Thursday, January 11, 2018

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Penyebab motor cepat panas pada umunya dipengaruhi beberapa faktor dari faktor eksternal dan internal. faktor eksternal pastinya seperti panas terik di siang hari dan pula kemacetan yang menyebabkan mesin panas berlebihan. dalam hal ini, faktor ini harus dimengerti bahwasannya hal ini tidak bisa dihindari tetapi jika memang penggunaan motor digunakan untuk ojek online maka perlu diperhatikan tulisan di bawah ini.

Sebagai faktor internal sebagai penyebab motor cepat panas baik motor bebek, sport atau matic adalah oli mesin, campuran bahan bakar dan busi. masih terdapat tekanan kompresi yang semakin tinggi akan semakin naik pula panas yang dihasilkan. dalam hal ini seperti tekanan kompresi tidak bisa dilakukan perbaikan kecuali bongkar mesin tambah atau mengurangi ketinggian gasket. Oleh karena itu, tekanan kompresi ini tidak perlu di bahas.

Oli sangat berpengaruh terhadap hasil panas mesin. dimana oli yang encer bisa menyerap panas lebih cepat akan tetapi hasilnya mesin akan lebih kasar karena kenceran oli ini. dalam hal ini keenceran oli tidak bisa diukur dengan smudah itu. dalam hal ini oli menjadi penyebab motor cepat panas hanya sebagai subjektifitas saja.

Pengaruh busi sebagai penyebab motor cepat panas sangat berpengaruh besar dan dalam memperhitungkannya tidak terlalu sulit. tingkat panas busi bisa mempengaruhi panas mesin yang dihasilkan. tetapi perlu diperhatikan bahwasannya motor yang sulit panas akan menyebabkan motor lebih boros bahan bakar. perlu diperhatikan seksama penggunaan motor untuk perjalan panjang atau pendek sehingga mendapatkan ukuran yang pas untuk tingkat busi yang diinginkan. cek video busi honda di bawah ini.



kesalahan pemilihan busi motor yang menggunakan tipe busi panas dari standarnya contohnya Honda Beat cpr9 menggunakan cpr 6. jika dalam kondisi motor masih orisinil mungkin hanya akan ber pengaruh pada panas mesin yang cepat naik. namun demikian pada kondisi mesin yang sudah dinaikkan kompresinya hal yang tidak disangka tidak terjadi seperti video di bawah ini.



lebih lengkap penjelasan seputar pemilihan dan pembacaan kode busi di link berikut.
Tips Memilih Busi Motor

kondisi mesin yang cepat panas juga dipengaruhi oleh aliran dari oli. oli yang lancar mendinginkan mesin dengan cepat apabila aliran ori kurang lancar maka mesin akan cepat panas. yang menyebabkan oli tidak bisa mengalir dengan lancar seperti kondisi mesin yang kotor pada bagian saluran-saluran. dan yang paling tidak diprediksi dan sering terjadi adalah kotornya filter oli dikarenakan faktor pembongkaran. kondisi mesin Yang tertukar ketika penggantian mesin menyebabkan kotoran-kotoran, debu, benang-benang bekas lap, dan pula kerak mesin yang belum cuci dengan baik akan berkumpul tersaring pada oli filter.

berikut ini video tentang kotornya filter oli setelah pembongkaran mesin.




kondisi seperti video di atas tidak dapat dihindari seberapapun saya mencoba membersihkan mesin dengan sebaik-baiknya spasi ada kerak atau benang bekas lem yang menempel pada filter oli. tentu saja kotornya aneh ini dapat menghambat perputaran oli di mesin. maksimal 1 minggu setelah pembongkaran harus di bersihkan filter oli nya. hal yang lebih parah bisa menjadi kerusakan yang lebih parah ketika seperti motor bebek oli yang mengalir ke area crankshaft melalui filter sentrifugal terhambat sehingga oli tidak bisa sampai pada stang seker. suara yang timbul mirip dengan stang seher yang oblak, Alhamdulillah setelah dibersihkan dengan pedang dan pura kotoran di area sentrifugal mesin bisa halus kembali.

Penyebab motor cepat panas lain yang sangat berpengaruh besar adalah setelan karburator. penyetelan karburator yang terallu irit bisa menyebabkan motor cepat panas. dan sebaliknya motor yang setelan anginnya boros bisa menyebabkan busi cepat mati dan pula bensin lebih boros. perlu dilakukan penyetelan yang maksimal dalam karburator ini seperti video di bawah ini.

Cara Menyetel Karburator Motor Biar Irit Bertenaga
ic

Dari settingan di atas akan menjadi faktor yang besar dalam menyeting penyebab mesin motor cepat panas. Settingan di atas pastinya akan sulit jika dilakukan sendiri, pengalaman dan jam terbang sangat dibutuhkan agar menghasilkan stelan yang efektif. tetapi khusu pada motor matic, penyebab mesin motor cepat panas selain bahasan di atas juga sangat diperngaruhi oleh saluran pendinginan CVT.

diketahui bahwasannya saluran pendinginan mesin motor bisa berupa pendinginan angin atau air. tetapi pada cvt ini memiliki pendinginan tersendiri diluar pendingin mesin yang layak dimiliki semua mesin motor baik sport, bebek atau matik. pendinginan cvt ini dilakukan oleh kipas puli depan yang menyerap udara dari luar dan kemudian diteruskan di selruruh ruang cvt hindda ke belakang.

BEberapa CVT motor matic memiliki filter yang berfungsi menyaring udara. kelebihannya pasti cvt tidak mudah kotor, sangat berbeda dari beberapa motor yang tidak memiliki filter. namun efek negatifnya cvt akan cepat panas jika filter udara cvt ini kotor. sudah dilakukan peningkatan oli yang lebih tahan panas dan pula busi dingin tetapi tidak juga kunjung berhasil dalam mengatasi penyebab mesin motor matic cepat panas. simak video di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

Popular Post