Saturday, May 27, 2017

cara mengatasi rem cakram depan keras

cara mengatasi rem cakram depan keras pada sepeda motor dengan metode ini bisa dilakukan untuk semua merk sepeda motor. Kerasnya rem ini disebabkan mulai berkurangnya ruang pengereman karena mulai kerasnya karet dan kotornya bagian bagian ruang minyak ini. Bagian kotor bisa terjadi pada bagian seal piston kit atau seal master dan juga seal piston kaliper.

Kerasnya rem cakram depan ini juga bisa mengindikasikan kerusakan seal piston dari master rem atau dalam bukunya di sebut piston master kit. Selain keras, dalam kondisi yang semakin buruk maka handle rem tidak kembali sehingga terasa oblak. Untuk memperbaiki permasalahan ini bisa dilakukan seperti artikel di bawah ini.

Penyebab handle rem tidak balik dan nyeplos ganti piston kit
Trik perbaiki rem cakram keras 
cara memperbaiki rem cakram motor keras

akan tetapi pada permasahan yang lebih ringan dimana tidak ada indikasi kerusakan dari piston master kit ini maka bisa dilakukan trik dengan menambahkan udara pada saluran rem. alat yang dibutuhkan sangat sederhana sekedar selang ukuran diameter dalam 3 mm dan kunci ring 8.selang yang digunakan bisa dari bekas aki basah yang terdapat pada kemasan ketika beli. atai bisa dicari di toko terdekat.

Langakah pertama  cara mengatasi rem cakram depan keras dengan memasang kunci ring 8 ini pada bleeder kalipe. kemudian memasang selang pada bagian ujungnya seperti layaknya mau mengeluarkan angin pada saluran rem atau yang disebut dengan beleeding.

siapkan angin bertekanan pada ujung selang bisa menggunakan kompresor, pompa angin , atau bisa ditiup. karena penggunaan kompresor tidak memungkinkan tidak dimiliki setiap orang dan dengan pompa harus membutuhkan orang lain untuk memompa jadi yang terbaik yang bisa secara oral bisa dilakukan sendiri maka dengan ditiup.

cara mengatasi rem cakram depan keras  selanjutnya dengan membuka baut bleeder ini mengendorkan hingga terlihat keluar minyak rem dari di bagian selang. Oleh karena itu, baiknya gunakan selang yang transparan. Setelah keluar minyaknya segera ditiup hingga minyak masuk kembali dan hentikan jika dirasa angin darit tiupan sudah bersarang di dalam kaliper.

simak video  cara mengatasi rem cakram depan keras  di bawah ini.


Dengan memasukkan angin ke dalam kaliper maka rem akan terasa empuk. langkah selanjutnya menyesuaikan tekanan yang sobat inginkan pada rem cakram depan yang sebelumnya terasa keras ini. jika dirasa kurang empuk maka selang ditiup kembali dan apabila terasa terlalu empuk maka perlu dilakukan pengeluar udara melalui lubang bleeder tersebut.

Trik yang diperlukan untuk menghasikan tekanan yang diinginkan adalah membuka batu bleeder ini dalam waktu setengah detik saja. Maka teakanan akan naik secara perlahan dan disesuaikan dengan keinginan.

semoga artikel  cara mengatasi rem cakram depan keras  ini bermanfaat dan pastinya mudah dilakukan sendiri di rumah. selamat mencoba!

salam rumputtekichannel


1 comment:

  1. Sebelumnya makasih tipsnya bro,udh ane coba mantep,btw ko seminggu keras lagi ya, dan setel lagi,trs setelah seminggu keras lagi
    udh bbrp kali coba bro..

    ReplyDelete

Popular Post