belt yang berputar dengan rumah roller yang gojak pasti akan terlihat retak retak pada bagian luar geriginya. Hal ini disebabkan tekanan yang tidak merata v belt oleh rumah roller yang gojak. pembelian belt dan roller ada yang dibungkus satu set. dengan part yang satu set ini maka harga lebih murah daripada beli secara terpisah.

bos roller yang digunakan harus sesuai tipe motornya. terdapat 3 jenis bos rumh roler, kvb, kvy dan k44 denga panjang selisih 2 mm. bos kvb hanya dipakai oleh vario 110cc striping pertama. selanjutnya bos rumh roller kvy untuk tipe matik 110 cc sampai dengan tipe sebelum esp.  sendiri enggunakan bos k44. perbedaan bos kvy dam k44 sebagai berikut
semoga artikel penyebab mesin honda beat berisik ini bermanfaat dan menjadi kepedulian terhadap motor masing masing.



https://youtu.be/0O5iC802NRw

Selain pada cvt, penyebab berisik pada mesin juga bisa dari sumber tenaga. Suara ngelitik bisa berasal dari suara klep longgar dengan penyetelan standar akan menjadi lebih halus. Apabila mesin masih ngelitik kemungkinan klep mengalami kerusakan pada ujung yang bertemu dengan stelan klepnya. Jika klep sudah dikencangkan lagi bisa menghasilkan suara lebih halus. Apabila suara masih keras bisa berasal darj seher yang baret.

Namun demikian, analisa awal diatas sebenarnya tidak berlaku jika paham dengan suara antara klep dan seher. Klep suara lebih rapet dan kecil ringan, berbeda dengan seher yang lebih ngebas. berikut ini video pembahasan kerusakan klep dan seher.



salam
rumput teki channel
bongkar dulu pasang kemudian blogspot.com

semoga artikel

instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

blog
http://www.rumputteki.com 

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki

40 comments:

  1. mas kerja d bengkel mna ya mas,
    sya pngeb service kaya yg d video,
    mau bersihin throtle body dll

    bsa sya hubungi via apa ya mas??

    ReplyDelete
  2. Bro, kalo beat fi pake per cvt pcx dan per sentri zoomer gimana ya hasilnya?

    ReplyDelete
  3. Mas ini motor saya vario 110 (lama thn 2010) tiap di nyalain muncul bunyi tek tek, di gas kenceng tambah kenceng bunyinya. Padahal sudah ganti rumah roller + v-belt masih belum sembuh juga. Kira2 penyebabnya apa ya mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suara itu dari kick starternya. Soalnya motor saya pernah gtu setelah ganti roller dan per cvt. Tpi lama2 suaranya hilang sendiri.

      Delete
  4. Tidak pasti dari area cvt mas, coba diperhatikan kembali arah suaranya dari sebelah mana

    ReplyDelete
  5. Mas motor saya beat th 2016 bunyinya kasar banget srak srak di bagian transmisi.. Itu masalahnya apa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sekedar laher bambu, jarang bermasalah di laher transmisi,

      Delete
  6. beat saya esp 2015 mas sebelum servis ya aman blm bunyi kayak dengung nguing2 gitu tp kalo di gas itu hilang bunyi nya sama satu lg itu cvt saya bunyi tek tek katanya roller dan saya ganti roller masih bunyi itu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain dari roller bisa juga karena rumah roller dengan bosnya gojak, soal bunyi nguing nguing ini akan hilang dengan sendirinya

      Delete
  7. Magelang ya mana mas, saya Jogja, siapa tahu saya pas main ke Magelang bisa mampir. Sama sekalian mau konsultasi mengenai matic

    ReplyDelete
  8. Mas,saya beli vario 150 mei 2017. Service dan ganti oli rutin dan teratur. Tidak pernah telat dan selalu dibawa ke bengkel resmi.
    Tapi suara mesin motor saya kasar dan seperti motor yg sudah dipakai bertahun2. Ketika menekan rem sampai motor berhenti juga terdengar bunyi keletak keletok di bagian belakang motor. Ketika saya tanya ke mekanik bengkel ahass,jawabannya sepele. Masuk air katanya. Sangat menjengkelkan. Jawabannya ga masuk akal. Masa bunyi begitu dibilang kemasukan air. Tolong sarannya dong. Saya jadi ragu sama bengkel ahass ini. Takut motor saya dipreteli. Baru beberapa bulan beli rasanya kaya udh pake motor lama. Kasi saran dong mas kira2 saya harus bilang apa ke mekaniknya buat periksa motor saya ini. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo suara kletek2 gejala awalnya karena stasioner kekecilan mas, sebaiknya stel stasioner std saja dan pula bisa tambah ganjel piecslide jika kelihatan aus,

