Sunday, May 21, 2017

cara memperbaiki idling stop tidak berfungsi

cara memperbaiki idling stop tidak berfungsi sebenarnya tidak sulit dan bisa dilakukan sendiri. permasalahan ini biasa muncul dikarenakan putaran mesin turun akibat kotornya throttle body sehingga menghalangi sensor.  dan pula kondisi ausnya throttle valve yang aus karena pergerakan grip gas. selain masalah tersebut, juga masih terdapat persyaratan untuk menfungsikan kembali idling stop yang tidak berfungsi. selain masalah putaran
stasioner pada kasus ini masih terdapat beberapa syarat yaharus dipenuhi, mari kita bahas cara memperbaiki idling stop tidak berfungsi.

sesuai dengan fungsinya idling stop system sebagai fitur untuk mematikan mesin ketika berhenti dan langsung bisa menghidupkan kembali setelah gas dibuka. dengan syarat yang harus dipenuhi antara lain:
1. mesin dihidupkan dengan elektrik starter
2. saklar pada posisi idling stop
3. mesin dalam suhu kerja yaitu minimal 60 derahat celcius
4. speedometer telah berjalan minimal 10 km/jam
5. throttle valve tertutup penuh
6. tegangan battery tidak lemah lebih dari 12.40 v
7. putaran mesin stasioner standar antara 1600 rpm s.d. 1800 rpm

baca juga artikel di bawah ini.
Perawatan maanual scoopy injeksi 
Cara reset dan setting injeksi honda beat
Dont worry kelemahan honda beat Injeksi 2017

Syarat syarat di atas harus dipenuhi sebagai cara memperbaiki idling stop tidak berfungsi. permasalahan idling stop tidak berfungsi yang biasa terjadi hanyalah masalah ringan yang sering terlewatkan, seperti putaran mesin tidak standar. dengan besarnya putaran stasioner motor bebek yang lebih kecil dibandingkan motor matic, pelanggan sering menginginkan atau menyamakan putaran mesin yang sama. akibatnya dengan kecilnya putaran stasioner menyebabkan idling stop tidak berfungsi.

selain maslah pada faktor disengaja ini, terdapat pula masalah kecilnya stasioner karena kotornya throttle body atau kausan throttle valve. ketika putaran stasioner dikeluarkan untuk harapan membesarkan putaran stasioner hasilnya malah putaran mesinnya menurun. untuk mengatasi masalah putaran stasioner yang tidak bisa tinggi perlu dilakuka reset ecm dan throttle position. jika dengan reset ini tidak berhasil perlu dibersihkan throttle bodynya.

untuk lebih lengkapnya silakan putar video cara memperbaiki idling stop tidak berfungsi di bawah ini.




faktor lain yang sering terjadi diluar masalah puataran mesin stasioner adalah tegangan battery. beberapa kendaraan bisa distarter elektrik memanfaatkan kekuatan battery tetapi kekuatan battery ini tidak bisa menghidupkan idling stop. tegangan minimal battery adalah 12,4 volt. dan pastinya dalam kondisi mesin masih dingin tidak bisa difungsikan. hal ini perlu diperhatikan bahwasannya untuk menfungsikan kembali idling stop dibutuhkan mesin memenuhi standar kerja.

semoga artikel cara memperbaiki idling stop tidak berfungsi ini bermanfaat dan masalah idling stop system yang tidak bekerja dengan baik bisa diselesaikan. salam

instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

blog
http://www.rumputteki.online 

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki
bongkardulupasangkemudian.blogspot.com

1 comment:

  1. om teki...
    motor saya vario 125 iss 2016
    dulu pernah reset ecu karena idling stop bermasalah
    tetapi idling stop jarang saya pakai
    bulan lalu saya ganti semua lampu (sein, rem, dan plat nomer) menjadi LED termasuk flasher sein nya (CR7)
    kemarin, setelah saya servis 8.000km di ahass, mekanik nya bilang idling stop saya tidak berfungsi, dan ecm nya bermasalah
    harga ecm 1,5jt
    (2 minggu sebelum nya saya merasa idling stop tidak berfungsi, dan saat gas di tutup seperti masih kurang nutup gas nya)
    yg jadi pertanyaan saya, apakah saya perlu mengganti ecm nya langsung? atau ada solusi lain?
    (saya berencana mengecek tegangan aki dan membersihkan TB sendiri)

    ReplyDelete

Popular Post