Friday, April 28, 2017

Cara Ganti Bos Mesin Engine Mounting Honda Vario

Bosh mesin atau Bos mesin engine Mounting vario ini mudah rusak daripada motor matic lainnya karena beban mesin yang berat dari vario. Hingga saat ini saya sendiri belum pernah mengganti Bos mesin engine Mounting milik beat atau mesin injeksi 110 cc lainnya. Penggantian ini sangat mudah tanpa harus turun mesin. Tanpa pula menggunakan treker atau alat khusus yang sepesial. Maka perhatikan dengan seksama cara mengganti  Bos mesin engine Mounting vario ini karena pasti bisa dilakukan sendiri dirumah dengan alat yang sederhana.

kerusakan pada Bos mesin engine Mounting ini bisa dirasakan pada motor buat jalan terasa miring atau terjadi suara jedok ketika berjaan di jalan yang tidak rata. akan tetapi untuk mengecek lebih baik jika dengan visual. bosh mesin vario yang rusak bisa dipastikan dari kondisinya yang sobek atau pecah. dalam kondisi awal kerusakan terlihat garis melingkar tanda retakan pada karet.

baca juga artikel lain
Ganti lampu depan vario 125 tanpa buka cover
Pasang sepion reteng pasa lampu sein honda vario
Trik bikin gas vario lebih enteng dan responsive

Harga Bos mesin engine Mounting Vario ini cukup murah hanya sekitar 20 rb maksimal, bisa didapatkan di toko resmi hanya 17 rb rupiah. perbedaan harga ini disebabkan karena barang yang sulit didapat maka permintaan tinggi maka hargapun melambung tinggi. siapkan dua buah Bos mesin engine Mounting vario untuk mengganti sisi kanan dan sisi kiri. penggantian bersamaan dimaksudkan untuk menghasilkan keawetan Bos mesin engine Mounting yang maksimal.

Langkah yang dilakukan untuk mengganti Bos mesin engine Mounting vario ini sangat mudah tidak perlu dilakukan turun mesin. Siapkan partner untuk menjaga body sebelah belakang walaupun motor tidak akan jatuh atau miring dalam kondisi baut Bos mesin engine Mounting ini dilepas. partner dibutuhkan ketika melepas dan memasang as baut bosh mesin ini untuk mengangkat body sehingga sobat bisa melepas dan memasang dengan mudah.

langkah selanjutnya untuk Cara ganti Bos mesin engine Mounting vario yaitu dengan melepas as Bos mesin engine Mounting yang berukuran ring 14 dan ring 17. setelah terlepas pastikan diberi kain lap antara bagasi dan throttle body untuk mengamankan kedua part walaupun belum pernah ditemukan kondisi pada bagian ini yang rusak karena menganti Bos mesin engine Mounting.

siapkan treker untuk melepas Bos mesin engine Mounting yaitu dengan menggunakan alat yang besarnya sebesar diameter luar dari  Bos mesin engine Mounting yang terbuat dari besi. hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan as shock depan honda bebek atau honda matic. ketok dengan palu sehingga bosh mesin akan lepas.

cek video cara melepas Bos mesin engine Mounting vario di bawah ini.



Kemudian untuk memasang tinggal menggunakan palu untuk memasukkan Bos mesin engine Mounting. setelah Bos mesin engine Mounting menempal pada mesin baru kemudian gunakan as shock roda depan untuk memasukkan hingga pas tepat tengah pada dudukannya. tinggal dipasang kembali as Bos mesin engine Mounting nya dan kencangkan sesuai moment atau semaksimal mungkin.

perlu diperhatikan bahwa untuk melakukan pengencangan as bos mesin perlu dicek kembali apakah link hanger sudah berada tepat pada sisi sebelah boh mesinmini. apabila link hanger terlalu longgar maka bosh akan cepat rusak karena tertarik pengencangan dari murnya. Oleh karena itu sebelum melakukan pengencangan mur asnya pperlu dimaukkan kembali boshnya hingga mentok pada link hangernya.

Untuk melepas bos tromol seperti megapro yang ujungnya mentok dengan tromol bisa dilakukan dengan cara di bawah ini.





Disampig teknik melepas yang tidak mudah, teknik pasang harus diperhatikan ketinggiannya agar setelah pasang tidak gojlak tidak perlu tambah ganjel ring.

demikian artikel tentang Cara ganti bos mesin vario ini semoga bermanfaat dan tetap aman di jalan.

salam rumput teki channel
www.rumputteki.com

No comments:

Post a Comment

Popular Post