Tuesday, June 29, 2021

Cara Pengecekan Kiprok Motor Honda Rusak

Kiprok berfungsi sebagai penyearah dan pembatas tegangan dan arus dari kumparan pembangkit listrik menuju aki dan atau lampu.

Fungsi kiprok sebagai penyearah yaitu mengubah tegangan arus dari kumparan arus AC menjadi DC sesuai kebutuhan aki.

Fungsi kiprok sebagai pembatas yaitu membatasi tegangan dan arus yang keluar dari kumparan agar tidak merusak aki atau lampu lampu.
Update posting terbaru di instagram

Kiprok atau regulator dan kumparan / spul /alternator memiliki banyak varian sesuai kelistrikan motor. Dari alternator sendiri memiliki beberapa tipe yang hanya untuk pengisian saja, spul pengisian dan pengapian atau dengan penerangan juga. Motor honda lama cub 100 cc dari honda grand, supra, prima, atau GL pro neotek memiliki sistem penerangan lampu utama dari spul maka kiprok juga memproses arus listrik dari spul secara tersendiri.

Berbeda dengan supra 125 yang memiliki spul pengisian saja yang diproses di kiprok menjadi arus pengisian dan penerangan lampu utama.

Penjelasan lengkap di website utama kami

Berbeda lagi dengan honda megapro primus atau verza atau vixion lama yang memiliki lampu utama dari arus aki. Maka pengisian aki harus dengan arus dan tegangan yang lebih stabil yaitu tipe pengisian kiprok full wave dengan karakternya pada kabel alternator atau spul terdapat 3 buah kabel yang berwarna sama masuk ke kiprok.

Untuk honda prima, star, supra 100, supra fit, revo absolut, vario karbu, beat karbu, GL pro neotek, memiliki kabel kiprok merah, kuning, putih, dan hijau.
Fungsi kiprok bisa di bagi menjadi dua secara mudah untuk pengisian dan penerangan.
Kabel putih dari spul sebagai arus pengisian dikiprok diproses menjadi merah menuju aki dengan tegangan 1V di atas tegangan baterai standar dan maksimal 15,50V.
Kabel kuning dari spul menuju lampu utama dan dicabangkan ke kiprok keluar menjadi hijau untuk membuang arus dan tegangan yang berlebihan.

Untuk motor dengan kiprok ini bisa memiliki dua permasalahan pada lampu depan. Lampu depan cepet putus ketika di gas besar berarti sambungan kabel kuning ke kiprok sanpai kabel hijau ke masa ada yang putus. Kedua, lampu depan meredup sebagai tanda kiprok bermasalah karena terlalu banyak menyeral arus sehingga arus yang sampai lampu terbatas.

Berikut video permasalahan lampu depan meredup sekaligus pengecekan arus pengisian motor.

 
Untuk pengisian arusnya jika hanya naik di bawah 1V dari tegangan aki ketika di gas maka belum mencukupi kebutuhan aki. Maksimal tegangan yang diperbolehkan adalah 15.5V. Jika berlebih maka kiprok rusak karena bisa menyebabkan aki over charge. Kondisi over charge akan mempersingkat umur aki secara signifikan. Jika aki rusak dalam kondisi over charge maka aki tidak bisa diperbaiki. Lebih baik kurang pengisian masih bisa diharapkan untuk perbaikan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Popular Post