Wednesday, December 7, 2016

Patah tapi masih bisa diperbaiki, tanpa bocor

Pernah sesekali bongkar injektor lancar, bersihin throttle body lancar. Eh, apes... Ga nyangka jatuh, patah partnya... Dudukan injeksinya patah. Tapi masihkah bisa diperbaiki atau harus ganti ya...

Browsing dong nama partnya apa... Joint comp injektor namanya. Kira kira bisa diperbaiki tidak ya. Kalo dari bahan seperti ini pasti sulit untuk di lem pake lem g. Tapi bisa jua kalo kita mengamplasnya lebih dulu biar merekat kuat. Tambahi serat kapas, fiber, atau abu gosok bolehlah. Coba dulu deh..

Mungkin pertama kali hidup tidak lepas tapi setelah beberapa hari tiba tiba motor tidak bisa hidup dan bensin mengalir deras dari mesin. Ternyata patah lagi sambungannya. Dalam keadaan ini pasti persinggungan keduanya sudah tidak pas lagi karena terkena lem pada perekatan yang pertama. Maka bagaimana solusinya?
Ganti baru saja, tapi partnya ternyata sulit dicari juga.

Maka perlu dilakukan pengeleman yang kuat. Bahan lem nya apa? Kontruksinya gimana?  Maka perlu dilakukan kontruksi yang kuat. Salah satunya dengan memasang sok di luar, akan tetapi patahnya di pangkal. Pasti tidak mungki di lakukan sok di luar. Maka lakukan sok didalam, tapi apa yang cocok? Dengan diameter lubang joint comp yang tidak lebih dari 3 mm pasti sulit. 

Ternyata bisa digunakan tabung isi tinta ball point atau pulpen biasa. Bahannya lentur dan memiliki kekuatan elastisitas yang baik. Untuk menghasilkan diameter lubang comp joint maka perlu dilakukan pengamplasan tabung tinta ini. Hasil yang diharapkan dari pengamplasan ini adalah tekstur kasar untuk menguatkan pengeleman dan ukuran yang tepat.

Berikut ini contoh hasil dari sambungan ini dan tidak bocor.




Untuk kekuatan yang baik seharusnya tabung sok ini masuk dengan berat. Sehingga dengan lem bisa mengikat kencang antara tabung tinta dan joint comp. Dengan cara ini tidak perlu lagi di lem bagian luar tetapi boleh juga untuk memantabkan


No comments:

Post a Comment

Popular Post