Tuesday, May 2, 2017

Vario 125 berdecit

Vario 125 bunyi berdecit ketika angkatan disebabkan oleh kotornya kampas kopling ganda dan rumah kampas gandanya. Kotornya ini disebabkan oleh partikel sisa gesekan antara keduanya. Beberapa motor yang telah berumur terdapat keausan pada mangkoan yang bergaris hal ini harus diselesaikan dengan penggantian. Akan tetapi, bisa pula dilakukan perbaikan secara sederhana. Selain masalah keausan rumah kolling, bunyi berdecit pada vario bisa pula diaebabkan rembesan grease pada pulley belakang.

Permasalahan ini sering dihadapi pada motor vario baik vario 110 maupun vario 125. sangat jarang ditemui pada motor beat series injeksi walaupun keausan sudah sangat dalam dan bergarus maupun terdapat rembesan grease pada rumah kampas ganda. permasalahan ini muncul pada km 50 ke atas dikarenakan kausan pada rumah kampas ganda ini yang menyebabkan bunyi.

baca juga artikel lain beikut ini
Cara Pembersihan CVT Matik Honda
Buka CVT tanpa treker
cvt vario bunyi klotok klotok

Untuk memastikan sumber suara Vario 125  berdecit bisa dilakukan buka dan tutup gas ketika mesin motor dihidupkan dimana motor ESP bisa dihidupkan dengan mudah tanpa cover cvt. Buka gas hingga sedang dan tutup kembali bersamaan dengan mengerem belakang secara tidak penuh untuk memberikan efek layaknya beban motor ketika dikendarai. Maka akan terdenganr sumber suaranya, dalam hal cvt bunyi berdecit berasal dari v belt atau bagian kampas ganda.

cewk video Vario 125  berdecit berikut.


Untuk menanngani permaslahan Vario 125  berdecit dilakukan dengan pembersihan kampas ganda dan rumahnya. apabila terdapat rembesar grease harus dilakukan penggantian seal puli belakang. Apabila tidak terdapat kotoran grease dimungkinkan bunyi berdecit berasal dari keausan rumah kampas ganda yang aus bergaris. untuk menangani pemsalahan ini harus dilakukan pengamplasan secara mendalam hingga efek aus bergaris ini tidak nampak.

Contoh video lain perbaikan CVT yang bunyi cit cit ketika awal tarikan.


https://youtu.be/WS0bCoXMo5M

Perbaikan ini bersifat sementara kecuali mampu menghilangkan aus bergaris baik pada rumah kampas ganda maupun pada kampas gandanya. akan tetapi hal ini sulit dilakukan. untuk perbaikan secara permanen bisa melakukan penggantian kampas ganda dan rumahnya. harga kedua part ini bisa mencapai 300 rb rupiah. Sehingga trik ini akan efektif untuk dilakukan sementara kita menabung dulu.

Penggantian kampas ganda dan mangkok menjadi solusi untuk mengatasi keluhan keluhan di atas. Namun demikian, kadang masih timbul masalah dengan part baru layaknya ganti v belt tenaga jadi kurang, kampas ganda dan mangkok baru juga memiliki kekurangan. 

Keluhan sehabis ganti kampas kopling ganda dan mangkok diantaranya; angkatan gredek, angkatan bunyi, tenaga selip. Solusinya sekedar buka saja amplas kembali, karena memang kampas ganda bakal aus nya sebelah, dan mangkok kopling bakal berkerak. Seperti video di bawah ini.


Bagian kampas ganda yang kena mangkok didalamkan sekalian biar merata. Dan mangkok koplingnya tinggal amplas muter saja. Dan sangat penting menjaga kampas dan mangkok dari minyak. Hati hati megang walau tangan bersih bisa menimbulkan efek.

semoga artikel Vario 125  berdecit ini bermanfaat. tetap aman di jalan dan cek kondisi motor dengan seksama. salam

rumput teki channel

No comments:

Post a Comment

Popular Post