Sunday, April 16, 2017

Kode dan jenis busi motor honda

Kode dan jenis busi motor honda memiliki lebih dari 10 macam yang harus diketahui fungai dan jenisnya. Dari berbagai jenis dan kode busi banyak di variasi oleh denso dan NGK. Kedua merk ini menjadi suplier utama busi untuk semua motor honda injeksi. Akan tetapi kedua vendor ini ternyata tidak memiliki kode yang sama meskipun menyediakan untuk merk sama dan motor yang sama. Mari kita cek kode dan jenis busi motor honda yang bisa digunakan untuk motor matik dan bebek.

 Beberapa model busi memiliki bentuk yang berbeda. untuk model bentuk busi motor honda bisa dibedakan menjadi beberapa bentuk. Paling klasik busi milik grand dan supra yang miliki cc 100 ini memiliki bentuk busi klasik yang pendek pada ulirnya. kemudian busi motor GL neotek yang besar tetapi motor sport sekarang lebih mengguakan busi yang lebih kecil agar ruang dimaksimalkan untuk memperbesar ukuran klep.

baca juga artikel lain.
biaya servis motor honda vario 28.000 km
beat bergetar di tarikan awal 
cara menyetel klep beat fi agar tarikan kencang

setiap busi memiliki kesitimewaan dimana busi ini diciptakan khusus untuk motor yang dimaksudkan. dengan banyaknya kode busi maka yang perlu diberikan garis besar adalah ukuran busi dan nomor businya. untuk kode huruf bisa dikesampingkan. beberapa busi memiliki angka yang kecil hingga besar menandakan bahwa semakin besar angkanya semakin memiliki pembuangan panas yang baik. sehingga dengan model motor sekarnag yang memiliki kompresi yagn tinggi bayak digunakan jenis busi yang mudah melepas panas yaitu busi yang memiliki kode angak yang besar.

diantara pengguaan busi, dari tinggka paling rendah ankanya adalah NGK kode 6 dan denso kode 20 merupakan busi yang panas sering digunakan untuk motor 125 cc milik honda serpti honda kirana sampai dengan honda supra 125 karburator. Kemudian ada kode 7 dan 22, busi ini khas untuk motor 100 cc motor honda era karburator 100 cc. dan juga nomor ini masih diguakan untuk vario lama dengan ciri khas terdapat bos di drat bagian belakang.

Kode busi di atasnya 8 dan 24 digunakan untuk motor beat karburator dan pula cs 1. busi ini juga masih digunakan untuk megapro monosok yang masih karburator. dan yang terakhir busi dengan kode 9 untuk NGK dan 27 untuk Denso digunakan rata rata untuk motor honda sekrang, dari mulai, beat esp, vario esp, honda sport 150 cc. busi ini memiliki kelebihan dalam membuang panas lebih cepat sehingga motor mudah mencapai panas karenqa kompresi yang besar tetapi ditahan panas atasnya dengan baik.

penggunaan busi dengan kode panas yang berbeda bisa menyebabkan mesin mengalami overheat. seberapa overhead bisa ditangani dengan mudah ketika motor masih standar namun berbeda halnya jika motor sudah mengalami perubahan seperti kompresi. penggunaan seher Beat fi fi yang agak cekung diganti dengan seher Vario karbu yang agak cembung. akan menaikkan kompresi sehingga panas juga naik. ditambah penggunaan busi 27 atau cpr9 sebagai standarnya malah diganti dengan busi cpr6ea yang memiliki tingkat busi panas. ditambah lagi penggunaan motor sebagai marketing sehingga mengalami kerusakan yang fatal seperti pada video di bawah ini.



namun demikian ada pula penggunaan busi yang tidak mengalami banyak keluhan apabila busi panas bawaan motor diganti dengan busi tipe dingin. motor tidak mengalami kendala dengan panas mesin tetapi karena panas mesin naik dengan lambat maka konsumsi bahan bakar lebih boros. namun demikian hal ini banyak disukai oleh konsumen malahan suka yang mesinnya dingin.

kegunaan busi panas pada motor yang catnya memakai besi lebih dingin yaitu pada motor Beat karbu yang standarnya menggunakan u24 atau CPR 8 diganti menggunakan u-20 ini sangat lumrah di kalangan umum karena ketidaktahuan. efek tidak terasa ada kerusakan yang terjadi dikarenakan mesin masih standar dan pula daya tahan mesin masih bagus. positifnya mesin cepat panas dengan penggunaan normal bukan jarak jauh tenaga lebih nyaman. apabila digunakan jarak jauh pastinya tenaga akan terasa lebih atau ngempos. contohnya pada video di bawah ini.




perbedaan busi esp dan non esp honda beat terdapat pada jenisnya sedangkan untk panas masih sama. untuk busi sendiri ad tipe n9 atau 9n milik denso dan ngk. keduanya memiliki kondisi dmana elektrodanya lebih kecil untuk memusatkan pembakaran. video di bawah ini.


https://youtu.be/TZ6X9PTIwrg

Ini lagi busi beat esp persamaan U27EPR ada lagi MR9C-9N.



Keuntungan busi MRC9-9N dari kontak elektroda yang kecil sehingga nyala api lebih terfokus. Manun demikian, kelemahannya juga pada elekrroda yang kecil itu pula, ketahanan kurang dubandingkan yang tebal. Kecilnya elektroda negatif busi ini bikin busi cepet merenggang. Pada video di bawah ini kerenggangan busi mencapai 1,2 mm lari 0,4 mm dari stansarnya 0,8mm. Berikut ini videonya.



