Friday, December 23, 2016

Penyebab handle rem tidak balik dan nyeplos ganti piston kit

Rem depan yang terasa berat ketika direm. Namun ketika tekanan rem di perbesar rem malah tiba tiba pakem. Merupakan gejala kerusakan piston kit atau seal master. Rembesnya minyak rem menyebabkan korosi pada bahian yang bersinggungan menyebabkan seret pada piston kit pada rumah master remnya. Untuk kasus yang lebih parah. Kerusakan ini menyebabkan piston tidak kembali sehingga menyebabkan rem manjer. Alhasil aki bisa tekor. Terkadang ada yang hingga rem seret tentu berbahaya. Untuk penggantian seal master atau piston kit ini simak videonya...



Penggantian untuk Penyebab handle rem tidak balik ganti piston kit ini dilakukan pada supra x 125. Sama untuk semua jenis motor menggunakan metode yang sama. Permasalahan bermula dari seal master mulai rembes. Seal master atau piston kit supra x 125 ini tidak nermasalah apabila seal debu rapat. Dikarenakan minyak rem yang tidak terkena udara bebas tidak akan mengalami oksidasi. Ditahui bahwa minyak rem yang teroksidasi akan menyebabkan korosi.

Review part sil master bermerk federal di bawah ini.



Part ini bisa dimaksimalkan penggunaannya dengan mengganti hanya seal masternya saja sedangkan seperti pengunci dan pernya akan lebih cocok jika digunakan aslinya. Dengan ini maka hasilnya akan menyerupai orisinilnya.

Ketika terdapat korosi pada bagian piston kit maka akan menyebabkan seret. Akibatnya piston tidak mau kembali setelah dikukan pengereman. Untuk penggantiannya siapkan piston kit yang genuine. Bisa menggunkan piston kit HGP dan karena pembuat rem unuk benerapa model seperti suzuki sama. Maka bisa digunkan bermerek suzuki karena lebih murah. Tapi genuine tetap terbaik...

Langkah langkah yang perlu dilakukan persiapkan terlebih dahulu minyak rem, air, nampan dan kanebo bisa juga lap. Untuk alatnya siapkan kunci 10, tang circlip dan obeng plus. Gunakan palstik lebar atau pun bis dengan mantol unuk mengamankan body si supri.

Buka terlebih dahulu tutup minyak rem. Korosi pada baut bisa mengakibatkan macet. Lebih baik jika baut master di ketok terlebih dahulu. Jangan dibuka terlebih dahulu agar tidak tumpah ketika membuka seal master. 

Buka mur dan baut handle rem dan lepas hendle remnya. Kemudian buka seal debu piston dengan tang circlip. Buka pengunci di dalam seal master ini menggunakan tang circlip. Sabarlah, karena pelepasan pengunci ini tidak semudah yang dibayangkan. 

Siapkan nampan untuk menampung minyak rem yang akan ditumpahkan. Ada baiknya seal master atau piston kitnya di cek untuk mengetahui besarnya keusan. Pada sebagian seal master aus tapi ada pula yang mengeras.

Bersihkan kerak kerak korosi pada ruang masternya. Gunakan air bersih dan korek dengan obeng. Kemudian keringkan dengan air gun bila ada. Bisa menggunakan kanebo atau lapasang seal masternya kemudian kancing penguncinya. Kemudian pasang sela debunya danpastikan pergerakannya bebas dengan handle remnya.

Banyak pertanyaan untu caramenggati seal master rem cakram belakang. Yang bermasalah bukan seal nya saja tetapi cara mengeluarkan anginnya. Berikut ink cara ceoat mengeluarkan angin ketika ganti seal master belakang. Jangan lupa jika minyak rem kotor diganti sekalian ya!.


Langkah selanjutnya untuk Penyebab handle rem tidak balik ganti piston kit mengisi minyak rem. Dan tentu saja lakukan pemompaan. Pemompaan yang benar adalah dengan melakukan langkah kecil 5 kali dan sekali langkah panjang. Lakukan dengan membelokkan stang kekiri penuh dan ke kanan penuh. 

Untuk mempercepat pemompaan, tekan piston ke dalam. Jika angin tidak segera keluar, mungkin saja handle rem yang digunakan imitasi. Bisa dilakukan pembenaran dengan mengurangi panjang tonjolan yang menekan ke seal piston kit master. Pengurangan ketinggin ini bervariasi dari 1mm hingga 2 mm Untuk hasil yang dimaksud adalah handle tidak menekan piston ketika baut handle terpasang. 

Tambahkan minyak rem secukupnya. Ketinggian minyak rem di master rem ditsntukan oleh kausan kampas rem. Kampas rem baru diisi penuh sedangkan kampas rem tipis setengah atau setinggi lubang pengintai. Pasang kembali tutup minyak remnya. 

Catatan
Dalam penggantian seal master tidak diperlukan pembleedinangan dengan membuka baut 8 kaliper.

 Bongkar dulu pasang kemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post