Saturday, January 6, 2018

Tidak Semua Kode di Ban Harus Diperhatikan

Yang perlu diketahui tentang kode ban ini hanyalah sekedar kode produksi dan cat kuning pada ban. untuk ukuran sendiri juga penting dipahami tetapi perlu diketahui bahwa setiap kode ban beda merk akan berbeda pula ukurannya.

arti kode ban 70/90 artinya, ban memiliki lebar 70 mm dengan ketinggian ban 90% dari 70 yaitu 63 mm

selanjutnya beda koda ban antara 80/90 dan 90/80 ini tentunya ban lebih lebar 90/80 daripada 80/90. dimana angka 90 sebagai patokan utamanya, akan lebih tinggi jika angka setelah garis miring di atas 100 dan akan lebih pendek dari lebarnya jika angkanya tidak lebih dari 100.

80/90 artinya ban berukuran lebar 80 mm dengan ketinggian 90% dari 80 yaitu 72 mm.
90/80 artinya ban berukuran lebar 90 mm dengan ketinggian ban 80% dari 90 yaitu 72 mm.

akan tetapi semua kode ban itu tidak ada artinya jika sudah menjakau motor dengan batikan berbeda apalagi dengan merk pula yang berbeda. ketika ban di pompa dengan tekanan tertentu sebagian ban akan mengembang dengan ukuran yang berbeda beda. sehingga tidak semua kode ban perlu diperhatikan dikarenakan spesifikasi yang diharapkan belum tentu sesuai harapan lebih kecil atau lebih besar dari ban sebelumnya yang sudah dipakai. seperti ulasan rumput teki di bawah ini.



untuk ban depan ukuran std 70/90 dan pastinya untuk ban belakang lebih besar dan lebih tibggi pula seperti video du bawah ini.



semoga artikei kode ban di atas bermanfaat.


instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

blog
http://www.rumputteki.online 

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki

No comments:

Post a Comment

Popular Post