Sunday, April 2, 2017

v - belt putus

Penyebab  v - belt putus dimungkinkan berbagai macam sebab dan alasan. Sebab utama dari v belt putus adalah speedometer yang putus. Dikarenakan speedometer tidak jalan maka kita tidak bisa menghitung waktu dan jadwal pembersihan dan penggantian secara rutinnya. Kemudian alasan yang sering diberikan adalah lupa servis, tidak tahu jadwal pembersihan v belt dan penggantiannya tahunya hanya ganti oli saja yang diperlukan kayak motor manual saja.

Perawatan cvt sangat diperlukan untuk memperawet v belt dan menaikan performa mesi lebih agresif. Bisa ditebak jika putusnya v belt dikarenakan pemeriksaan kondisi v belt yang jarang dilakukan. pemeriksaan sendiri dilakukan setiap 8 rb km dan penggantian rutin setiap 24 rb km.

baca juga artikel ini

Putusnya v belt adapula yang belum waktunya dikarenakan kondisi part lain yang aus dan gojak yang menyebabkan tekanan pada v belt yang tidak merata. gojak dari puli belakang biasanya tidak dirasa oleh konsumen, hanya tahu bahwa kondisi motornya normal tanpa pembukaan v belt. akan tetapi pada pui depan yang gojak bisa diketahui dari kondisi mesin yang ngempos tidak bertenaga.

ketika v belt putus yang perlu diperhatikan adalah pemeriksaan kondisi dari puli depan dan belakang. apakah putusnya v belt ini sesuai umur waktu atau lebih cepat dari umur standarnya. Hal ini bisa diketahi dari puli depan belakang. cek ondisi rumah roller dan bosnya. dan belakang coba cek apakah puli nya gojak atau tidak antara muka puli yang menghadap pada v belt.

paling cepat diantara puli depan dan belakang yang bsia mempercepat putusnya v belt adalah puli belaknag yang aus. dalam penggantian puli belakang ini harus satu set antara driven face assy dan pula movable driven face. dan pula seal yang dibutuhkan. dalam kondisi ini seharusnya pelanggan jeli dari tenaga yang mulai menurun dan pastinya suara mesin yang mendecit ketika berjalan dan suara yang kasar ketika di gas mendadak.

ketika v belt putus akan aman jika dibuka bengkel yang mempunyai alat yang bagus. akan krodit jika bengkel yang terdekat tidak memiliki alat untuk membuka v belt. alih alih menolong tetapi tidak memiliki alat malah akan merusak mur. dan lebih parah lagi bisa membuat as oleng baik as belakang maupun as kruk. walau pada kasusu ini memaang tidak ada niat untuk merusak tetapi ini yang harus dihadapi.

tanda tanda v belt masuk waktu penggantian harus dicermati, bukan hanya retak tapi ada 3 hal penting yang harus diperiksa dengan seksama seperti video di bawah ini. 



Sebelum v belt dampai putus pasti diawali dengan kerusakan part lain. Keruzakan part cvt bisa dirasakan dari tenaga yang berkurang atau bunyi kasar. Video di atas termasuk bejo rusaknya rumah roller tidak berakibat sampai putusnya v belt.

penggantian v belt disesuaikan dengan kebutuhan terutama part yang mneyebabkan v belt putus. untuk harga sendiri v belt 110 cc dibandero di bawah 100 rb. akan tetapi untuk 125  sekitar 130 dan masih juga seperti roller akan lebih baik jika diganti bersamaan dengan v belt agar lebih enak dan awet. beluim untuk masalah puli. puli depan sepasang dibanderol harga 100 rb. dan sepasang puli belakang bisa mencapai 400 rb. 

perawatan yang tepat disesuaikan dengan jadwalnya untuk v belt ini yang setiap 8000 km akan memberikan efek awet dan tentunya performa mesin yang agresif. jika perlu selain penggantian oli, pembukaan cvt juga perlu diberikan jadwal sendiri karena ruang cvt yang kering tanpa pelumasan seperti halnya mesin basah.

semoga artike v belt putus ini bermanfaat dan menjadi pengingat sobat kapan terakhir membuka cvt.

salam
bongkardulupasangkemudian.

No comments:

Post a Comment

Popular Post