Monday, May 8, 2017

roda belakang vario bunyi kasar

roda belakang vario bunyi kasar bisa ditangani dengan penggantan laher bambu atau laher driven face. laher ini sebagai tumpuan puli belakang sehingga keausan sangat rentan terjadi. laher dirven face ini terdiri dari dua buah laher yaitu laher biasa dan laher bambu. kerusakan sering terjadi pada laher biasanya daripada laher bambunya sendiri, hal ini disebabkan karena laher ini kecil tidak sesuai dengan fungsinya menahan bebean puli belakang dari tenaga mesn dan tahanan beban kendaraan.

Permasalahan roda belakang vario bunyi kasar ini juga bisa terjadi pada motor matic lainnya tanpa ada alasan khusus yang menyebabkan cepat rusak. sementara ini penyebab utama kerusakan laher driven face juga sama dengan kerusakan laher dinding yaitu keolengan mur 19. selain mengakibatkan getaran ternyata juga bisa mengakibatkan keausan pada laher dinding cvt, laher driven face. pengikiran mur 19 sangat diperlukan untuk menanggulangi kerusakan yang bisa terjadi walau tidak ada keluhan getaran yang dirasakan.

baca juga artikel lain.
cara membuka laher bearing cvt Honda
cara melepas bearing gearbox cvt
cara ganti laher bearing roda motor dengan benar

Sesuai tumbnail artikel ini jika roda belakang vario bunyi kasar maka kerusakan terjadi pada laher driven face. Untuk mengganti part ini dibutuhkan alat seperti, kunci T8, penahan puli belakang, kunci torsi, penahan puli belakang, sok 39, tang circlip internal, palu, dan T 12. untuk bahannya siapkan laher bambu dan laher driven nya.

dalam pemasangan ini sangat diperhatikan jumlah greasenya harus sesuai dengan ketika pelepasan, dimana terdapat grease pada bagian dalam driven face ini dan pula penuh pada bagian dalam antara driven face dan movable driven facenya. selain itu, pula diperhatikan kondisi seal dan o ringnya, jika terlihat ada rembesan yang hingga menempel pada puli atau pada mangkoan sebaiknya diganti.

cek video  roda belakang vario bunyi kasar di bawah ini.



cara mengganti laher bearing lebih lengkap untuk motor beat esp ada di video bawah ini.
https://youtu.be/UtkedHkBWe4



Untuk masalah motor vario 150 bunyi mesin kasar saat didorong di video di bawah ini.
https://youtu.be/900R7OJkYoU

Mur 19 puli belakang yang hanya seharga 5 ribu perak ini berefek pada:
1. getaran vario 125 dan 150, PCX, di awal angkatan
2. getaran beat, vario, scoopy, 110 cc series kecepatan 40 - 60
3. laher bak cvt cepat oblak
4. laher cvt dan bambunya cepat bunyi kasar
5. as driven shaft bengkok

laher puli belakang untuk semua motor matik honda.


https://youtu.be/gFDXk_GdPdI

benarkan mur saat ada keluhan di atas
gantilah shaft driven jika laher mur diluruskan tetapi masih cepat jebol lahernya.

Permasalahan yang sering dihadapai adalah pelepasa circlip yang menahan laher di dalamnya, kadang tang circlip yang disediakan tidak bsa menjangkau dalamnya circlip ini. kemudian dalam pemukulannya sering didapatkan laher di dalam ini rusak. kesalahan dalam pemasangan yang sering dilakukan adalah. sebelum laher ini benar benar tertata pada bagian dudukannya di dalam sudah di pukul duluan. dengan adanya alat kunci T 12 atau T lain yang bisa menekan pada bagian bantalan luar dengan benar ketika laher sudah terpasang tepat di mulut dudukannya.

Pelepasan circlip yang efektif akan sangat menguntungkan untuk penggantian laher bola saja tanpa laher bambu karena tekanan tergadap laher bambu tidak secara langsung dan merata oleh permukaan circlip. Video efesien ganti laher puli di bawah ini.

https://www.rumputteki.com/2020/01/substitusi-spare-part-cvt-motor-honda.html

sparepart memiliki beberapa substitusi yang bisa dipilih berkaitan dengan harga yang lumayan bersaing. 

bearing bola
 
gunakanlah grease yang sesuai untuk penggunaan cvt dan jika menggunakan greas AHM maka untuk mengganti laher driven face ini harus dipergunakan tanpa sisa.

semoga artikel  roda belakang vario bunyi kasar ini bermanfaat. salam.

rumput teki channel
bongkar dulu pasang kemudian

No comments:

Post a Comment

Popular Post