Tuesday, March 21, 2017

Pemundur shock vario 125 aman?

Pemuncdur shock difungsikan untuk menurunkan shock belakang dengan harapan motor lebih pendek dan shock lebih empuk dengan kontruksinya yang menjadi lebih miring. Akan tetapi, tidak demikian pada fungsi setelah digunakan. Shock terlihat kaku dan psngundur shock bergerak sesuai pergerakan shock. Pemundur ini tidak memenuhi syarat untuk menjadi pemegang shock belakang yang seharusnya bebas pada ujung shock belakang. Apa yang akan terjadi bila terus digunakan?

Kegunaan dari shock belakang akan lebih lembut jika digunakan kemiringan lebih. kemiringan ini harus diberi ruang gerak karena perubahan sudut ketika shock memanjang dan memendek. Oleh karena itu, bagian ujung shock yang mengait pada rangka selau diberi karet. karet ini sangat berguna untuk memindahkan gaya dari rangka ke peredam kejut.

baca juga artiekl lain
cara setting altitude honda vario 125 & 150
Cara Reset ECU dan TP Vario LED 125 & 150
 jadwal penggantian spare part vario 125

pengundur shock belakang ini tidak dilengkapi karet sebagai engsel, berbeda dari shock bebek, shock  belakang honda matik tidak memiliki bos atau karet penghubung rangka dan  sehingga tidak ada peredam pergerakan dari shock belakang. hal ini akan berakibat fatal jika dikendarai dalam kondisi jalan yang tidak rata atau kubangan air. dikarenakan sangat mungkin shock belakang patah.

Lihat video Pemundur shock vario 125 ini kelebihan dan kekurangannya.

Video dalam perbaikan. Berikut video tentang bahaya pemasamgan per shock yang terbalik.


https://youtu.be/pEEXLnJeUUY
Bahaya Pasang Per Shock Terbalik

Pemasangan per shockbelakang yang terbalik akan menyebabkan bahaya ketika shock belakang ini terkena tekanan yang besar secara spontan. Per yang rapet bisa menyebabkan pergerakan yang besr yang sangat memungkinkan shock belakang patah.

Beda halnya dengan shock belakang, shock depan mempunyai permazalahan yang berbeda dengan per renggng dan rapet ini. Masalah per ryang terbalik tidak sampai dengan masalah keamanan tetapi pada empuk dan kerasnya shock. Dimana ruang udara yang dihasilkan per shock yang setandar sesuai bawaan pabrik sudah disesuaikan dari pabrik. Pemasangan yang terbalik akanmenyebabkan ruang udara di atas oli akan berbeda pula. Drngan per yang rapet di bawah ditujukan untuk meninggikan oli sehimgga absorner tidak bermasalah dalam fungsinya.

Kembali pada permasalahan sambungan shovk belakang ini, bahaya patah mungkin bisa dihindari dengan pemasangan yang tidak kencang seperti ini akan tetapi juga malahan shock belakan terasa lebih keras. Hal ini disebakkan ada space antara shock dengan mesin yang mengakibatkan terasa jedog.

Pengundur shock ini memang bisa menjadikan shock terlihat lebih kece tetapi dari fungsinya sama sekali tidak disarankan karena akan membahayakan diri sendiri. untuk menurunkan motor bagian belakang bisa digunakan shock belakang milik vario attau beat sebagai part pengganti. keamanan dari pemakaian shock belakang ini dijamin dan sudah banyak digunakan sebagai part penggnati shock belakang yang dirasa terlalu tinggi.

demikian artikel Pemundur shock vario 125 aman? kali ini semoga bermanfaat

salam,
bongkardulupasangkemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post