Kesalahan yang sering terjadi pula pada motor karbu 110 cc berpendingin angin. Yap, seperti beat karbu, scoopy karbu, spacy karbu, semuanya menggunakan kode busi tingkat panas 8 untuk NGK san pastinya 24 untuk denso. kesalahan penggunaan busi yang tidak tepat kerap terjadi dikarenakan busi yang tidak sering dipakai oleh motor matik lainnya.
simak video  Kode dan jenis busi motor honda  di bawah ini.



sesuai dengan moto honda untuk menciptakan motor yagn hemat bahan bakar dan tenaga maksimal maka honda berbenarh melakukan perubahan signifikan terhadap penggunaan busi.Jarak penggantian busi sendiri ganti setiap 8 rb km untuk semuga jenis busi. Hal ini diperngaruhi faktor dari kualitas bahan, dengan rata rata harba busi tidak mencapai 20 rb maka bahan yang digunakan juga tidak semaksimal seperti iridium yang bsia bertahan hingga bertahun tahun.

seperti pada video dibawah ini.



Namun bebrapa motor untuk tipe cub seperti supra 125 cc series dan mesin grand series menggunakan busi yang umurnya hanya 4000 km saja. tentunya hal ini mengenai kebijakan sobat semua apakah mau diganti sesuai nasehat pabrik atau bisa sesuai keinginan sobat sendiri. biasa anak muda sekarang lebih suka oprek sendiri motorya. yuk mari simak videonya.



Penggunaan busi harus disesuaikan sesuai pedoman buku, penggunaan busi yang tidak tepat akan menyebabkan teanga tidak maksimal. secara teknis busi yang kode kecil jika dipasangkan pada motor yang memiliki jenis busi 9 atau 27 untuk vario maka yang terjadi adalah motor akan mengalami brebet dan tentu saja panas mesin akan sangat terasa karena pembuangan panas dari busi tidak bisa maksimal

Pada kasus tertentu busi bisa sangat awet terlihat dari bentuknya masih kotak belum ada keausan walo lebih dari batas penggunaan. Hal ini bisa dipengaruhi oleh panas mesin yang tidak tinggi dan pula campuran bahan bakar yang pas. Bensin yang kurang akan memanaskan mesin hingga busi cepat aus. Bahan bakar yang rerlalu boros bisa menyebabkan busi cepat mati apalagi jika oli yang masuk ke ruang bakar. Namun demikian oli yang masuk ruang bakar pada sekala tertentu dibolehkan karena memang piston dan silinder butuh pelumasan.

Oli mesin yang cepat habis menandakan oli masuk ke ruang bakar sebagai indikasi ring seher yang mulai bocor. Busi terlihat lebih hitam dan tentu berkerak banyak. Beberapa ada yang sampai berminyak ini tanda yang perlu diperhatikan dengan seksama. Bagaimana warna busi yang bisa ditolelir antara pembakaran yang masih belum sempurna dan jumlah oli yang terbakar bisa dilihat pada video di bawah ini.


 https://youtu.be/wS4YcgdEntc

Dari sekian pembakaran yang sangat diidamkan pastinya yang berwarna putih karena mengindikasikan bensin yang irit. Namun demikian harus diimbangi warna hitam transparant pada bagian bawah busi yang menandakan motor mudah dihidupkan ketika mesin masih dingin. Contoh pembakaran yang mengefisiensikan bensin seperti video di bawah ini.


Banyak busi yang terlihat seperti ini pada motor motor modern yang masih menggunakan karburator. Dimana penekanan keiritan pada putaran tinggi sehingga pada bawah dan pertengahan masih bertenaga sehingga tenaga buka tutup gas masih enak. Maka untuk motor motor dengan kondisi putih pada ujung bisa dimaksimalkan untuk dilakukan penambahan tenaga dengan membesarkan main jet sehingga kucuran bensin pada putaran tinggi tambah.

Untuk busi yang mati ataupun meletik tapi tidak terpusat dapat dihidupkan dan normal kembali dengan cara membuang insulator dalamnya. Akan tetapi panas mesin jadi tidak terjamin sesuai panas busi. Untuk sementara bisa digunakan sobat tapi segera ganti cari bengkel terdekat. Berikut ini caranya.


https://youtu.be/cyHBsbcwVsU

semoga artikel  Kode dan jenis busi motor honda  ini bermanfaat

salam
team bongkardulupasangkemudian
instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel
blog
http://www.rumputteki.com 

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki

6 comments:

  1. Bro saya mi ta princian harga suku cadang vario 110 karbu

    ReplyDelete
  2. waduh sercing aja mas, part catalog dan price list nya, mas pingin tahu harga part apa saya bukakan di price listnya

    ReplyDelete
  3. saran untuk websitenya mas ada katalog mesin untuk tiap motor honda ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak punya tempat nyimpen,saran mas?

      Delete
    2. Susah sekali saya cari busi ori beat pop ngk mr9cn-9n atau denso u7 . . . Ada saran mas mesti gimana?

      Delete
    3. cpr9 sudah lumayan banyak, kebanyakan kalo honda dibungkus dengan kode krm, kyt, k25

      Delete

Popular Post