Monday, February 26, 2018

Treker Shok Depan Motor Honda

Jangan kuatir lagi, sekarang bisa mudah ganti oli shock depan dengan mudah dengan treker shock depan ini. Alat yang digunakan untuk melepas kancingan motor bebek dan matik honda sedikit lebih rumit dibangikan dengan motor yamaha atau motor sport honda sendiri. dibutuhkan tenaga yang kuat untuk menekan tutup atas dengan bersamaan melepas kancingan shock depan in.

tenaga yang digunakan terkuras jika pembongkaran atau pemasangan kancingan ini tidak bisa dilakukan sekali jalan. padahal untuk melepas kancingan ini tidak bisa sekedar menggunakan obeng minus penyetel stasioner yang termasuk ukuran yang kecil. Untuk menarik kancingan ini keluar dari tempatnya harus digunakan alat yang runcing sesuai degnan ukuran dari kancingan ini.

baca juga artikel ain.

Permasalahan membuka kancingan yang sulit ini sekarang sudah ada solusinya. saya tergerak untuk membuat treker untuk menekan tutup shock depan ini sehingga kita tidak perlu tergesa gesa dalam melepas kancingan penutup shock depan ini. Tapi dalam pembuatan alat dini dibutuhkan las yang tidak murah tentunya. silakan hubungi tukang las terdekat!

bahan yang dibutuhkan untuk membuat alat ini adalah, mur dan baut 14 atau 12 pun sudah cukup. kemudian siapkan bahan besi 6 mm sebagai bahan utama dari alat ini. sebagai pengganti baut dan mur nya bisa digunakan sepion bekas besserta murnya. disamping ulirnya panjang, sepion juga memiliki kekuatan yang bagus sebagai bahan treker.

untuk mempermudah pembuatan potong sepanajang ulir sepion sebagai penekan tutup shock depan, sehingga didapatkan ulir sepanjang 3 cm. atau bisa digunakan baut yang sepanjang 3 cm. sisa dari sepion sepanjang 8 cm dibengkokkan tepat ditengah dengan sudut 120 derajat dimaksudkan memudahkan dalam memutar alat ini.

Las bagian bekas potongan ulir ini tepat pada sudut besar dari batang sepion ini. dan haluskan ulirnya jika pengelasan menyrembet pada ulirnya. kemudian siapkan bahan besi 6 mm atau 8 mm sebagai pengait di shocknya sepanjang 15 cm. ukuran ini harus sesuai dengan dudukan baut atas segitiga yang mengenai lekukan pada shok depan ini.

perlu diperhatikan dengan seksama dengan kondisi bentuk treker ini diusahakan bisa masuk dengan mudah pada bagian sisi luarnya dan pula bisa mengancing dengan tepat pada sisi dalamnya. pembentukan ini harus dilakukan dengan teliti agar menghasilkan ukuran yang tepat karen beda diameter dari keduanya sangat kecil. dibutuhkan shock bekas untuk memastkan ukurannya bisa tepat.

pengelasan mur spion atau mur bautnya ini perlu posisi yang benar benar di tengah diameter yang akan dibuat mengaitkan shock depan ini. untuk mendapatkan posisi yang tepat gunakan penekan yang telah dibuat tadi untuk menentukan sudut yang akan dibentuk sehingga bisa tepat berada ditengah dari tutup shock.

Lebih jelas bentuk dari treker shock depan ini sebagai berikut.



Untuk mempermudah dalam penekanan ke tengah tengah dari penutup shock sebagai finishing perlu dilakukan penggerindaan pada ujung ulir. dengan bentuk yang lancip pada ujungnya ini sehingga penekan ini tidak akan lari lari dari posisi tengahnya sebagai bentuk penyempurnaan dari pembuatan dudukan treker yang pasti tidak presisi tepat pada tengah peletakan murnya.

cara ganti seal shock depan harus benar tp juga penting adanya mengetahui part yang penting di bawah ini



Lebih lanjut cara mengganti oli shock depan agar empuk cek video di bawah ini.


 https://youtu.be/Kjrn0U54Ckw


selamat mencoba semogaga berhasil Treker Shok Depan Motor Honda ini


7 comments:

  1. punten mau tanya
    penyebab getaran di putaran 60km ke atas itu apa ya?
    saya sudah ganti mur pulley belakang tetap saja.
    ganti oil seal tetap saja bergetar.
    pas saya liat sih di bagian pulley belakang ada lubang 3 buah pin roller
    lubang itu sudah melebar semua.
    apa nyebabnya itu ya
    atau bering as belakang sudah rusak.
    tapi saya cek dan sepat di ganti tidak ada masalah.
    saya bingung dengan getaran yang di alami vario 125 led ini

    ReplyDelete
  2. Seprtinya sudah mahir ya...
    Kalo demikian buka saja cvtnya dan secara visual diteliti ketika putaran tinggi mana yang brgerak sexara tidak konsisten.
    Jika hanua getaran tidak berirama bukan masalah mur 19, atau kebengkokan dari part.
    Bisa dari liar mesin sdpdrti bos mesin gojak, ada 6 karet yang terhubung berfungsi meredam getaran mesin.
    Selain itu coba cuci beltnya agar stabil dalam perputarannya

    ReplyDelete
  3. Mas saya mau beli treker depan mas

    ReplyDelete
  4. Harganyah berapa mas sayah mau beli mas

    ReplyDelete
  5. mas saya mau beli treker soknya.

    ReplyDelete

Popular Post