Saturday, December 9, 2017

Akibat CVT Motor Matik Tidak Diservis

Akibat cvt motor matik tidak diservis, sekedar dilihat kondisi v belt saja atau sekedar disemprot angin akan mengakibatkan part didalamnya cepat aus. pembersihan cvt harus secara teliti dan dilakukan secara benar seperti video rumput teki channel. Nah ini contoh yang sangat pas jika cvt jarang diservis.

Mungkin motor sudah sering diservis tapi CVT jarang dilakukan perawatan namun ada pula yang tidak tahu CVT itu apa, dan bagaimana menjadi part yang harus harus diperhatikan untuk sebuah motor matik. ketahulilah bahwa v belt matik ini berfungsi seperti rantai yeng menghubungkan mesin ke roda dan pula sebagai persening otomatis. berbeda jelas yang bedanya dengan timing belt yang sekedar memutar klep.

baca juga artikel lain,
Penyebab Roller Ccepat Aus
Cara Memasang Roller Beat dan Vario yang Benar
Mesin Vario Berisik: V-BELT atau ROLLER?

Untuk motor matik perlu dilakukan perawatan  yang rutin dan tentunya teknik yang benar. seperti perawatan yang diwajibkan setiap 8 rb km sekali seperti ganti busi, oli gardan dan tenutnya pembersihan CVT seperti video di bawah ini.

Punya Motor Matik, Jangan Lewatkan 3 Part Ini!

Agar CVT tetap aman maka harus dilumasi bagian bagian di bawah ini. Dengan alat yang sederhana bisa melakukan servis cvt dengan maksimal.



dengan dilakukan servis yang benar maka v belt dan cvt yang sebagai beban tenaga dan beban pengendara ini akan lebih awet dan terjamin keamanan. selain itu pula bahwasannya biaya kerusakan di cvt tidaklah murah seperti video  Akibat CVT Motor Matik Tidak Diservis

Pada honda beat fi di atas dirasakan oleh konsumen suara mesin yang kasar klotok klotk dan pula tenaga yang berkurang secara drastis. kondisi v belt yang terlihat berkarat mengindikasikan kerusakan rumah roller yang sudah parah dan pastinya roller di dalamnya akan rusak lebih parah.

penggantian part harus secara menyeluruh pada part yang berkaitan seperti ganti roller haruslah diperhatikan keausan pada rumah roller dan bosnya. karena penyebab roller cepat rusak adalah rumah roller yang gojak terhadap bosnya.

Agar sobat tidak mengalami kegagalan ketika bongkar pasang CVT maka lakukanlah pengencangan baut baut sesuai momenntnya. khusus untuk puli depan CVT yang starter kasar momentnya 108 Nm dan model ESP yang menggunakan puli depan alumunium hanya 60 Nm. Sedangkan puli belakang mur 39 semua sama 54 Nm dan mur 19 puli belakang 49. Cek video di bawah ini lebih lengkap.



kerusakan yang fatal pada CVT bisa terjadi jika servis yang dilakukan diabaikan. yang seharusnya 8000 kilo harus dicek dan ganti part yang terindikasi ada kerusakan malah tanpa pengecekan sehingga kerusakan bisa menjalar.

pada bagian puli depan rumah roller yang dikarenakan kurangnya grease pada rumah roller dan bosnya. arti mempercepat keausan dari Pieceslide, roller dan pastinya belt cepat retak. selain mempercepat kawasan sparepart lain juga berpengaruh pada tenaga dan suara mesin lebih kasar bunyi klotok klotok.

berikut ini video terkait CVT yang rusak parah karena jarang di service.



selain kerusakan yang parah pada piecslide dan roller yang gojlak penyebab bunyi klotok klotok, ternyata juga di bagian puli belakang mengalami kerusakan yang sama. sil puli bocor mengakibatkan greasenya keluar sehingga  slip pada kampas ganda.

kebocoran sil puli ini bisa berakibat fatal apabila grease sampai habis. pelumasan tidak ada pada puli sehingga berpotensi menjadi baret. dan pastinya menyebabkan kampas kopling selip menjadi cepat tipis.

namun demikian, servis yang dilakukan hanya mengganti sil kruk as saja yang sudah parah bocor saking kerasnya. obat lain seperti kampas ganda dilakukan congkel pir nya agar cepet megar kampas kopling ke mangkoknya. dan bocornya grease diakali dengan ganjal kertas karton. untuk kampas ganda di ganjal dan roller cukup dibersihkan.

Akal akalan cvt minim buget di bawah ini.


kondisi cvt rusak tidaknya memang tidak bisa dipastikan dari tenaga lebih pasti menggunakan suara yang dikeluarkan oleh cvt. namun demikian, ada lagi yang lebih akurat, yaitu kondisi dari kick starter yang seret. terdapat pinnion starter yang berguna untuk melanjutkan tenaga dari selahan sampai poros engkol. kondisi yang kering atau kotor menyebabkan macet. kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama. jadi jika selahan seret persiapkan dana untuk penggantian part cvt.

berikut ini video kondisi cvt dengan kick starter yang sudah seret.
.


semoga artikel  Akibat CVT Motor Matik Tidak Diservis bermanfaat dan menjadi pelajaran bahwasannya servis cvt sangat dibutuhkan dan wajib setiap 8 k km dan pula v belt dan roller juga mempunyai masa aktif 24k km sebaiknya ganti sesuai jadwal. gabung bersama instagram dan blog kami agar update terhadap masalah masalah terkini motor sobat.


No comments:

Post a Comment

Popular Post