Friday, May 12, 2017

cara membuat kunci tracker cvt

cara membuat kunci tracker cvt lama yang belum esp ini pasti sulit sekali untuk melepas mur depannya.. mur depan ini memliki torsi pengencangan 100 Nm, atau tambah 20 Nm lagi setara dengan mur roda belakang. dengan kekuatan torsinya yang besar ini maka dibutuhkan alat yang mumpuni untuk penahan torsi 100 Nm ini. alat yang dibutuhkan tidak perlu sesuai dengan bengkel resmi. kali saya membuat video cara membuat kunci tracker cvt jadi kita tidak menggunakan treker yang biasa. treker yang digunakan terbuat dari bekas kampas cakram. bagaimana membuat treker cvt khusunya puli depan ini agar mudah peggunaan dan kuat kontruksinya.

alat yang dibutuhkan untuk membuka cvt antara lain, obeng plus, kunci T, tang, treker, kunci 19, kunci 22, dan pipa sebagai pembersar tegangan alat. pada hal ini pasti ditemui masalah tentang ketersesiaan trekernya. Oleh karena itu, dengan sebanyak variasi yang ada di video youtubers ada ada yang sekiranya tidak aman bagi komponennya. seperti pada puli depan ini ada yang mengganjel pada bagian face comp. atau rumah roller. masalah yang timbul adalah rumahnya penyok karena terbua tdari alumunium. 

baca juga artikel lain

Untuk menangani permasalahan inii maka dibutuhkan treker yang mengait pada puli besainya atau gigi pada starternya agar komponen tersebut tidak rusak karena terbuat dari besi. dalam hal ii saya menggunakan plat yang bisa kuat menahan gigi starter maka sekedar plat yang di baut pada baut cvt bisa berfungsi dengan baik. dibutuhkan plat yang kuat dan tebal. dalam hal ini saya menggunakan kampas rem orisinil dimana platnya kuat dan tebal. 

setelah pemilihan bahan maka cara membuat kunci tracker cvt selanjutnya mendesign bentuk yang pas sesuai dengan giginya, langkah pertama adalah membengkokkan kampas hingga bisa masuk dalam celah antara crangkas dan perkiraan gigi bisa dimasukkan ke gigi starternya. dalaam pembengkokan ini tidak serta merta secara garis lurus tetapi agak bengkok karena profil dari crankcase yang bergelombang. dalam pembuatan ini dibutuhkan gergaji dan kikir, buatlah minimal 2 buah gigi yang akan ditancapkan ke gigi starternya. kemudian buatlah lubang yang sesuai dengan lubang pembautan tutup cvt.

cara membuat kunci tracker cvt model ini bisa ditujukan untuk semua puli depan cvt honda matik degan starter yang masih keras atau belum esp, yaitu; vario 110 karburator, beat karburator, spacy, scoopy dll. bahan yang dibutuhkan seksedar kampas rem depan bekas yang orisinil karena kita membutuhkan ketebalannya yang mumpuni.

untuk cara membuat kunci tracker cvt dapat dilihat di video ini.



Permasalahan yang dihadapi pasti dalam pembuatan gigi akan sulit karena harus diperhatikan degnan seksama dengan kondisi asli dari puli depan dan crankcasenya. oleh karena itu, dalam pembuatan lubang sebagai dudukan baut bisa dibuat sedikit memanjang sebagai freeplay atau jarak bebasnya.

Lebih jelas dalam proses pembuatan treker ini bisa dilihat pada video ini.



untuk masalah treker puli belakang hanya dibutuhkan tang, kunci T untuk melepas cvt ini, dan pula penting adanya dibutuhkan pipa untuk memperpanjang ayunan sehingga tenaga yang dihasilkan besar. saya menggunakan shock depan bekas karena tidak berkarat dilapisi chrom sehingga tetapi keren.

selamat mencoba semoga artikel cara membuat kunci tracker cvt ni bermanfaat dan mudah diaplikasikan. salam.

rumput teki channel


15 comments:

  1. mas cara service beat pop apa sama den)an beat biasa makasi mas mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  2. esp belum ya mas? ini khusu buat yang non esp, yang esp jauh lebih mudah, cek kupasannya di artikel saya, buka cvt tanpa treker

    ReplyDelete
  3. dijual nggak tuh mas? kalo misalkan dijual berapa hrgnya? saya mau lho buat ngebuka beat fi yg saya punya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira kira berapa ya harga yang pas?
      Saya belum produksi masal, masih ngitung bahan proses dan harga yang sesuai

      Delete
  4. gan mau dong saya pesan,berapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesegera akan saya pasang di toko jual beli online

      Delete
    2. ayo gan segera dijual, udah bnyk yg minat tuh termasuk ane. Hehehe

      Delete
    3. sudah dijual online blm mas ? minta linknya...

      Delete
  5. gan bisa beli sekarang?
    kalau bisa wa ya gan ke no. saya.
    0895636920566

    ReplyDelete
  6. mas bisa pesan trackernya enggak ???

    ReplyDelete
  7. Pesen dong mas tracker kebanggaannya. Ready kapan barangnya?

    ReplyDelete
  8. Klo udah ready segera infokan ya Mas, ane minat sm treker nya. Simpel tp sangat berguna.

    ReplyDelete
  9. Jual gak ms kalau jual saya mau pesan

    ReplyDelete
  10. Mas ajarin step by step cara buat treker ny,, cr bengkokin ny,, byr lbh jelas mas

    ReplyDelete

Popular Post