Monday, December 26, 2016

Menyetel klep dan setting injeksi Honda New Vario 125

Penasaran dong cara menyervis kelas standar bengkel resmi. Sudah lihat kanan kiri tapi masih ada satu atau dua pertanyaan yang muncul. Bagian mana yang diperlukan untuk servis tentunya bagi pemula atau amatir untuk menunjang performa motor honda vario 125 sobat semua. Oleh karena itu, tidak diperlukan servis yang neko-neko, sekedar servis yang sederhana saja agar terjangkau oleh sarana dan tenaga. Nah, kali ini kami Team Bongkar Dulu Pasang Kemudian ingin menshare cara servis mudah untuk menaikan performa mesin dengan cara menyetel klep dan setting injeksi Honda new vario 125. 

Untuk menangani performa mesin berkapasitas 125 cc ini sebenarnya sama dengan 150 cc kakak kelasnya. Dengan model yang sama dan dengan komponen yang hampir sama pula. Bagian mesin yang perlu diperhatikan ketika akan servis rutin untuk menyetel klep dan setting injeksi Honda new vario 125 dan 150 ini adalah kelangsaman putaran mesin dan suara. Dari kedua faktor ini dapat dirasakan seberapa tenaga yang dikeluarkan motor. Dari suara dapat menentukan suatu keausan part dan sari putaran mesin dapat dketahui lancarnya pasokan campuran bahan bakar. 

Langkar pertama dilakukan dengan menyetel klep. Perlu untuk membuka bagasi yang terdiri dari 4 baut cacaing dan 3 baut 10. Gunakan kunci T10 tentunya. T10 lebih cocok gunakan panjang dan pendek. Ketika akan membuka baut bagasi maka gunakan yang panjang sedangkan untuk membuka tutup klep maka dibutuhkan T10 yang pendek. Untuk mempermudah dalam pembukaan tutup klep sebaiknya baut cacing yang mengapit cover didepan tutup klep ini dilepas saja.

Langkah selanjutnya melepas busi. Perlu diperhatikan  dalam melepas cop busi agar menarik pada sudut yang benar. Hal ini diperlukan agar cob busi tidak patah. Busi yang diijinkan untuk denso adalah U27 sedangkan untuk NGK adalah CPR9. Untuk jenisnya bisa dipilih sendiri, dari segi kualitas dan performa  dan tentu harga yang berbeda. Terpenting untuk daya pembuangan panasnya diperhatikan, ini yang sering bermasalah di pemasokan tenaga. Bersihkan busi jika masih baik, dan stel celapnya 0,8 mm s.d. 1 mm



Putar poros engkol dengan kick starter untuk memutarnya. Tekan kick starter perlahan lahan untuk mendapatkan TOP kompresi dengan memperhatikan pergerakan langkah rocker arm. Ketika rocker arm  menekan klep ini disebut langkah hisap maka kemudian dalam motor 4 tak akan terjadi langkah kompresi. Langkah kompresi akan berakhir pada top kompresi dimana celah katup atau celah klep akan disetel. Gunakan feeler ukuran 0,10 untuk celah klep masuk dan 0,25 untuk celah klep keluar. Dalam penyetelan standar gunakan setelan ini. Untuk mendongkrak di putaran bahwa bisa dilakukan improvisasi dengan menyetel klep in di bawah 0,10  tetapi pada motor akan berkurang tenaga kecepatan 70 keatas. Dan sebaliknya juga, maka akan lebih baik jika distel standar selain performa yang dihasilkan rata juga akan menghasilkan keawetan mesin.

Dalam penyetelan yang benar, gunakan alat yang tepat yang masih bagus. Dengan kunci ring 9 yang sedikit gojak akan merusak stelan klep juga pengencangan yang tidak maksimal. Dan kunci penyetel klep juga harus diperhatikan keausannya. Alih ali menyetel klep malah bisa merusak part jika digunakan alat yang sudah tidak layak pakai. Untuk motor yang masih bagus, kadang tidak diperlukan penyetel klep, hanya kunci ring 9 dan feeler saja. Penyetel klep bisa diputar manual dengan tangan, dan tidak akan ikut muter. Tetapi karena penyetelannya bisanya memaksa penyetel klep sebelum mur nya kendor maka dratnya tidak rapi lagi. Dan karena saking takut bautnya akan lepas biasanya untuk menyetel klep honda new vario 125 ini akan dikencangkan sekuat tenaga. Hal itu tidak diperlukan, pengencangan tanpa momen bisa dikira kira melalui ukuran dan jensi baut tersebut. 

