Wednesday, August 16, 2017

Penyebab vario 125 bunyi kletek kletek

Penyebab vario 125 bunyi kletek kletek pada saat motor stasioner awalan motor jalan atau akan behenti disebabkan permasalahan pada puli depan. diantara permasalahan yang terjadi antara lain, mur 22 kendor, v belt kotor berminyak, piece slide gojak, atau memang roller yang peyang. permasalahan ini mempunyai karakteristik masing masing. lebih lanjut silakan buka blog kami.

Untuk menganalisa permasalahan ini bisa dilakukan dengan mendengarkan keluhan bunyi kletek kletek ini dari cvt bagian depan pada saat stasioner dan gas dibuka atau mau berhenti. akan muncul bunyi kletek kletek di baarengi dengan suara mesin yangi g naik atau turun. kadang dalam posisi mesin dingin lebih terasa karena pergerakan belt masih fluktuatif.

baca juga artikel lain.
Ratusan permasalahan getaran matic selesai diperbaiki
Penyebab Roller Cepat Aus

 Penyebab vario 125 bunyi kletek kletek yang lazim terjadi adalah keausan roller. bisa dicek pasti kondisi roller aus sebelah atau peyang. masalah roller aus sebelah ini disebabkan bebeberapa kemungkinan. Kekurangan atau kelebihan grease bisa mempercepat keausan. sehingga dibutuhkan skill yang baik salam melakukan pembongkaan cvt.

Dalam kasus ini merupakan sepesial untuk vario 125 mempunyai  Penyebab vario 125 bunyi kletek kletek berasala dari pieceslide. keguanaan dari part ini sebagai bantalan penahan yang menyalurkan tenaga dari ramplate ke pada rumah roller. dengan cc yang besar dan tenaga yang mumpuni pada honda vario 125 ini maka part ini akan cepat aus.

Pada perawatan 8 rb km sekali pada cvt honda vario 124 tidak ada gejala kerusakan bunyi kletek kletek tetapi keausan dari pieceslide ini sudah kelihatan. bisa cek kondisi dari part ini mulai gojak pada ramplatenya. dengan demikian maka langkah terbaiknya dilakukan perbaikan pula seperti video  Penyebab vario 125 bunyi kletek kletek  di bawah ini.




Jika dilakukan penggantian pasti hasilnya lebih baik karena sudah standar dari pabrik kondisinya kencang dan lancar paga pergerakannya. akan tetapi akan boros juga karena harga dari part ini 39.000 dan diganti setiap 8 rb km pasti terasa membebani. Oleh karena itu, bisa dilakukan perbaikan dengan mengganel part ini dengan bahan yang keras seperti, plat besi atau seng bekas kaleng.

perbaikan  Penyebab vario 125 bunyi kletek kletek ini harus kencang pada kaitan dengan ramplate tetapi lancar bergerak pada rumah roller agar mesin tetap halus dan bertenaga. jika terlalu kencang maka pergerakan dari roller akan terhambat jika tetlalu lose pada ramplate maka akan tetap saja akan membuat roller ceapt aus walau tidak timbul bunyi kletek kletek.




https://youtu.be/WoNC_3xQQow/

untuk memaksimalkan perbaikan  Penyebab vario 125 bunyi kletek kletek  ini dengan memberikan air pada belt atau bisa dengan pencucian seperti video sebelumnya agar pergerakan dari belt pada puli lancar serhingga tidak fluktuatif dan tenaga pun akan semakin  nyaman. dengan lancarnya pergerakan belt dapat menghindarkan dari gejala getaran pula yang terjadi pada kondisi buka gas atau tutup gas. 

kondisi bunyi tek tek pas awal gas berikut ini penyebabnya.


https://youtu.be/lPcuwhFONAk

Selain motor vario, penyakit kletek kletek di motor matic 125 dan 150 cc ini juga menimpa pada motor 110 cc lainnya. permasalahan ini bisa timbul karena kondisi dari tenaga yang dihasilkan motor besar hanya bertumpu pada piceslide saja. kemudian barulah di terusakan tenaga dari ramplate menuju rumah roller. sehingga part ini merupakan part yang sangat rentan gojak dan mudah timbul bunyi,
,


permasalahan bunyi kletek kletek memang biasanya berasal dari area rumah roller depan. umur pieceslide rata rata 10rb km yang berbeda dengan kletek kletek dari bagian belakang yang dikeluhkan di km lebih tinggi. kondisi dari gojaknya as kampas ganda membuat bunyi ketika di awala  gas.

berikut ini video perbaikan klotok klotk ketika awal gas dan lorot gas.



dengan perbaikan klotok klotok ini menjadikan pergerakan v belt lebih stabil. hasilnya tenaga lebih respon ketika buka lorot gas. ganjel kampas ganda menjadikan bukaan kampas ganda lebih cepet nempel mangkok hasilnya awalan langaung Jambak.

semoga artikel  Penyebab vario 125 bunyi kletek kletek  ini bermanfaat




5 comments:

  1. Mas mau nanya motor saya vario 125 led baru 1 bulan
    Di cvt ada suara tektek seperti contoh diatas dan apabila ditarik gas 40km keatas makin keras bunyinya tektek .

    Sudah coba dicek posisi piece slidenya ga oblak alias kenceng banget oleh pihak dealer.

    Apakah ini kemungkinan dari masalah piece slidenya yg harus dikasih plat mas ?

    Soalnya motor br 100km an

    ReplyDelete
  2. Kalo piecslide bukan mas,mungkin stelan klep belum pas, biasanya stelan pabrik agak kendor...

    ReplyDelete
  3. Salam Rumput teki,
    saya Rahmat, dari bekasi pengguna Vario 150
    sehabis di servis penggantian grease pulley belakang vario, pada saat di gas awal, pulley belakang ada suara klotok klotok/ kletek kletek seperti ada beradu ketika ngebuka gas,,
    tetapi pada saat motor sudah melaju suara itu hilang..
    padahal sebelum servis penggantian grease tidak ada suara aneh seperti itu
    kondisi pulley belakang stndart,,laher bambu masih aman, bearing lancar, kampas masih tebal, per sentri standar, per cvt standar, daleman mangkok masih rata,,jalur rumah pulley masih bagus (lurus) dan sudah diisi grease (oem) penuh,,
    vbelt ,roller (baru), rumah roller aman, piece slide tidak gojak,,
    mohon pencerahannya rumput teki, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada grease yang masih tersisa dimangkok, selain itu bisa juga karena macet jadi gak lanxar keluar dari dudukan ke mangkoknya. Kalo laher cvt untuk motor ini biasanya awet

      Delete
  4. mas mau tanya kalo keadaan idle vario 125 old saya bunyi tik tik tik kenapa ya?

    ReplyDelete

Popular Post