Saturday, December 17, 2016

Ganti Kampas Rem Depan Cakram Honda Supra

Gejala sering bunyi kampas rem depan cakram honda ketika tidak dilakukan pengereman , cobalah tengok kampas rem depannya apakah masih ada atau tidak, dan barangkali piringan cakram sudah kegesek besi kampas remnya. Jika kampas rem depan cakram honda sudah diluar limit ditandai dengan hilangnya garis pada kampas rem cakram maka perlu penggantian. Ganti kampas rem depan cakram honda supra ini mudah hanya dibutuhkan alat yang murah, seperti; kunc L, kunci bintang, obeng min, serta bahan; amplas, grease.

Langkah yang benar adalah buka dulu tutup baut kampasnya dengan obeng minus kamudian kendorkan baut L tersebut hingga drat habis. Barulah kemudia baut bintang pada braket ayau slidingnnya. Baut bintang ini diberi penguat drat sehingga berat dalam pekepasannya, team bongkar dulu pasang kemudian memberikan advice gunakanlah alat untuk memperpanjang jangakuan sehingga menghasilkan momen yang besar.

Simak video di bawah ini

https://youtu.be/0-O55TsnOx8

Kemudian tarik kaliper dari cakramnya. Jika berat karena keausan piringan yang dalammaka gunakan oneng minus untuk mencungkil kampas sehingga piston merenggang. Langkah selanjutnya Ganti Kampas Rem Depan Cakram Honda Supra adalah melepas baut penahan kampasnya dan tarik braket atau slidingnya. 

Bersihkan kampas rem apabila masih tebal dan gantilah yang baru jika sudah mendekati limit. Jika piringan sudah uas dan keusannya hingga cekung maka amplas atau gerinda bagian samping kedua kampas sehingga kampas rem baru melekat baik ada piringan cakram honda supra tersebut. Hal jni dilakukan agar Ganti Kampas Rem Depan Cakram Honda Supra ini langsung pakem.

Langkah selanjutnya ganti kampas rem depan cakram honda supra ini ini yaitu amplas karat karat pada sliding dan bersihkan dari kotoran. Lakukan hal yang sama pada piston. Rem terlebih dahulu hingga piston keluar dan terlihat bagian yang berkarat dan kotor. Putar piston kampas depan cakram honda supra ini menggunkan tang jika kotorannya memang banyak. 

Dorong kembali piston masuk dengan menggunakan obeng minus dengan perantara kampas rem bekas agar kedua piston kembali masuk. Berilah grease pada sliding Dan pastikan pergerakan lancar. Inilah yang penting dalam penggantian kampas rem depan cakram honda supra ini. Sliding yang baik adalah yang lancar dan tidak oblak. Jika terlalu aus maka sliding oblak. Bisa dilakukan perbaikan demgan memberi isolasi pada braketnya.

Penggantian kampas rem depan cakram honda supra ini tinggal memasang kampas rem dan rakit kaliper pada front forknya saja. Sebagai pengingat bahwa baut L kaliper tidak perlu pengencangan yang berat karena sudah tertutup oleh baut minus. Hal ini dilakukan untuk menghindari baut macet di kemudian hari. Lakukan pengencangan pada baut bintangnya.

jangan ditambahkan minyak rem karena malah akan bermasalah dikemudian hari ketika akan mengganti kampas rem yang baru, ganti lah sesuai jadwal setiap 2 tahun sekali. jika posisi minyak sudah mulai menurun ini sbenarnya tanda dari kampas yang mulai tipis. seperti pada video di bawah ini.




Evaluasi untuk penggantian kampas rem depan cakram honda supra ini dengan menekan rem hingga terasa berat pertanda rem sudah siap digunakan. Dalam keadaan bebas, roda depan harus lancar pergerakannya. Inilah tanda penggantian kampas rem depan cakram honda supra sukses. 
Apabila rem terasa kurang pakem terdapat beberapa kemungkinan.
Kemungkinan pertama, kampas rem dan piringan belum menempel dengan baik. Dengan penggunaan, maka kedua permukaan akan semakin baik persinggungannya. 
Kemungkinan kedua, braket miring dikarenakan motor pernah jatuh. Bisa dilihat pada kaliper rem depan honda supra ini bergerak hanya bagian bawah atau atas saja ketika direm. Braket yang baik seharusnya pergerakannya seimbang antara atas dan bawah. 
Kemungkinan ketiga Piston seret dikarenakan kotoran yang yang menumpuk pada bagian seal dan pistonnya. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pembongkaran kaliper.
Kemungkinan ke empat, minyak rem terlalu penuh. Luakukan perbaikan dengan mengurangi minyak di master rem atas. Atau dengan membleeding minyak rem. Jumlah yang benar dengan kampas rem depan baru adalah tanda atas pada kaliper. Jangan terlalu banyak menambah minyak rem.
Kemungkinan kelima, terdapat kotoran minyak rem di dalam kaliper. Hal ini mungkin terjadi bila dirasa pergerakan piston normal, yaitu maju dan dapat kembali dengan baik. Akan terapi, piston tidak bisa dimasukkan hingga penuh. Piston kampas depan cakram ini terganjal oleh kotoran yang tercampur oleh minyak. Kotoran ini mengendap sehingga tidak bisa dikeluarkan dengan bleeding dan ridak bisa bergerak naik ke selang jika piston dimasukkan. Perbaikannya dengan membongkar kaliper.

Selain kotoran pada minyak yang tidak bisa dibuang melewati jalur bleeding kotoran pada sea harus dibersihkan karena membuat piston menjadi seret. Ketika didapatkan piston yang berat ditarik atau di dorong maka perlu diakukan pembongkaran piston dan dibersihkan kaliper beserta seal pistonnya. 

Piston Cakram Seret Bikin Rem Macet



Untuk memasang kaliper sehingga tidak perlu banyak bleeding perlu dipastikan bahwasannya kaliper diisi terlebih dahulu dengan minyak rem. pengisian ini dilakukan dengan kondisi piston keluar agar minyak banyak yang masuk ke dalam dan akan mentok sampai master rem ketika di tekan masuk.

masih kurang mantep buka kaliper. video di bawh ini membuka kaliper dengan baut penbuangan angin yang dah macet. dengan cara di video ini gak perlu bleedinh ngeluarin udara langsung pakem.
https://youtu.be/nrs5tl8REiY

Itulah beberapa penyebab kampas rem depan cakram honda supra sering seret. Tetapi kami harapkan permasalahan tersebut tidak menjangkir motor sobat semua sehingga dalam penggantian kampas rem depan cakram honda supra berjalan dengan sukses.


Cara aman ganti kampas rem cakram belakanh 



Selamat mencoba semoga artikel Ganti Kampas Rem Depan Cakram Honda Supra
Salam,
Team Bongkar Dulu Pasang Kemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post