Bersihkan seal tutup klep dan tutup klepnya dengan menggunakan bensin dan semprot menggunakan air gun. Apabila tidak mempunyai kompresor bisa menggunakan lap, kalo bisa jangan kain majun. Dikarenakan potongan yang tanpa dijahit akan menghasilkan serat serat kain yang tertempel pada part. Tentunya akan masuk ke dalam aliran oli maka kami sarankan dalam penggantian oli melalui filter oli saja agar kotoran mesin juga di buang.

Kondisi tertentu kleo ini jarang disetel walau sering diservis. Kerenggangan klep bisa melebar jika penyetalan terlalu lama tidak dilakukan. Seringkali stelan klep dilewatkan padahal berhubungan terhadap tenaga dan pula keawetan mesin. Berikut ini contoh klep vario 125 yang jarang distel. Kerenggangan klep ex bisa lebih dari 0,30 mm,



Pasang busi kemudian bukalah tutup aki dimana letak konektor untuk mereset injeksi dipasangkan. Gunakan jumper bisa dibuat dengan tembaga kecil atau sejenis klip yang diameternya seukuran jarum. sambungkan pada kabel yang berwarna hijau dan coklat. Kemudian putar kunci kontak ON. Tunggu sampai 3 detik kemudian lepas tembaga tersebut. Tunggu hingga 3 detik dan pasangkan kembali. Putar kunci kontak OFF. Inilah yang disebut reset ECM.

Langkah selanjutnya setting mode. Setting mode sebenarnya tidak terlalu diperlukan karena otomatis motor akan berada pada setting mode 1 yang berarti standar. Bisa juga dilakukan setting mode untuk mencoba setting mode 4. Caranya dengan menahan gas hingga penuh kemudian putar kunci kontak ON tentu saja dalam keadaan jumper terpasang. Tahan hingga lampu MIL berkedip dua kali, kemudian lepas hingga berkedip dua kali, tarik lagi hingga penuh kemudian lepas. Jika langkahnya benar maka akan MIL akan berkedip beberapa kali pendek kemudian 2 kali panjang maka setting tersebut menghasilkan setting mode 2. Untuk mengembalikan ke setting mode 1 maka putar kunci kontak OFF kemudian lakukan lagi gas penuh dan putar kunci kontak ON. Pertahankan hingga lampu berkedip dan lepaskan. Tunggu hingga lampu berkedip beberapa kali pendek dan satu kali panjang. Lakukan setting mode 3 dengan dua kali tarik dan dua kali pelas dan mode 4 dengan 3 kali tarik dan 3 kali lepas.

Lakukan reset Throttle Position dengan melepas soket sensor panas mesin atau pilih saja soket yang menuju mesin yang dihubungkan melalui sebuah kuningan. Untuk vario 125 dan 150 terdapat pada kanan mesin dibelakan pompa radiator. Lepas soketnya kemudian jumper dengan tembaga atau jarum, buatlah jumper yang lebih kecil. 

Pasang jumper kemudian putar kunci kontak ON hingga muncul kedipan 3 kali panjang dan lepas jumper pada socket sensor. Tunggu hingga MIL berkedip 5 kali pendek dan putar kunci kontak OFF. Lepas kedua jumper dan penyetingan telah selesai.

Hidupkan mesin dan stel putaran angin dua seperdelapan putaran. Alangkah baiknya jika penyetel angin ini di bersihkan terlebih dahulu pada bagian ujungnya. Akan terdapat kerak-kerak yang akan menghambat putaran mesin. Setting injeksi yang benar akan menghasilkan putaran mesin antara 1600 s.d. 1800 rmp.  Atau bisa dengan melihat ban belakang ikut berputar, itu cukup. Jika putaran mesin dibawah standar tersebut, maka putar keluar setelan angin tersebut hingga ban belakan ikut berputar. Dan apabila masih putaran mesin tidak langsam ketika stasioner lebih baik di setting kembali injeksinya. Dan apabila mesin tidak bisa stasioner dengan baik hingga setelan angin akan lepas, mungkin ketika melepas busi, businya jatuh dan rusak.

Pasang kembali cover center atau cover bagasi. Kemudian pasang bagasi dan kencangkan baut bautnya, tinggal dicoba deh…

Selamat mencoba…
Bongkar dulu pasang kemudian…

1 comment:

Popular Post