Sunday, April 30, 2017

cara melepas ban belakang vario 125

cara melepas ban belakang vario 125 lebih sulit dibandingkan model matic lainnya dikarenakan terdapat swing arm yang berfungsi untuk memperkuat ketahanan mesin. bobot mesin yang besar ini harus ditopang dengan tambahan part seperti swing arm ini. dalam melepas roda belakang ini diperlukan teknik khusus agar moment pengencangan yang besar pada roda dan baut swing arm dan knalpot bisa dilepas tanpa ada masalah.

Permasalahan yang dihadapi untuk cara melepas ban belakang vario 125 adalah baut yang momen pengencangannya besar baik di baut kenalpot dan swing armnya juga dengan mur roda belakang yag momennya hingga 100 Nm. Terdakadang pula karena letaknya di bawah dan mudah terkena air sering kali baut berkarat sehingga semakin berat dalam melepasnya.

baca juga artikel lain

Langkah pertama adalah menyiapkan alat yang tepat untuk cara melepas ban belakang vario 125 ini. sediakan sejenis pipa atau tuas yang bisa digunakan untuk memperbesar tenaga pelepasan baut. dalam keadaan normal, baut kenalpot dan swing arm tidak akan rusak dalam pelepasan. apabila terjadi slek pada drat nya maka perlu dihaluskan dengan cutter atau gergaji besi untuk membersihkan kerusakan drat pada bautnya. kemudian dalam pemasangan diberi oli atau penetrant agar baut dapat mengulir dengan tepat.

Trik melepas arm vario 125 agar tidak macet di video bawah ini.
https://youtu.be/TWASm__9nOs

dalam hal ini langkah yang perlu diperhatikan ketika melepas ban belakang vario 125 adalah jangan melepas semua baut pada kenalpot, sisakan untuk memegang knalpot ketika melepas mur leher kenalpot. dengan demikian maka knalpot tidak akan jatuh dan pelepasan pun lebih mudah.

permasalahan yang sering dihadapi adalah moment mur 24 pada roda belakang vario yagn kencang ini sulit untuk dilepas dengan kondisi standar tengah. Oleh karena itu, dalam pelepasa ban belakang vario 125 pada mur ini perlu diturunkan motornya dan stel rem parkir sekeras mungkin agar rem tercengkeram dengan kuat. Dengan cara ini pasti mur 24 yang berat akan lebih mudah dilepas.

cek video cara melepas ban belakang vario 125 di bawah ini.



jika masih saja belum berhasil membuka arm yang macet sampai males lihatnya. bisa dilakukan cara beikut ini untuk menghilangkn bunyi cit cit.
https://youtu.be/CGSs0ROKWSU

demikian artikel cara melepas ban belakang vario 125 ini semoga bermanfaat
salam

instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

No comments:

Post a Comment

Popular Post