Friday, December 29, 2017

Penyebab Vario 110 Ngempos

Vario 110 Ngempos terasa untuk tarikan berat untuk tanjakan tidak kuat ternyata hanyalah masalah sepele. padahal servis sudah maksimal, servis mesin sudah oke dan cvt sudah ganti barus semua dan ternyata hasilnya menjengkelkan. motor vario karburator ini masih ngempos tenaga lemah. mari kitabahas masalah sepele ini tanpa harus berpikir terlalu berat untuk menangani penyebab vario 110 ngempos.

Beberapa part yang harus dicurigai ketika motor vario 110 ngempos yaitu, cvt, karburator, kompresi bocor. dari ketiga poin tersebut pastilah yang paling ringan dalam pengecekan adalah karburator. walau terlihat sebagai part yang mensuplai bahan bakar, tetapi part yang perlu dicek pada karburator ini hanyalah masalah dari skep dan pernya saja.

Skep dan per ini berfungsi untuk membuka kran bensin untuk dicampur terhadap udara. kinerja dari skep ini ditentukan oleh kevakuman dari ruang bakar dan manifold sedangkan gas di tangan hanay membuka katup yang membuka manifold ini. dengan pergerakan katup throttle yang selalu begerak ini harus pula diikuti pergerakan oleh skep yang baik agar antara gas yang dibuka sesuai dengan masuknya bensin dan udara yang diutuhkan untuk membuat tenaga.

cek video Penyebab Vario 110 Ngempos  di bawah ini.




perlu diperhatikan dengan seksama bahwasanya vakum ini harus bergerak secara dinamis sesuai dengan kevakuman manifold. dibuthkan skep yang karetnya masih bagus tidak sobek, karetnya lemas  tidak kaku, dan pula lubang vakum harus menghadap manifold agar pergerakan skep bisa maksimal. kondisi per skep yang kaku atau sobek harus diganti tetapi kondisi lubang yang tidak sesuai letaknya bisa dibernarkan.

perbaikan skep juga sudah saya upload seblumnya seperti video di bawah ini.
Penyebab tarikan motor matic vario berat dan ngempos saat digas



kondisi berbutarnya lubang bisa diakali dengan hasilnya maksimal, tetapi kondisi skep yang berlubang sangat terasa drop tenaga mesinnya dan diperbaiki tidak maksimal hasilnya. namun demikian skep yang robek tetap bisa diperbaiki untuk sementara dengan lem/G atau alteco. tenaga akan ada peningkatan secara signifikan tetapi tidak sebaik kondisi skep normal. dikarenakan area lem menjadi keras pergerakan pun terhambat.

berikut ini video skep Vario yang sobek bikin tenaga ngayun.



skep yang sobek mirip membuat kevakuman di manifold tidak bisa mengangkat jarum ke atas. ketika akselerasi harus diurut perlahan baru naik tenaga nya.

selain skep juga perlu diperhatikan dari rumah roller yang aus tidak merata atau cepat aus. masalah roller ini bisa menyebabkan pula tenaga vario 110 ngempos. penyebab dari roller yang aus secara cepat ini harus diperhatikan penyebabnya dari rumah roller yang sudah gojak terhadap bosnya. selain masalah vario 110 ngempos permasalahan ini juga bisa menyebabkan motor tidak kuat nanjak sepeti artikel di bawah ini.

