Saturday, August 19, 2017

penyebab rem cakram motor seret dan cara mengatasinya

penyebab rem cakram motor seret dan cara mengatasinya dengan cara yang salah dengan pemberian minyak pada akram malah berakibat rem jadi tidak pakem dan terasa blong. Pada bagian rem ini tidak boleh ada kaitan penggunaan pelumas baik minyak maupun grease pada kampas rem atau pada bagian rem lainnya kecuali pada sliding braket pemegang kalipernya.  Penggunaan grease inipun sebenarnya khusus yang tidak bereaksi terhadap karet yang bisa membuatnya memuai.

permasalahan rem depan sering tidak dipahami dengan baik oleh pelanggan kami. ataupun sobat sering melakukan kesalahan human error yang sebelumnya berharap menjadi perbaikan sementara. akibat dari perbaikan seperti pemberian pelumas pada cakram yang seret malah merupakan kesalahan besar.
baca juga artikel lain.


Permasalahan yang ramai dibicaraka seperti pemakaian oli untuk bagian rem dari bagian piringan atau penambahan oli yang berupa minyak goreng pada minyak rem. Hal ini sangat fatal tentunya dimana minyak rem yang dimaksud bukanlah minyak sesungguhnya tetapi merujuk pada fluida. bahan dasar dari minyak rem sebenarnya seperti air yang dinaikan spesifikasinya dalam hal kebutuhan rem yang menjamin keamanan pengguna kendaraan.

Minyak rem mempunyai spesifikasi yang tidak mudah mendidih karena panas kampas rem. mendidihkanya minyak rem bisa mengakibatkan udara palsu yang bisa membuat rem blong. minyak rem pun tidak mudah mengalami karat terhadap bahan di dalam saluran rem cakram. sehingga bisa bertahan hingga 2 tahun sesuai jadwal penggantiannya. walau tidak boleh ditambah minyak goreng atau oli yang bisa mengakibatkan memuai karet karet di dalam saluran ini bukan berarti bisa ditambah air biasa. Air biasa pasti akan mengakibatkan reaksi kimia dengan ruang didalamnya yang mengakibatkan saluran menjadi kotor.

Lihat video di bawah ini bagaimana jika oli atau minyak goreng ditambahkan pada minyak rem.
https://youtu.be/_K8L8xa18xU



Untuk memperbaiki kesalahan pemberian perlumas oli atau grease pada piringan harus dengan pencucian bagian yang terkena oli dengan sebaik baiknya. pengggunaan deterjen sangat dianjurkan karena dapat mengikat oli dengan baik. akan tetapi permasalahan oli ini tidak mudah juga karena telah meresap pada kampas rem dan pula lubang lubang di cakram. Dalam hal ini pencucian menjadi faktor penting untuk suksesnya mengatasi permasalahan ini.

kembali ke masalah utama yang menjadi faktor seretnya kampas rem depan ini. kampas rem bisa seret bisa disebabkan beberapa faktor yang harus dipahami degnan benar dari urutan paling ringan ke masalah yang lebih rumit agar penyelesaian masalah lebih efektif. sliding braket pemegang kaliper macet, ini merupakan cek pertama setelah melakukan pembongkaran kampas rem depan. minyak rem terlalu banyak, kemungkinan kedua dan terakhir adalah seal piston kaliper macet. adapla pemberian handle rem imitasi bisa menjadi penyebabnya jika terlalu banyak menekan piston kit master.

untuk melepas sliding braket yang macet bisa melakukan pemukulan pada braket hingga bergerak. apabila tidak ada pergerakan bisa menggunakan treker. dalam hal ini penggunaan treker akan di bahas kembali jika menemukan masalah yang lebih berat. setelah braket terlepas maka langkah selanjutnya memberi grease pada permukaan as sliding ini hingga pergerakan menjadi lancar.

braket sudah lancar dan cakram dan kampas sudah bersih maka pasang kembali komponen rem cakram depan. pastikan pergerakannya lancar dan pakem saat mengerem. dengan adanya minyak ini akan mengurangi tingkat kepakeman rem. oleh karena itu, dalam beberapa hari perlu dicuci kembali bagain rem yang masih berminyak.

Jika servis rem di atas sudah dilakukan tetapi masih seret rem depannya. bisa jadi permaslahan ini timbul dari seal master yang bermasalah. kondisi ini bisa dilihat dari lampu rem yang manjer atau handle rem tidak kembali. permasalahan seal master rem dan cara membleeding atau mengeluar angin di rem secara mudah bisa dilihat di video di bawah ini.

Gejala Seal Master Rem Bermasalah


Maslah lain sering timbul pada rem cakram depan adalah masalah lengket atau seret ketika motor dimundurkan. Jelas bahwa masalah berasal dari rem walaupun ketika maju motor didorong kedepan terasa ringan. Berbeda dengan masalah rem yang jika belok baik kedepan atau kebelakang terasa berat masalah ini timbul dari laher roda yang gojak.

Rem depan cakram yang mengalami maju normal mundur seret terjadi karena perbedaan kelancaran dari kedua sliding braket ke kaliper. Sliding braket yang besar lebih bebas dibandingkan sliding kecil. Tidak berhenti di perbedaan kelancaran sliding, masalah di motor tua kadang kelonggaran bisa sampai 3 lapis plat. Berharap memiliki motor tua cek video masalah motor makin tua, rem makin keladi di bawah ini.

https://youtu.be/knR6cGhuc5Q


Jangan lupa pengencangan baut baut rem karena rem merupakan part yang dapat mengamankan motor sobat. Stay cared pasa motor terutama kampas rem karena tidak ada gejala yang dirasakan tahu tahu bermasalah.

keluhan kampas seret juga dirasakan ketika penggantian kampas rem depan cakram ini indikasinya piston kaliper tidak bisa di tekan mundur. piston yang seret tidak mau mundur disebabkan beberapa faktor, tapi penyebab yang paling aneh mungkin ini, handle rem.

berikut ini keluhan hanlde rem bikin rem gak bisa kembali dan cara mengatasinya.



Untuk motor matik lebih simpel karena piston kalior hanya satu saja. Resiko keanginan kecil sekali dengan aliran dalam piston lebih lancar. Piston kaliper bukan karena kotor tetapi seal yang terganjel kerak. Seal debu khususnya menjadi lebih erat memegang piston sehingga seal penarik tidak kuat.

Berikut perbaikan rem seret dengan masalah pada piston macet.



semoga artikel ini bermanfaat.

instagram
https://www.instagram.com/rumputtekichannel 

blog
http://www.rumputteki.online 

Channel tambahan
https://www.youtube.com/aripranant

channel utama
https://www.youtube.com/rumputteki

No comments:

Post a Comment

Popular Post