Tuesday, December 13, 2016

Cara ganti air radiator coolant new vario 125 & 150

Air radiator diganti setiap 12 rb km sesuai dengan anjuran pabrik. Peraturan ini digunakan untuk matik vario baik yang 110 cc maupun varion125 dan 150. Dan juga penurunan kualitas air radiator sangat signifikan pada kilometer ini. Penggantian hanya pada radiator tapi kami anjurkan untuk bagian mesin juga. Alat yang dibutuhkan sederhana saja, hanya obeng plus kecil, t8, dan sok atau kunci tekuk 10.

Cara ganti air radiator atau coolant new vario 125 &150 ada di video ini.

video segera menyusul, perhatikan pengurangan air radiator agar tidak membayhayakan sistem pendingin dengan cara ini.
https://youtu.be/p-JsDlnWoGo

Air radiator yang kami sarankan menggunakan coolant AHM. Coolant ini akan bersisa jika hanya bagian radiator saja yang dikuras. Simpan dengan naik coolant atau air radiator ini untuk stok jika reservoar kehabisan air radiator.

Langakah pertama dengan membuka tutup radiator yang dibaut plus demgan obeng plus nomer 2 atau obeng sedang. Tarik bagian depan sedikit kemudian angkat untuk melepas kancingan di belakang. Lepas juga turup reservoir atau air radiator cadangan.

Buka dengan kunci T 8 sebanyak 3 buah pada tutup radiator coolant new vario 125 dan 150 ini. Pada bagian baut depan mungkin sedikit kesulitan karena terhalan oleh footstep boncenger. Kalau pingin mudah standarkan samping terlebih dahulu.

Kuras coolant yang berada pada radiator dengan membuka baut tap berupa baut plastik kunci bintang. Pengencangan baut ini tidak sekencang baut besi sehingga dengan tangan saja sudah bisa dilepaskan. Hati hati dengan panas mesin, hindarkan dari bahaya panas air radiator.

Pembukaan tutup radiator atas menggunakan kunci 10 tekuk atau kunci 10 yang mempunyai sudut hampir siku siku untuk memudahkan pelepasan. Penggunaan kunci kombinasi tidak bisa untuk membuka tutup radiator yang dibawakan dengan model terbaru ini. Berbeda denga tutup radiator vario 125 lawas yang bisa menggunakan hanya dengan tangan.

Pembukaan tap radiator didahulukan daripada tutup atas radiator agar ketika membuka baut tap radiator tidak terjadi tekanan air radiator yang besar. Kehampaan ruang radiator akan menahan laju air radiator yang akan keluar dari lubang pembuangan. Naikkan wadah air radiator ketika membuka tutup atas karena aliran akan membesar.

Tutup baut pembuangan air radiator dan isi air radiator dengan coolant yanf baru. Akan lebih baik jika mesin dihidupkan agar gelembung gelembung udara naik. Bersihkan tutup radiator kemudian pasangkan pada radiator. Kencangkan tutup hingga titik pada tutup dan radiator bertemu.

Langkah selanjutnya memasukkan coolant ke dalam reservoir hingga upper level. Tutup kembali cover covernya dan penggantian air radiator coolant new vario 125 & 150 sudah selesai.

kejadian yang sering terjadi pada radiator yang harus diperhatikan adalah berkurangnya air radiator secara signifikan. air radiator yang berkurang disebabkan oleh panasnya mesin membuat radiator menguap. berbeda halnya jika berkurang tidak normal indikasi terdapat kebocoran pada saluran radiator sistem pendingin. yang sering menjadi masalah adalah berkurangnya ini tidak bisa diperhatikan dengan seksamama.

durasi air radiator yang normal ditambah sekitar 4 bulan sekali. jika berkurangnya radiator ini dirasa sampai sekitar 2 bulan sekali berkurang sudah ada indikasi yang janggal pada sistem pendinginm. misalnya pada bagian sambungan sambungan selang dengan mesin sedikit berkerak.b hal ini menyebabkan kerapatan nya berkurang bisa dilihat dalri kondisi ujung selang karet ini terdapat bercak-bercak putih kehijauan.

lebih parah lagi penambahan ada yg radiator dilakukan setiap dua minggu sekali. pengurangan secara periodik 2 minggu sekali harus diisi ini sudah mengalami kondisi yang memprihatinkan. pengurangan ini pasti sangat merepotkan dikarenakan telat seminggu aja pasti radiator sudah berkurang. biasanya kebocoran pada pompa radiator nya dengan harga 240 ribu.

kebocoran pada radiator ini bukan hal yang menjadi masalah asalkan pengisian kembali air radiator selalu on time tidak telat. tapi pasti sangat merepotkan karena kebocoran nya bisa sampai 3 hari sekali harus diisi dan pula harga radiator yang tidak murah pasti juga akan menguras dompet. untuk membedakan kerusakannya lebih jelas cek video di bawah ini



penyetelan vario agar di dapatkan tenaga yang maksimal.

Cara stel klep vario 150

No comments:

Post a Comment

Popular Post