Monday, June 19, 2017

Rantai keteng supra x 125 berisik

Rantai keteng supra x 125 berisik bisa dikenali seperti suara tek tek tidak beraturan dengan lebih keras pada posisi mesin dingin dan akan lebih berkurang intensitasnya ketika mesin lebih panas. Rantai keteng supra x 125 berisik dikarenakan 2 faktor utama rantai keteng aus atau tensioner( lifter) melemah. Kondisi ini dapat dipastikan dari kondisi tensioner kebenarnya.

pemahaman tentang keluhan Rantai keteng supra x 125 berisik bisa dianalisa dengan memperhatikan suara di bagian kiri mesin yaitu bagian yang berkaitan dengan berdekatan rantai keteng. suara mesin memang diklasifikasikan berbagai macam, misalnya, menumbuk, gemretek, abnormal, dll. khusus untuk masalah di rantai keteng untuk motor dengan model silent chain, seperti supra x 125, neotech series, matik series ini suara yang dihasilkan tek tek berdurasi tidak pasti. suara Rantai keteng supra x 125 berisik bisa berkurang pada kondisi mesin panas.

baca juga artikel lain

setelah menenal suara yang ditimbulakan oleh Rantai keteng supra x 125 berisik in maka selanjutnya menganalisa kerusakan. tidak semua rantai keteng yang berisik berasal dari keausan rantai keteng tetpai masih terdapat part yang paling bertanggung jawab pada masalah gemretek tidak beraturan ini adalah lifter assy atau camchain tensioner.

langkah pertama yang bsia dilakukan untuk mengamati part apa yang tidak norml sebgai sumber suara ini maka lepas lifter assy tensioner ini dengan menggunakan kunci T 8. secara otomatis maka tensoner akan tertarik ke atas karena tekanan per di dalamnya. pengecekan kondisi kamrat sekedar menghitung tinggi kebebasan tensioner. dikatakan rantai kamrat aus jika celah ini hanya sekitar 1 mm. untuk rentak normal adalah 2 sd. 5 mm.

pada kondisi salah pasang bisa tegangan naik hingga lebih dari 5 mm. ketinggian tensioner dalam kondisi bebas ini sangat efisien untuk mengecek kondisi rantai keteng.

jika rantai kamrat sudah dinyatakan masih baik maka solusi untuk memperbaiki Rantai keteng supra x 125 berisik ini adalah mencuci tensioner dan bila perlu melakukan pembongkaran agar kebersihan tensioner lebih baik lagi.

cek video Rantai keteng supra x 125 berisik ini di bawah.




pencucian tensioner dilakukan dengan membenamkan ke dalam bensin dan lakukan penarikan tensioner dan lepas kembali. langkah ini dilakukan agar kotoran kerak oli pada tensioener mudah hilang. Lakukanlah beberapa kali hingga kerak mulai menghilang dan seiring dengan ini maka tekanan tensioner akan lebih keras.

cara membongkar tensioner bisa dilihat pada video di bawah ini.



jika kepaksa harus ganti rantai kamrat krena sudh terlalu molor atau tensioner karena patah pernya bisa dilakukan cara membuat tensioner manual sebagai solusi sementara.
pbuatannya simpel hanya bermodl baut 10 dan 2 buah murnya dengan panjang 7 mm pasti pas. video pembuatan tensioner manual di video bawah ini.
https://youtu.be/hT3Z_vjWnq8

masalah ini juga sering terjadi pada motor vario 110 dengan keluhan bunyi tek tek ketika staioner yang tidak stabil.
https://youtu.be/QXF5Y77Ue9k

semoga artikel Rantai keteng supra x 125 berisik ini bermanfaat dan silakan untuk dicoba sekedar mengecek kondisi dari rantai kamrat. semakin rentang tensioner dan mesin kecil maka semakin aus pula rantai ketengnya. salam

Nbiar sobat gak kecewa kalo model kampratnya pakai jenis supra yag silent chain. Berikut ini perbaikan mesin berisik yang bertipe roller camchain yang pakai roller buat alur kampratnya. Suara mesin benar benar berisik ambyar kayak mesin jahit. Tapi cuman masalah rantai kamprat saja. Jangan salah analisa coba dulu ganti rantainya. Berikut analisa dan cara perbaikannya.
 

instagram

No comments:

Post a Comment

Popular Post