Tuesday, December 5, 2017

Baut Roda Sering Kendor Sendiri

Baut roda sering kendor sendiri dikarenakan hal yang tidak disangka yaitu sekedar mur yang kotor dari karat. bagaimanapun dikencangkan mur atau baut roda yang karatan tetap akan mengalami pengurangan kekencangan. karat yang dihasilkan dari mur dan baut ini bisa menyebabkan mur roda bisa bergeser shingga baut roda sering kendor sendiri.

mur roda yang berukuran 24 ini memiliki ring jadi mur yang digunakan bukan tipe flange. jenir mur yang digunakan adalah mur lock atau nylon insert lock atau bisa dikatakan nylock. jangan tanya saya juga bingung model ini. yang penting ada locknya. lock ini difungsikan untuk mencegah baut kendor sendiri dan menghindari lepas dari bautnya yang tentunya bisa membahayakan pengendara.

baca juga artikel lain
cara ganti laher bearing roda motor dengan benar
solusi roda belakang vario bunyi kasar
Ganti kampas rem cakram depan honda beat, vario, scoopy

Mur roda belakang atau depan juga bisa sering kendro karena masalah yang sama yaitu karat pada buat dan murnya. Untuk menangani keluhan ini bisa dilakukan pencucian ada mur dan baut yang berkarat. kemudian dalam pemasangannya pada bagian ulirnya diberi oli agar terhindar dari karat kembali muncul. lebih lengkapnya simak video di bawah ini.



keluhan mur roda kendor biasana konsumen sampai dengan bunyi klotok-klotok ketika jalan. mungkin yang diberikan pelanggan sudah pada sampai laker yang pecah. karena suaranya sangat mirip laker roda yang pecah yaitu bunyi klotok-klotok yang tidak beraturan.

untuk lebih jelasnya simak videonya di bawah ini.



kendala yang dikira sangat memakan biaya ternyata hanya masalah ringan tetapi membutuhkan kecermatan. mur harus dicuci bensin dan harus dikasih pelumas untuk pemasangan agar terhindar dari karat.

mungkin sobat pula mempunyai honda vario 125 atau vario 150 yang memiliki arm pada roda belakang sering mangalami keluhan dalam pembongkaran. untuk mempermudah pembongkaran bisa tonton video di bawah ini.

http://www.rumputteki.com/2017/04/cara-melepas-ban-belakang-vario-125.html
 


namun jika ada keluhan roda belakang yang terdengar suara kasar ketika diputar. maka permasalahannya bukan berasal dari bagian roda maupun rem. permasalahan sebenarnya berasal dari bagian cvt yaitu keausan pada bagian sepasang laher bambu pada puli belakang seperti video di bawah ini.



semoga artikel  Baut Roda Sering Kendor Sendiri ini bermanfaat. kunjungi pula dan pula follow akun instagram dan channel ari pranant untuk update terbaru masalah seputar motor.

instagram

No comments:

Post a Comment

Popular Post