Sunday, March 5, 2017

cara menyetel klep beat fi agar tarikan kencang

cara menyetel klep beat fi tarikan kencang ini dilakukan untuk motor ESP yang diraskan kurang tenaga pada putaran rendah. Orang sering membandingkan tenaga beat fi degnan beat esp bhawasannya lebih enteng tarikan beat fi. dengan trik stelan klep dengan settingan yang masih dalam standar bisa menaikan akselesari menajdi lebih baik.

Memang ada perbedaan dengan setingan pada cvt antara beat fi dan beat ESP. Pada beat fi memiliki kelebihan pada putaran rendah ke tengah lebih enteng akan tetapi lemah pada putaran tinggi. sebalinya untuk beat ESP memiliki tenaga yang lemah pada angkatan dan lebih bertenaga pada putaran tinggi. Oleh karena itu, banyak dikeluhkan bahwa beat ESP ini meiliki tarikan yang lemah dan tenaga menanjak yang lemah pula. dengan demikian, dibutuhkan cara menyetel beat fi agar tarikan kencang

baca juga artikel lain
cara membersihkan throttle body dan setting injeksi honda beat
Trik Ganti lampu depan beat meleleh tanpa buka cove
Penyebab getar pada matic honda beat, scoopy, dan vario

Untuk menangani keluhan ini dibutuhkan penyetelan yang mumpuni pada beat injeksi ESP. beberapa orang tidak bersabar dengan stelan standar maka dilakukan perombakan dengan mengganti kenalpot variasi yang malahan berujung pada suara nembak nembak pada knalpot. tidak jarang pula yang membuat tenaga ngedrop karena arus buang yang cepat membuat campuran bahan bakar menjadi miskin.

cara perombakan cvt pun dilakukan untuk menjadikan tenaga beat ESP garang pada angkatan. beberapa merekomendasikan roller yang ringgan dan dengan penggantian per cvt dari 1000 rpm hingga 1500 rpm. Akan tetapi, perubahan ini tentu akan menjadikan motor tidak standar lagi dan cenderung part pada cvt akan lebih mudah rusak. Dengan demikian dibutuhkan penyetelan standar yang tepat agar motor tarikan lebih kencang dan tidak merusak part.

dibutuhkan cara menyetel klep beat fi agar tarikan kencang untuk menghindari perombakan pada CVT. penyetelan beat injeksi ni dilakukan perubahan dari standar 0,15 mm untuk klep in dan ex. untuk menjadikan tarikan lebih enteng dibutuhkan celah pada klep in yang lebih lebar. dan sebailknya untuk menjadikan motor 110 cc ini lebih bertenaga.

simak video di bawah ini untuk cara menyetel klep beat fi agar tarikan kencang dengan sempurna.



Stelan klep setandar untuk beat fi klep in 0,15 mm dan klep ex 0,15 mm sedangkan setelan setandar untuk klep beat esp klep in 0,12 mm dan klep ex 0,18 mm. Untuk memberikan putaran akselerasi yang nyaman seimbang atas bawah maka kedua klep bisa direnggangkan sampai 0,02 mm atau lebih sampai dengan 0,05 mm tetapi suara mesin lebih berisik.

Berikut ini review setelan klep honda beat esp 2019 yang baru brojol dari pabrik.



Namun demikian setelah beberapa tahun penggunaan malah lupa untuk menyetel klep hingga berisik dikeluhkan sama pengguna. Kemudian barulah setelah 50 k km barulah disetel kembali walau sebelumnya servis di beres belum tentu di stel klepnya. Jadi soal setel klep diminta saja standarkan kembali seperti video di bawah ini.


Untuk menghasilkan putaran bawah yang lebih bertenaga maka perlu dinaikan kerenggangan pada klep in nya. Pada kondisi mesin dingin bisa dinaikan kelp in menjad 0,18 mm sedangkan kelp ex tetap untuk menghasilkan tarikan yang kencang. sedangkan untuk mesin panas bisa dinaikan sama sama 0,02 mm. Cobalah hasil kerjanya dan perhatikan kenaikan tenaga pada putaran bawahnya. akan tetapi dengan penyetelan ini akan menghsilkan kelemahan pada putaran atas.

untuk motor matik yamaha bisa dilakukan penyetelan pada video di bawah ini.


https://youtu.be/IPvAQUgOX5c

Sering kali nyervis klep nyetelnya kondisi panas alhasil klep standar jadi kenceng saat kondisi mesin adem. Kesalahan ini dilakukan malah oleh beres jika dilihat reminder servis terakhir di bawah jok. Brrikut vidio stelan klep 0,1 kenceng untuk in dan 0,1 kendor untuk ex yang seharusnya 0,12 dan 0,18 dengan seharusnya limit 0,02 mm dari std.



semoga artikel cara menyetel klep beat fi agar tarikan kencang ini bermanfaat.

salam
rumput teki channel
instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel

blog
http://www.rumputteki.com

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki

16 comments:

  1. Om kalok untuk vario techno 125 fi itu lebih enk di stelan brapa

    ReplyDelete
  2. Om klo untuk aerox 155 dengan api busi diperbesar dari standar agar tarikan bawah sampai atas enteng, pake berapa ya. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas pake busi side gap atau yang projected, agak lancip di depan,

      Delete
  3. Mas klo idle scoopy fi geter parah itu kenapa ya? Sebelumnya sih getaran idleny gk parah tapi setelah nerobos banjir ampe mati mesin bsknya idle geter parah itu kira" gmn mas ya? Makasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nerjang banjir sih yang bisa kena pada filter, cob busi, sambungan sistem injeksinya,
      dan pula cvt, nah kalo di cvt ni getarnya mesin langsamnya bagus tapi getar.

      Delete
  4. Mas untuk Vario 110 fi,lampu LED.
    Untuk top di motor saya kq gak bisa sejajar dengan karet kop/seal.bagaima solusinya mas???.
    Kalo pas sejajar baut setelan klep gak bisa kendor.dan untuk kecepatan maximal 80km/jam,yg sebelumnya bisa Sampek 95km/jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tanda klepnya top overlaping tp bukan pas di top kompresi. Diputar satu putaran lagi biar sapet top kompresi. Nah tanda pas top yang kompresi itu klepnya bebas baru boleh nyetel klep

      Delete
  5. mas, berapa stelan klep nya beat esp untuk tanjakan, tarikan bawah dan tengah supaya responsif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mas makasih, besuk pas servis akan di coba, jadi in nya aja ya mas yg di naikkan?
      untuk ex tetap

      Delete
    2. iya mas, kalo direnggnakan akan menyebabkan motor mengelitik

      Delete
  6. Mas, berapa stelan klep beat esp untuk bepergian jarak jauh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. std sja mengingat panas mesin akan naik maksimal,

      Delete
  7. Buat Scoopy fi esp kerenggangan klepnya brpa iyaa biar lebih ringan nariknya,,buat standing" aja

    ReplyDelete
  8. Mas agar tarikan top speed klep,per klep pakai ukuran brp? Soal nya udh rombak cvt tarikan bawah nya njerit . terimakasih

    ReplyDelete

Popular Post