Penyebab vario boros bensin dan tidak kuat nanjak

pada kondisi belum terlalu gojlak antara rumah roller dengan bosnya yang dikeluhkan adalah suara yang berisik klotok klotok. dalam hal tenaga mungkin tidak terasa ketika tidak dalam posisi tanjakan. namun Perlu dicurigai kondisi rumah roller ini.

part apa saja yang perlu diganti ketika dikeluhkan suara dan tenaga yang kurang pada cvt, berikut ini videonya.


kendala di Cvt memang banyak tetapi banyak juga part yang bisa dikondisikan baik part alternatif atau waktu penggantian nya dengan cara akal akalan. namun, untuk rumah roller ini bisa juga dibubut bosnya, tapi harganya belum pasti sama setiap kota. di Magelang aja beda beda.


dari 3 permasalahan tersebut sudah dibenarkan skep dengan baik tetapi teanga juga tidak kunjung membaik. oleh karena itu, masalah lain pada karburator yang perlu diperhatikan adala per skep. bagaimana skep yang sudah baik kondisinya apalagi baru bergerak dengan baik jika tekanan manifold tidak kuat menekan per skep yang sudah direnggangkan.

masalah per yang direnggangkan ini pastinya bukan masalah penggunaan tetapi karena mekanik sebelumnya mengira bahwa dengan merenggangkan per skep akan membesarkan tenaga. hal ini sering dibandingkan dengan motor beat karbu dimana memang per skep lebih panjang. niat mau nyamain malah tenaga turun drastis. untuk menangani masalah per skep ini bisa dilakukan seperti video di bawah ini.
Trik bikin tarikan vario 110 responsif



Pengecekan karburator ini tentunaya tidak sulit untuk menangani masalah penyebab vario 110 ngempos. apabila masalah ngempos belum teratasi cobalah cek dari kondisi dari jumlah oli mesin harus sesua dengan stik oli yang diijinkan. kemudian cek pula bagian cvt dengan seksama seperti vdideo di atas.

Selain permasalahan di area karburator, ngempos ketika nanjak terasa berat juga disebabkan oleh faktor CVY. Yang utama adalah runah roller dan bosnya sudah gojak. Bagian ini diindikasikan dengan banyaknya karat pada v belt maka cek lah bagian bos dengan rumah rollernya. Kedua, per cvt juga bisa melemah karena penggunaan nornal, sebagai patokan rata rata umur per cvt 60k km. Penggunaan part aftermarket yang tidak sesuai pasti juga mempengaruhi seperti v belt atau rumah roller, roller, per cvr, atau kampas ganda. Hal yang paling sepele seperti menyervis cvt pun harus waspada jangan sampai v belt terkena grease atau minyak ketika dibongkar pasang. apalagi grease dari puli belakang yang terlihat rembes menempel pada dinding samping v belt harus dibenahi secara menyeluruh.

Berikut ini video cara mencuci v belt dan masalah CVT ngempos karena human error.



semoga artikel penyebab vario 110 ngempos ini bermanfaat.


instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel

blog
http://www.rumputteki.online

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki

5 comments:

  1. Mas Ari,per skep bawaan vario agnes bila kepanjangan(efek pernah diulur) apa prngaruhnya ya kepada tarikan motor?

    Oh iya request bikin tutor menonaktifkan choke otomatis vario karbu donk mas ....

    Matur nuwun sakderenge

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikembaliin lagi saja sesuai ukuran gak masalahmas,
      Oke maz segera menyusul

      Delete
  2. Dear Mas Ari, Vario 125 Techno Fi saya ada kendala pada roda belakang yang kadang2 bunyi tek - tek lumayan kuat pada saat awal narik gas dan pada saat tanjakan kira2 terjadi kerusakan pada bagian transmisi gak mas? dan untuk oli gardan rutin saya lakukan pergantian 2:1 dengan oli mesin mohon pencerahan nya mas. thnks before.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalo berhubungan sama putaran mesin hubungannya sama puli drpan roller dan piecslide. Kalo belakang masih jarang keluhan gini. Tp juga mungkin kalo kuningan laher tutup ccvtnya sudah gojak

      Delete
    2. Mungkin kalo berhubungan sama putaran mesin hubungannya sama puli drpan roller dan piecslide. Kalo belakang masih jarang keluhan gini. Tp juga mungkin kalo kuningan laher tutup ccvtnya sudah gojak

      Delete

Popular Post