Wednesday, December 14, 2016

Perawatan dan pembersihan kampas rem depan Suzuki TRS


Suzuki TRS merupakan salah satu motor 2 tak terbaik suzuki. motor ini termasuk sulit didapatkan. akan terapi sudah mengusung rem cakram di depan yang identik dengan motor sport. Dengan adanya kampas rem ini maka sangat mendukung performa mesin yang bertenaga ini. Permasalahan pada kampas rem cakram cenderung sama dengan kampas rem cakram lainnya. Perlu diketahui Perawatan dan pembersihan kampas rem depan Suzuki TRS agar rem selalu bekerja optimal.


Pembersihan kampas bisa dilakukan setiap 10000 km. Gejala yang dirasakan untuk melakukan perawatan ini, antara lain; kampas bunyi srek-srek, rem keras, rem tidak pakem, rem tidak balik, dll. Permasalahan tersebut berasal dari titik utama di bagian kaliper yaitu; braket sliding, kampas rem, dan piston. Masing masing harus dipastikan mempunyai pergerakan yang lancar. Dan pemberian pelumas dianjurkan untuk menjaga part yang bergerak senantiasa lancar. Simak video Perawatan dan pembersihan kampas rem depan Suzuki TRS di bawah ini.



Permasalahan rem cakram berasal biasanya rem terasa keras tetapi tidak pakem. Permasalahan ini berasal dari dua item. Pertama, sliding macet membuat pergerakan kampas rem hanya searah ketika di fungsikan. Hal ini memgakibatkan rem rerasa keras tetapi rem tidak pakem. Kedua, kampas rem depan tipis menyebabkan daya pencengkeraman kampas kurang maksimal karena garis+garis pada kampas rem sudah hilang.

Kampas rem seret biasanya berasal dari kotornya piston yang menyebabkan piston tidak kembali penuh setelah dilakukan pengereman. Sehingga kampas rem masih memberi tekanan terhadap pirongan. Apabila sudah dilakukan pembersihan tetapi hasil tidak maksimal, bisa jadi hal tersebut berasal dari endapan kotoran minyak rem yang mengumpul pada kaliper. Endapan ini tidak bisa naik ke dalam selang dikarenakan terlalu berat. Untuk solusinya nharus dilakukan pembongkaran kaliper.

Perawatan yang bisa dilakukan apabila belum merasakan keluhan bisa dilakukan setiap 10000 km. Part yang dibersihkan: kampas rem, sliding braket, lubang kaliper untuk slidingnya, dan piston kaliper. Dan lakukan pelumasan hanya pada slidingnya saja untuk menghasilkan pergerakan yang lancar sehingga tekanan antara kedua kampas rem seimbang. Dengan keseimbanfan ini maka akan menghasilkan pengereman yang pakem.


Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Popular Post