Wednesday, May 24, 2017

bongkar dan servis lengkap cvt honda beat fi

bongkar dan servis lengkap cvt honda beat fi diperlukan untuk menaikan performa dan tentunya mengawetkan part di dalamnya. dalam permasalahan ini muncul gejala yang tidak nampak pada saat pengendaraan. akan tetapi, ketika dibuka ternyata seal kruk as telah rusak dan oli yang merembes juga sudah banya. oleh karena itu, pembersihan cvt wajib dilakukan setiap 8 rb km, walau tanpa adanya keluhan.

Pemebrsihan v belt ini dimaksudkan agar komponen dalam cvt tetap memliki kondisi terbaik. untuk melakukan  bongkar dan servis lengkap cvt honda beat fi  dibutuhkan alat yang khusus seperti treker penahan untuk puli depan dan puli belakng. treker ini bisa dibuat sendiri menggunakan alat seadaanya dengan kreatifitas masing masing.

baca juga artikel di bawah ini

Selain untuk  bongkar dan servis lengkap cvt honda beat fi cara ini juga bisa digunakan untuk membongkar cvt vario lama atau beat lama yang masih karburator. pembongkaran ini lebih sulit disamping torsi yang digunakan lebih besar dibandingkan model esp juga dibutuhkan treker yang sulit dibuat.

pada kasus  bongkar dan servis lengkap cvt honda beat fi kali ini terdapat masalah pada bagian seal kruk as rembes. bocornya oli ini menyebabkan gangguan pada kecepatan. Dengan adanya oli yang rembes menyebabkan oli ini memasuki bagian roller dan bagian v belt sehinga pergerakannya terhambat.

untuk membersihkan komponen yang terkena oli ini maka perlu dicuci menggunakan bensin atau alkohol. dan harus dibilas kembali menggunakan air sabun dengan baik untuk membersihakn sisa oli, bensin atau alkohol yang digunakan. oleh karena itu, komponen seperti, roller, rumah roller, v blet, mangkoan, kampas ganda harus dipastikan bersih dari minyak.

perlu dierhatikan keausan dari part ketika  bongkar dan servis lengkap cvt honda beat fi yaitu seperti roller, rumah roller dan bosnya, bagian ini sangat penting dalam menyumbang tenaga ngempos untuk tanjakan jika terjadi keausan. kemudian bagian kampas ganda dari keausan atau terkena mingyak bisa menyebabkan tarikan awal dari 0 hingga berjalan akan terasa lemot.

untuk lebih jelasnya silakan simak video  bongkar dan servis lengkap cvt honda beat fi  di bawah ini



Perlu diperhatikan untuk moment pengencangan pulley depan sebesar 100 Nm, atau bisa dikatakan sekuat tenaga. kemudian untuk belakang hanya 49 Nm atau hanya sebesar tekanan lengan tangan saja. untuk menghilangkan keluhan getar perlu dilakukan pengikiran mur 19 jika pada awal pembukaan di cek kondisi as pulley belakang bergoyang. 

Ketika menemui prmasalahan harus ditangani sekalian, misalnya keluar oli dari selang bawah cvt. Kerusakan ini mengarah pada seal cvt yang bocor, antara seal kruk as atau seal gardan. Perbaikannya pasang dan melepas harus diperhatikan. Kebanyakan keluhan seal ini mudah bocor kembali, pastinya adanyang tidak beres saat proses penggantian.

Perhatikan teknik gantinya dan pula pahami sebab bocornya seal gardan pada video di bawah ini.


Pelepasan seal harus hati2 karena akan menggores as jika mencongkelnya menggesek as. Dan pemasangan pula harus pada kondisi yang bersih. Seal harus ada posisi yang sejajar dengan dinding agar tegak lurus terhadap as nya. 

semoga artikel  bongkar dan servis lengkap cvt honda beat fi  ini bermanfaat.
salam

bongkardulupasangkemudian.blogspot,com

No comments:

Post a Comment

Popular Post