Thursday, December 26, 2019

pasang klakson dengan dan tanpa relay

cara memasang klakson dengan dan tanpa relay dibolehkan saja. penggunaan relay dianjurkan untuk klakson yang memiliki daya besar. ditujukan untuk menghantarkan arus yang stabil dan yang paling penting adalah tidak merusak saklar saklar pada pusat kontrol.

beban yang besar sangat di butuhkan relay seperti contohnya untuk bagian motor starter. bendik stater pada rangkaian sistem motor starter merupakan salah satu contoh relay. yang kedua kabelnya besar untuk menghantarkan arus dengan baik dari aki menuju motor starter dan pula dari motor starter ke masa.

penggunaan kabel yang besar selain memanfaatkan hambatan yang kecil sehingga kabel tidak mudah panas, tentunya juga untuk menghemat daya yang keluar dari hambatan kabel. karena rangkaian listrik harus berputar maka kabel besar tidak hanya terletak pada kabel positif namun demikian juga dengan kabel negatifnya.

penggunaan kabel kecil jika dipasangkan pada kabel motor starter misalnya tanpa adanya relay maka tombol klakson akan cepat kebakar. jika pada Honda tombol starter nya lumayan mahal sampai dengan rp50.000 tapi jika pada mobil bisa ganti kunci kontak harganya tambah lebih mahal.

jadi fungsi relay starter sangat signifikan untuk mengamankan area saklar saklar pada motor terutama pada bagian sistem kelistrikan dengan daya besar. dan saklar yang sering mengalami kerusakan yaitu saklar lampu depan.jika sobat sudah merasa capek keseringan rusak tombol atau saklar lampu depan ya maka bisa dilakukan penambahan relay. sistem auto head light on menjadi penyebab utama belum siapnya rangkaian lampu depan.

berbeda dengan klakson yang jarang digunakan, untuk motor standar yang memiliki 1 buah klakson atau dua buah klakson seperti Honda Megapro Tiger dan GL tidak dibutuhkan relay. sehingga kabel klakson ini bisa diaplikasikan untuk motor Honda Supra x 125.

berikut ini video cara memasang 2 buah klakson pada Honda Supra x 125 tanpa relay.



pemasangan tidak sekadar memakai dua buah klakson yang disalurkan dari kabel klakson. sebagai antisipasi digunakan kabel tambahan untuk bagian massanya yang langsung dihantarkan pada rangka. kedua buah klakson dihubungkan massa yang seikat dengan kabel positif klakson kedua masa klakson disambungkan pada rangka. hal ini dilakukan untuk mempertahankan arus sehingga klakson tetap menyaring.

apabila sobat tidak yakin dengan cara ini maka bisa dilakukan dengan pemasangan relay. namun demikian, harus diperhatikan kabel utamanya harus lebih besar dari kabel standar klakson Honda. akan tiada berguna jika digunakan dengan kabel yang standar atau malah lebih kecil dari kabel standar motor Honda.

untuk daya 2 buah klakson tidak terlalu besar jadi masih berani jika tanpa menggunakan relay kecuali jika klaksonnya modifikasi yang memiliki daya besar. untuk socket relay yang sering ditemui di pasaran sebagai berikut.

soket 86 dihubungkan dengan dengan arus positif dari saklar klakson.

soket 85 juga dihubungkan dengan saklar negatif untuk yang biasa disambungkan dengan klakson.

soket 30 dihubungkan dengan sumber arus yaitu baterai. wajib kabel yang digunakan ukuran yang besar dan bila perlu diberi sekring. sekring yang dianjurkan lebih dari 15 ampere menghindari korsleting apabila sambungan tidak baik.

soket 87 dihubungkan dengan positif menuju ke klakson dan kabelnya wajib besar.

soket 87 a hanya dibutuhkan sebagai pemutus sambungan ketika koneksi 30 dan 87 ON.87 hal ini biasa digunakan pada sistem starter pada mesin ESP yaitu acg starter.

dan yang paling penting kabel massa untuk klakson harus disambungkan ke rangka agar arus yang lewat besar.

berikut ini penting tidaknya sebuah klakson diberi relay atau tidak.


ketika sobat menginginkan pemasangan beban daya untuk variasi yang besar menggunakan relay harus dibutuhkan pula kabel yang mumpuni. panjang kabel minimal 2 m dan pula siapkan rumah sekring. rumah sekring juga harus dilengkapi dengan kabel yang besar.

untuk saya sendiri mungkin lebih prefer tanpa relay karena juga sambungan-sambungan harus diperhatikan dengan seksama. hal ini cukup merepotkan dikarenakan sambungan manual pasti berbeda dengan cara penyambungan menggunakan plat.

semoga artikel pasang klakson tanpa relay ini bermanfaat.
salam rumput teki channel.



1 comment:


  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*co
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Popular Post