Friday, December 2, 2016

Ganti kampas rem cakram depan honda beat, vario, scoopy,

Pasti biasa merasakan kampas rem cakram yang bunyi srek-srek. Memang dari kontruksinya yang terbuka pasti akan mudah terkena pasir-pasir yang menjadi awal mula bunyinya kampas rem cakram ini. namum dengan adanya kunci bintang ini,  akan menyulitkan pembongkaran. Sehingga menimbulkan pertanyaan bagaimana  cara bersihkan atau ganti kampas rem cakram depan honda beat, vario, scoopy dengan mudah.

Pelepasan kampas rem depan ini memang mudah, hanya membutuhkan kunci 8 baik kunci T ataupun kunci ring. Lihat video di bawah ini.
.


caranya sangat simpel untuk melepas kampas rem depan cakram matik honda ini. Hampir seluruh honda matik injeksi menggunakan kontruksi dan kampas rem yang sama. Perlu diperhatikan bagian baut cakram pada velg. Hindarkan pelepasan kampas bagian dalam pada tempat ini karena akan tertahan. Pilihlah posisi yang berongga sehingga memberikan tempat yang cukup untuk menarik kampas bagian dalam.

Bersihkan kampas pada bagian samping dan juga dua garis tengahnya. Jika garis ini tidak nampak, gantilah kampas yang baru. Ini merupakan anjuran dari perawatan kampas rem cakram. hilangnya garis ini akan mengurangi daya cengkram kampas rem depan. Amplas bagian permukaan kampas yang terdapat paertikel kuning seperti kuninga. Inilah bagian yang sering menyebabkan bunyi srek srek.  dan pastikan sliding bergerak dengan normal. Apabila macet maka sobat membutuhkan kunci bintang untuk membuka macetnya sliding ini.

Penggantian kampas rem belakang juga sebenarnya cukup menggunakan kunci L5 saja. dengan cara mengecek kondisi piringan yang aus tidak rata dan sliding braket dan kalipernya lancar maka tidak akan timbul masalah dikemudian hari. simak vdieo di bawah ini.
.


Baca juga artikel lain.

Pemasangan kampas dahulukan bagian dalam barulah kemudian bagian luar. Agar mudah dalam memasukkan kampas bagian luar, gunakan obeng minus untuk mengungkit piston kaliper. dengan posisi piston yang mundur maka akan mempermudah pemasangan. Mundurkan maksimal piston jika dilakukan penggantian kampas rem.

Team bongkar dulu pasang kemudian... selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Popular Post