Friday, January 3, 2020

Penyebab Vario Karbu Boros & Brebet

Penyebab Vario Karbu Boros & Brewbet banyak dikeluhkan oleh pengguna motor ini. selain model motor matic dengan karburator yang pasti boros akan lebih boros lagi jika ada kendala pada bagian karburator. dimana karburator model vakum ini sering kali mengalami masalah karena umurnya yang semakin tua.

banyak komentar di YouTube yang menanyakan mengapa motor Vario nya terasa boros. begitu pula dengan Honda Beat karbu juga banyak dikeluhkan masalah boros bensin ini. kedua karburator motor ini mirip dengan sistem yang sama.

karburator model vakum ini banyak mengalami kendala pada bagian vakumnya yang yang sobek atau berpindah posisi lubang skep nya. gejala yang dirasakan biasanya tenagane berkurang tetapi konsumsi bahan bakar masih boros normal.

ke tingkat yang lebih boros lagi dikeluhkan pada motor Honda Vario karbu yang bermasalah pada choke otomatis nya. ciri-ciri cuk bermasalah sebagai berikut.
1. knalpot bau bensin yang menyengat sangat pedih di mata.
2. putaran mesin tidak bisa rata langsam ketika stasioner dengan berbagai macam cara penyetelan anginnya.
3. starter tidak mudah langsung hidup mesinnya.
4. tenaga terasa berkurang tapi bensin boros.
5. ketika jagrak tengah diturunkan seringkali mesin nya mati.
6. dan yang paling efektif ketika setelan angin di mentok kan kanan mesin tidak mati.

berikut ini video perbaikan choke yang bermasalah.



setelah cuk otomatis di blokade menggunakan plastik maka setelan angin ketika di mentok kanan kanan mesin pasti mati. hal ini berlaku untuk semua motor.

pelepasan cuk bukan menjadi suatu solusi atau pemotongan kabel juga bukan menjadi pilihan. penanganan dengan sil plastik ini menjadi jawaban utama jika tidak dilakukan penggantian cuk otomatis nya. dikarenakan harganya tidak murah. berikut ini harga cuk otomatis untuk beberapa motor Honda.


Banyak permasalahan dari motor vario karbu ini yang keluhannya knalpot nembak. Yang pasti terjadi karena pembakaran yang terjadi pada kenalpot terjadi secara tiba tiba. Beberapa pemasalahannya dikarenakan busi setengah mati, stelan karbu tidak pas, dan pula dari sistem SASS di bawah ini.
.
Fitur SASS ini prtama kali muncul pada honda karisma dan megapro primus. Sebagaimana digelarnya mesin ramah lingkungan dengan pengurangan polusi. Lebih jelas penjelasan ada di keterangan videonya ya.

semoga artikel penyebab Vario karbu boros dan ini bermanfaat

1 comment:

Popular Post