Thursday, May 18, 2017

Bongkar dan servis cvt vario 150 setiap 8000 km

Bongkar dan servis cvt vario 150 setiap 8000 km wajib dilakukan baik terdapat keluhan atau tidak pada bagian cvt. Perawatan ini wajib dilakukan untuk berbagai manfaat seperti kenaikan performa mesin menjadi lebih responsif dan mengurangi getaran yang sering dikeluhkan. Selain terasa pada performa, servis cvt bisa membuat keawetan part seperti roller, rumah roller dan v belt. Dengan bongkar cvt vario ini juga dilakukan pengeckekan
kondisi masing masing part, roller, rumah roller, seal pully belakang, kampas ganda dan v belt dari indikasi keeusakan yang bisa berantai.

part cvt akan awet dan nyaman digunakan jika selalu dilakukan Bongkar dan servis cvt vario 150 setiap 8000 km. akan tetapi, perawatan penggantian seperti roller dan v belt setiap 24 rb km juga perlu dilakukan. untuk penggantian v belt ini mungkin bisa bertahan lebih lama dibandingkan v belt milik vario 110 atau beat 110 cc. v belt yang lebih tebal menyebabkan keausan yang terjadi tidak terlalu parah. diantara kerusakan v belt yang sering terjadi adalah aus retakan pada bagian celah gigi gigi nya.

baca juga artikel lain.
Kelemahan honda vario 150
cara menguras air radiator vario
Cara Reset ECU dan TP Vario LED 125 & 150

Part yang perlu diperhatian ketika membongkar dan servis vario ini seperti keadaan roller dari aus tidak rata, keausan bos dan rumah roller, keausan kampas ganda, rembesan seal puley belang. dan tentu saja kondisi dari v belt. Dalam perwatan rutin ini yang sering tertinggal pengecekannya adalah kondisi seal puley belakang yang sebenarnya pengecekannya cukup mudah. Sekedar dikembangkan puley belakang sedikti akan kelihatan grease yang telah keluar. kemudian pada bagian dinding dalam cvt pasti akan terlihat kotoran yang menempel.

Part yang harus diberi grease antara lain: bos roller dan rumahnya, per pinnion kick starter, laher bambu puley belakang dan apabila melakukan penggantian piece slide sebaiknya diberi pelumas sedikit pada bagian yang bergesekan agar kekencangan pieceslide ini tidak menyebabkan tenaga terasa ngempos. hal yang tidak bole diberi grease adalah, v belt, permukaan puly yang mengenai v belt, roller, kampas ganda. jika part part ini di beri grease maka akan menyebabkan tenga berkurang dan mempercepat keausan.

cek video Bongkar dan servis cvt vario 150 setiap 8000 km di bawah ini.



cek rutin cvt siapa tahu baru 28 rb km kondisi kmpas ganda sudah tipis. keluhan mungkin sudah terasa tetapi tidak tahu bagaimana menyebutkannya. jadi pastikan gejala seperti video di bawah ini.


pencucian v belt sangat dianjurkan karena cvt ini tidak diberi filter dari aliran udara luar untuk pendinginan. pencucian bisa dilakukan dengan air sabun dan bilas degnan ari bersih dan tidak perlu dikeringkan karena dengan berputarnya mesin akan kering sendiri. gantilah part jika mengalami kerusakan atau keausan dan pula hindari tangan kotor selalu gunakan kain majun.


semoga artike Bongkar dan servis cvt vario 150 setiap 8000 km ini bermanfaat.
salam
bongkardulupasangkemudian.blogspot.com
demikian art

No comments:

Post a Comment

Popular Post