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  9. Saya mau tanya om. Saya punya beat fi. Ada suara kltrok kltrok di bagian sebelah kanan. Setelah saya stel ulang klep. Suara itu tetap tidak ada perubahan masih kltrok kltrok. Setelah saya dengar baik baik suara itu ada di bagian injektor yg bagian tengah. Itu apanya yah om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tik tik itu injektornya mas,kalo selain injetor klep mas stelan std 0,15 in dan ex nya,

      Delete
  10. Suara itu kaya ada di bagian kanan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo kanan coba cek bos kipasnya sudah gojak belum,

      Delete
    2. Klo kanan coba cek bos kipasnya sudah gojak belum,

      Delete
  11. sama seperti saya dibagian kipas sebelah kanan bunyi seperti ngericik berisik banget mas dibongkar diahass katanya normal semua tapi bunyi tetep masih ada kira2 itu aoanya yah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gemricik coba stel klepnya dulu main std saja mas

      Delete
  12. mas mau tanya, motor saya beat fi 2014. tempo hari udah pernah ganti stang seher + seher, setelah penggantian tsb berjalan 2bln suara motor saya ngelitik pada bagian tengah. sudah ganti rantai keteng + tensioner dan sudah stel klep tapi suaranya masih ngelitik. bagaimana cara mengatasinya agar suara tsb tidak ada dan suara dari bagian tengah tsb kembali normal mas? mohon pencerahannya mas terimakasih.

    ReplyDelete
  13. Mas mau tanya dong .saya tanya sampai 3 bemgkel dan jawaban pun sma motor normal.padahal keluhan saya motor saya beat di 2014. di rpm 50 km keatas bunyi nging nging gtu mas setiap rpm tinnggi bunyi muncul di cvt .apanya yaa mas? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sulit ni mas, bunyi nging memang sulit dicari.paling mudah kletek2 soalnya bunyi seperti ini timbul karena part yang terlalu berhimpitan, bisa dari gearbox, v belt, hubungan antara 2 yan saling bersinggungan. Gak ada kerusakan kok ini. Coba saja cuci beltnya mas, pake sabun deterjen, dan bilas yang bersih sampai beltnya kesat

      Delete
    2. Persis banget nih mas problemnya dengan vario karbu 2010 punya istri saya.speed di bawah 50 km/j adem,naik kr 50 km/j mulai dah bunyi nguing nya datang.makin ke atas makin nyaring bunyinya...
      Speed diturunkan di bawah 50 km/j eh nguingnya ilang...
      Apane ya itu penyebabnya ???
      Bingung mode ON

      Delete
    3. Sulit memang mas, ngingnya ini juga seberapa kerasnya... Gak ada klu ni mas, dulu sih pernah di motor baru mas, masalah digardan, kalo sudah jalan gini kadang masalah belt baru saja jadi bunyi dengung,

      Delete
  14. Mas. Mau tanya. Motor saya beat f1 2015. Ada bunyi bunyi kletek kletek gtu setiap tarik ulur gas mas. Itu knp yaa mas. D bagian mesin tengah mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Piecslide kendor mas, cek artikel ya dgn hastag bunyi klotok klotok

      Delete
  15. mas mau tanya dong saya punya beat 2014,kalau d bawak jalan di bagian kanan (kipas tepatnya) berisik gt mas. itu apanya ya kira2 mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibagian ini letak sirkulasi mesin, banyak suara mengumpul di area itu, bisa stelan klep yang kendor, atau kipasnya yang gojak, suaranya neda sih mas,

      Delete
  16. Mas beat fi tahun 2013 kok bunyi ngerik kaya jangkrik keras waktu jalan pelan kenapa ya kalo kenceng bunyinya ilang tp kalo pelan bunyi lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas..ssudah ke ahass jg katanya normal..😈
      Saya v125 kemricik lah getar sampai pantat kalo di rpm skitar 20-40 ..
      geol2 jg
      motor baru..

      Delete
  17. mas.numpang nanya knpa ya motor beat fi esp ku kurang tenaga terasa lemot apalagi di tanjakan...

    ReplyDelete
  18. Numpang tanya. Honda beat street saya kalau buat nge gas terus lepas gas pas mau ada polisi tidur kok diakhir2 ada hunyi tek tek tek tek tek ya kenapa ? Motor baru padahal

    ReplyDelete
  19. misi mas, butuh pencerahan, beat fi 2018 saya klo di buka gas saat jalan, keluar suara ngorok (dari arah bawah tengah, bagasi). saya curiga box filternya, cuma ga ngerti kenapa. kira2 kenapa ya? soalnya ganggu banget suaranya, klo lg jalan

    ReplyDelete
  20. Mas Kalau motor beat fi thn 2016 bunyi mesin kaya desel Itu apanya ya Mas???

    ReplyDelete
  21. Mass saya punya beat karbu baru beres ngolter di bagian kipas ada suara tek tek tapi kada ada kadang ngga ada ,itu apanya yaa.?

    ReplyDelete

Popular Post