Wednesday, June 21, 2017

persiapan mudik dengan motor matic jarang servis

persiapan mudik dengan motor matic jarang servis tentunya akan membahayakan pengendara. bagi sobat yang ingin mudik menggunakan motor matik sebagiknya dicek terlebih dahulu ke bengkel langganan sobat. untuk harga servis dan partnya mungkin akan mengagetkan dimana diketahui banyak part matic ini yang mempunyai jangka waktu tertentu untuk penggantiannya apalagi motornya jarang masuk bengkel. untuk itu perlu untuk persiapan mudik dengan motor matic jarang servis agar tetap nyaman berkendara di jalan yang ratusan kilometer tentunya juga keselamatan sampai ditempat tujuan.

beberapa part yang terdapat motor matik yang tidak ditemui di motor kopling basah yaitu part cvt, oli gardan, dan air radiator tentunya. bagian cvt ini pasti akan menguras kantong lebih dalam daripada part lainnya. pembengkakan biaya pada bagian cvt ini pasti akan besar karena kalo jarang dibuka pasti pelumasan juga tidak dilakukan.

baca juga artikel lain.


sebagai contoh motor vario 125 old ini akan digunakan sebagai motor untuk persiapan mudik dengan motor matic jarang servis. bisa dilihat dari kondisi air radiator saja sudah kehabisan pasti motor ini sudah lama tidak diservis.part lain untuk mesin seprti busi, oli mesin, filter udara dan oli gardan harus dilakukan penggantian pula. untuk keamanan pasti dilakukan pengecekan bagian rem, dalam hal ini rem belakang mengalami keausan yang dalam.

kemudian untuk hal penting lainnya untuk persiapan mudik dengan motor matic jarang servis yaitu lampu lampu. selain berguna untuk keamanan juga berguna untuk menangkis tilang polisi. dalam hal ini lampu depan vario 125 old ini mudah putus lampu begitupula dengan lampu belakangnya.

persiapan mudik dengan motor matic jarang servis paling utama adalah bagian cvt. dilihat dari kondisi kotornya ruang cvt sudah pasti dipastikan motor ini jarang dilakukan pembersihan cvt. par yang perlu dicek antara lain, retak di belt, roller, pieceslide, bos dan rumah roller, kampas ganda, laher tutup cvt, laher driven face, rumah kampas ganda dan paling penting adalah kondisi seal puli belakang seal ini terdiri dari 4 buah seal yang menjaga grease puli belakang. 

untuk mengecek seal puli belakang ini cukup mudah hanya memperhatikan terdapat grease pada bagian belt atau bagian ruang cvt di bagian belakang. jika terdapat grease pada bagian ini pasti dipastikan bahwa seal puli belakang sudah rusak. dengan habisnya grease ini pasti akan mengauskan bagian driven face dan movable driven facenya. akibat lebih lanjut bisa mempercepat putusnya belt.

simak video persiapan mudik dengan motor matic jarang servis di bawah ini.

Video akan segera menyusul.

Cek motor yang knalpotnya nembk nembak meletup pengecekannya secara lengkap sampai ke hal yang sepele tapi bikin brekele.


 https://youtu.be/-S2wK0UF3nA

semoga artikel persiapan mudik dengan motor matic jarang servis ini diperhatikan sobat semua yang mau mudik maupun yang jarang servis ke bengkel mengingat pentingnya perawatan sebelum mengalami kerusakan bahkan kecelakan. tetap aman di jalan dan semoga selamat sampai tujuan.

ig @rumputtekichannel
rumput teki channel on youtube

No comments:

Post a Comment

Popular Post